7 Ide Usaha Yang Cocok Untuk Anak Muda Dengan Modal Kecil!

February 9, 2021 9:21 am Published by Leave your thoughts
usaha yang cocok untuk anak muda dengan modal kecil

Ini 7 ide usaha yang cocok untuk anak muda dengan modal kecil!

Di zaman yang sudah serba canggih ini, para anak muda berlomba-lomba untuk membangun usaha mereka sendiri. Namun yang sering membuat bingung adalah ide bisnis apa yang memiliki potensi sukses? Dengan budget terbatas dari anak muda, bisnis apa yang paling cocok untuk dilakukan.

Sebelum kita membahas ide usaha yang cocok untuk anak muda dengan modal kecil, ada baiknya Anda membaca artikel 7 Tips Bisnis Online Cuan Selangit untuk pemanasan.

Apakah Anda sudah membacanya?

Simak selengkapnya di bawah!

Usaha yang Cocok untuk Anak Muda dengan Modal Kecil #1: Jual-Beli Barang Bekas

bisnis anak muda yang menjanjikan

Apakah Anda memiliki banyak barang yang sudah tidak terpakai di rumah? Eits.. daripada dibuang, lebih baik Anda menjadikannya sebagai peluang usaha. Saat ini, bisnis thrift shop sedang merajalela di media sosial.

Berjualan barang bekas tidak membutuhkan modal yang banyak. Pastikan bahwa barang yang Anda jual masih dalam kondisi yang layak pakai. Cukup dengan menggunakan handphone untuk mengambil gambar dan kuota internet untuk memasarkannya.

Usaha yang Cocok untuk Anak Muda dengan Modal Kecil #2: Menjadi Reseller atau Dropshipper

Ide selanjutnya adalah menjadi reseller atau dropshipper. Pada dasarnya keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama menjual barang yang didapatkan dari orang lain (supplier atau produsen). 

Bedanya terletak pada pengiriman barang. Jika Anda menjadi seorang reseller, maka barang dikirimkan oleh Anda, namun jika Anda bertindak sebagai dropshipper maka barang tetap akan dikirimkan oleh supplier atau produsen. 

Anda bisa membaca Tips Sukses jadi Dropshipper agar makin yakin!

Usaha yang Cocok untuk Anak Muda dengan Modal Kecil #3: Affiliate Marketing

Affiliate Marketing prinsipnya hampir sama dengan menjadi reseller atau dropshipper, hanya saja yang Anda perlu lakukan adalah mempromosikan kode referral yang Anda dapatkan dari supplier atau produsen. Jika ada transaksi yang dilakukan melalui kode referral tersebut, maka Anda akan mendapatkan komisi yang sudah disepakati sebelumnya.

#4: Usaha Jasa

bisnis yang cocok untuk anak muda

Apakah Anda memiliki keahlian tertentu? Desain grafis? Menulis? Bahasa Asing? Atau Anda ahli dibidang tertentu?

Jika anda memiliki keahlian tertentu, Anda dapat menjual jasa yang Anda miliki. Jika Anda jago desain, Anda bisa bekerja atau membuka jasa desain freelance, begitu juga jika Anda memiliki keahlian menulis atau mengetik.

Bisa bahasa asing? Anda dapat mencoba peruntungan dalam bidang penerjemahan. Anda jago matematika? Atau bidang khusus lainnya? Anda dapat membuka usaha les privat atau kursus online. Hobi memotret atau mengambil video? Anda dapat menjadi fotografer atau videografer freelance.

Jika Anda memiliki modal lebih, Anda juga dapat merambah dunia laundry atau cuci kendaraan.

#5: Membuat Produk

Anda memiliki keahlian memproduksi sebuah produk?

Salah satu bisnis anak muda yang menjanjikan adalah menjual sesuatu yang original, atau handmade. Di masa pandemi ini, banyak bermunculan bisnis strap mask, fungsi barang yang dijual mungkin sama, namun desainnya-lah yang membedakan dari kompetitor, maka dari itu jika Anda memutuskan untuk menjual produk sendiri, maka buatlah yang unik dengan desain menarik dari Anda sendiri. Selain aksesoris Anda juga dapat memproduksi barang lainnya seperti boneka, pakaian, tas, hingga casing handphone.

#6: Berjualan Makanan

Selain membuat produk, di era pandemi ini juga banyak yang memulai usaha berjualan makanan. Jika Anda memiliki keahlian memasak atau sedang menekuni masak-memasak, bidang ini dapat menjadi bisnis yang cocok untuk anak muda seperti Anda. Anda dapat menjual makanan ringan, cookies, atau makanan berat seperti mentai salmon yang sedang diminati.

Dalam berjualan makanan, Anda dapat mulai menjualnya ke orang-orang sekitar Anda terlebih dahulu, lalu minta orang-orang terdekat Anda kemudian memberikan review di media sosial untuk bahan promosi word of mouth.

#7: Mendirikan Wedding Organizer atau Event Organizer

Bisnis yang cocok untuk anak muda selanjutnya adalah mendirikan WO atau EO. Pada dasarnya, bisnis ini dapat dimulai dengan modal yang kecil karena Anda dapat menentukan sendiri metode pembayaran yang dapat dipilih oleh klien Anda kelak. Jika Anda menggunakan metode pembayaran DP terlebih dahulu, maka DP tersebut dapat menjadi modal Anda untuk membelanjakan barang-barang yang dibutuhkan.

Nah, begitulah 7 ide usaha yang cocok untuk anak muda dengan modal kecil versi AVANA, Selamat mencoba!

Jika Anda ingin memiliki website toko online sendiri, daftar di bawah ini!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ingin tanya-tanya dulu? Hubungi CS kami!

Categorised in:

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *