Ternyata Ini 4 Fitur Instagram yang Bisa Dongkrak Bisnis Onlinemu

June 23, 2021 2:38 pm Published by Leave your thoughts

Platform media sosial seperti Instagram dan Facebook tidak lagi digunakan hanya untuk berbagi foto maupun video lho. Saat ini, banyak sekali orang yang memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnisnya dan meningkatkan penjualan. Untung menunjang aktivitas berjualan, Instagram menyediakan dan mengembangkan beberapa fitur menarik untuk para pelaku bisnis. Ada berbagai macam fitur yang bisa digunakan secara gratis guna mengembangkan bisnis online Anda. Sebelum itu, pastikan dulu akun Instagram bisnis online Anda bukan akun personal ya, melainkan sudah diubah ke akun bisnis. 

Baca juga: Cara Mencuri Hati Pelanggan Melalui Instagram! Anti GAGAL

fitur ig, fitur instagram, jualan di instagram, cara jualan di instagram, ig shopping, instagram shopping, marketing instagram

Penasaran fitur apa saja? Yuk, kita simak bersama-sama!

Fitur Instagram Auto Reply

Pernah nggak sih merasa kesulitan membalas chat dan komen pelanggan yang masuk ke Instagram satu persatu? Nggak bisa dipungkiri ya, kalau calon pelanggan seringkali bertanya mengenai produk yang dijual melalui direct message (DM) ataupun kolom komentar. Sekalipun penjual sudah menjelaskan secara rinci tentang produk di deskripsi foto maupun mencantumkan nomor kontak di bio Instagram, pertanyaan pun tetap saja ada. 

Nah, untuk membuat proses komunikasi ini semakin efektif, Instagram menghadirkan fitur auto-reply atau balas cepat lho. Dengan fitur ini, Anda bisa menjalin hubungan baik dengan pelanggan, pelanggan pun tidak akan merasa tidak kecewa karena balasan penjual membutuhkan waktu yang lama. 

Untuk menggunakannya, Anda bisa menemukannya di menu “Setting” > “Pengaturan Bisnis” > “Balasan Cepat”. Selanjutnya tulislah balasan yang kemungkinan akan banyak ditanyakan oleh konsumen Anda. Misalnya, “Berapa harga produk ini?” “Apakah produk ini pre-order atau ready stock?” “Ada berapa warna produk yang tersedia?”

fitur ig, fitur instagram, jualan di instagram, cara jualan di instagram, ig shopping, instagram shopping, marketing instagram

Fitur Instagram Story & Live

Siapa sih, yang nggak tau fitur Instagram Story? Tidak hanya pelaku bisnis, pengguna Instagram yang hanya memiliki akun personal pun rajin mengupload Instastory untuk membagikan cerita mereka sehari-hari. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan Instagram, setiap harinya terdapat 400 juta Instagram Story yang beredar di seluruh dunia. Fitur Instagram ini menjadi salah satu fitur andalan,  karena pengguna lebih suka melihat konten dari Instagram Story. 

Baca juga: Strategi Marketing Instagram Ampuh Untuk Tingkatkan Omzet!

Dalam Instastory pun terdapat banyak fitur yang bisa Anda manfaatkan secara gratis untuk menarik calon pelanggan. Mulai dari foto, video, GIF, stickers, polling, question box dan sebagainya. Oh iya, jangan lupa juga untuk ma Seperti contoh Instagram Quiz, Polling, atau Ask Me Question. Fitur tersebutlah yang bisa membantu Anda untuk mempromosikan produk.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur LIVE untuk mempromosikan bisnis online Anda lho!

Instagram Highlight

Fitur selanjutnya yang bisa Anda manfaatkan untuk bisnis online Anda adalah Instagram Highlight. Setelah membuat beragam konten Instastory, Anda bisa lho menyimpannya di highlight profil Instagram agar pelanggan tetap dapat melihat story tersebut meskipun sudah lewat dari 1×24 jam. Konten yang bisa Anda simpan di highlight beragam, misalnya cara pemesanan, testimoni pelanggan, promo, informasi penting, dan sebagainya.

fitur ig, fitur instagram, jualan di instagram, cara jualan di instagram, ig shopping, instagram shopping, marketing instagram

Instagram Shopping

Terakhir adalah Instagram Shopping! Instagram Shopping adalah  fitur yang dikembangkan Instagram yang bertujuan untuk memudahkan konsumen berbelanja produk Anda, langsung dari aplikasi Instagram di mana pun mereka berada.Saat ini, fitur Instagram Shopping sudah rilis sejak tahun 2020 lalu di Indonesia. Para pelaku bisnis dapat menaruh katalog produk dalam fitur ini, namun calon pelanggan belum bisa langsung berbelanja langsung di Instagram. Namun, jika Anda mendaftarkan toko online Anda di AVANA, Anda bisa mengintegrasikan katalog produk di website jualanmu ke Instagram Shopping! Bagaimana caranya? Daftarkan dulu yuk, bisnis online Anda di AVANA dengan voucher toko online GRATIS berikut ini!

Baca juga: 5 Cara Jualan Di Instagram Agar Laris Di Tengah Kompetisi

fitur ig, fitur instagram, jualan di instagram, cara jualan di instagram, ig shopping, instagram shopping, marketing instagram
  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Itu dia lima fitur Instagram yang bisa anda manfaatkan untuk mendongkrak penjualan serta menghasilkan cuan. Tertarik menggunakan beberapa fitur di atas? Selamat mencoba ya!

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *