Wajib Tahu! Manfaat Iklan Media Sosial Untuk Bisnis

October 7, 2021 4:26 pm Published by Leave your thoughts

Hi teman AVANA! Kalian pasti pernah dong, lagi scroll media sosial, terus tiba-tiba nemu postingan yang ada tulisan  “Sponsored”? Yes, bener banget! Itu adalah iklan yang dimanfaatkan para pebisnis untuk mempromosikan produknya agar lebih dikenal melalui media sosial. Di era digital ini, iklan di media sosial penting lho! Karena media sosial tidak lagi hanya menjadi tempat untuk berbagi foto atau video pribadi atau untuk berkomunikasi dengan orang terdekat saja, sekarang media sosial jadi sarana untuk mendapatkan berbagai informasi dan juga untuk melakukan pemasaran bisnis. 

Masyarakat Indonesia sangat aktif lho menggunakan media sosial. Jadi, untuk para pebisnis, wajib banget ya gunain media sosial untuk kanal marketing! Salah satu caranya dengan menjalankan iklan media sosial. 

Nah kira-kira, kenapa ya iklan media sosial itu penting banget untuk bisnis? Yuk, simak artikelnya sampai habis!

Baca juga: Laris Manis! Ini Tips Menulis Deskripsi Produk Yang Menarik & Menjual

Manfaat Iklan Media Sosial: Biaya Terjangkau

Alasan pertama pentingnya beriklan di media sosial adalah biayanya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan pemasaran offline. Harganya memang bervariasi, tapi Anda bisa menyesuaikan biayanya dengan budget yang Anda miliki. 

Iklan media sosial ini juga memungkinkan Anda untuk dapat bersaing dengan harga pemasaran yang lebih murah dibanding metode pemasaran lainnya! Di Instagram saja, Anda bisa beriklan dengan biaya mulai Rp 30.000 perhari. Terjangkau banget kan?

Lebih Interaktif

Alasan kedua mengana iklan di media sosial penting untuk bisnis adalah pemasaran bisa jadi lebih interaktif lho! Ketika menjalankan iklan di media sosial, orang-orang yang melihat iklan Anda dapat berkomentar dan juga membagikan iklan tersebut. 

iklan di media sosial, cara ads, manfaat ads media sosial, manfaat iklan

Membangun Brand Loyalty

Sangat mudah untuk memahami alasannya: ketika perusahaan kita melibatkan publik di media sosial, kita sudah membangun suatu koneksi dan hubungan. Kita meluangkan waktu untuk memberikan informasi, bantuan, dan hiburan yang bermanfaat kepada calon pembeli kita, tanpa meminta imbalan apa pun.

Itu menunjukkan kepada pelanggan bahwa kita menghargai mereka, tidak hanya sebagai sumber pendapatan, tetapi juga sebagai manusia. Pelanggan akan mulai melihat perusahaan kita sebagai entitas yang peduli terhadap mereka, dan memiliki nilai, kepribadian, dan visi. Dan di pasar yang kompetitif, itu bisa membuat perbedaan besar.

Meningkatkan Brand Awareness 

Selanjutnya, iklan di media sosial sangat penting dan dapat membantu memperluas jangkauan dan meningkatkan citra brand Anda agar lebih dipercaya oleh calon pelanggan. Brand Awareness nggak hanya dilakukan untuk menarik pelanggan baru saja lho, tapi juga bisa untuk pelanggan lama Anda. 

Dengan menghadirkan promosi produk maupun jasa di platform media sosial, pengguna sosial media akan lebih mungkin menyadari kehadiran brand Anda.

Baca juga: Bingung Jualan Apa? Ini Rekomendasi Bisnis Laku Setiap Hari

Meningkatkan Loyalitas Pelanggan

Poin selanjutnya tentang pentingnya beriklan di media sosial untuk bisnis adalah meningkatkan loyalitas pelanggan. Jika Anda aktif di media sosial, sering menjalankan iklan, Anda sudah membangun komunikasi yang baik dengan pelanggan Anda dan dapat menjadi hubungan yang erat antar penjual dan pembeli. 

Luangkan waktu untuk memberikan informasi dan bantuan untuk pelanggan yang membutuhkan, usahakan untuk terus fast response ketika dihubungi. Tujuannya adalah untuk mendorong pelanggan melakukan pembelian secara berulang. 

iklan di media sosial, cara ads, manfaat ads media sosial, manfaat iklan

Melihat aktivitas konsumen

Saat menjalankan iklan di media sosial, Anda dapat mengetahui dan melihat aktivitas konsumen Anda, sehingga lebih memahami karakteristik konsumen Anda. 

Dengan begini, Anda bisa banget nih memperbaiki cara dan menentukan langkah pemasaran yang tepat dan sesuai target kedepannya. 

iklan di media sosial, cara ads, manfaat ads media sosial, manfaat iklan

Meningkatkan Penjualan

Terakhir, ketika brand Anda sudah lebih dikenal oleh banyak orang, iklan di media sosial bisa membantu Anda meningkatkan omzet penjualan. Calon pelanggan akan bisa melakukan pembelian di toko Anda ketika sudah mengenal dan “aware” dengan produk Anda kan? Dengan pemasaran yang baik, Anda tentu dapat meningkatkan omzet penjualan dengan mudah. 

Itu dia beberapa alasan pentingnya beriklan di media sosial! Selain menjalankan iklan di media sosial, Anda juga bisa mengoptimalkan bisnis online Anda dengan AVANA lho, AVANA juga bisa membantu Anda menjalankan iklan di media sosial dengan maksimal.

Dengan puluhan fitur canggih, Anda bisa berjualan langsung dari media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Mesengger, tanpa mengharuskan pelanggan Anda keluar dari aplikasi media sosial tersebut. Ingin mencoba? AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *