Tutorial Iklan Di Facebook Untuk Pemula Untuk Bisnis Anda

November 27, 2019 9:51 am Published by 2 Comments
Facebook business manager  memungkinkan para pengiklan mengelola proses marketing mereka di dalam satu dashboard. Sederhananya, Anda bisa mengelola segala sesuatu di satu tempat dengan facebook business manager

Facebook adalah layanan jejaring sosial yang didirikan sejak 2004 oleh Mark Zuckerberg. Media sosial ini mulai jadi tren terutama di tanah air saat memasuki tahun 2008. Seiring berjalannya waktu penggunannya mulai berkembang, hingga saat ini jumlah user aktif Facebook mencapai 1.71 miliar.

Hampir semua pemasar media sosial (96%) menganggap iklan Facebook sebagai opsi berbayar yang paling efektif dari semua jaringan sosial.

Perlu Anda ketahui bahwa selain memiliki halaman khusus profil pribadi, facebook juga menyediakan halaman yang dikhususkan untuk penggunanya yang ingin melakukan bisnis. Facebook baru-baru ini telah meresmikan business manager yang bertujuan untuk membantu pengguna mengelola akun ads secara praktis, mudah, dan sederhana.

Facebook business manager  memungkinkan para pengiklan mengelola proses marketing mereka di dalam satu dashboard. Sederhananya, Anda bisa mengelola segala sesuatu di satu tempat dengan facebook business manager. Banyak pebisnis yang menggunakan facebook ads untuk memasarkan produk mereka secara efektif dengan rata-rata presentase keunggulan:

  • 77% lebih banyak penggemar halaman
  • 96% lebih banyak klik halaman
  • 80% lebih banyak tayangan halaman
  • 90% lebih banyak penggemar yang dijangkau
  • 75% lebih banyak teman dari penggemar halaman tercapai

Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda jika memasang iklan melalui Facebook Ads:

  • Jangkauan iklan sangat luas
  • Menjaring target market dengan tepat
  • Biaya iklan lebih murah
  • Dapat terkoneksi dengan website bisnis Anda

Cara Membuat Iklan Facebook Ads

Jika Anda telah membuat account Facebook Business Manager, kini Anda sudah bisa mulai membuat iklan di Facebook Ads. Berikut adalah tutorial iklan di Facebook Ads:

1. Buka Facebook Ads

Langkah pertama, masuk ke Facebook Ads, dan pastikan Anda telah login dengan akun yang tepat.

2. Buatlah Iklan

Setelah masuk, Anda akan berada di dashboard pembuataan facebook ads, masuk ke tab Kampanye maka ada 2 pilihan iklan, yaitu Pembuatan Iklan Terpandu dan Pembuatan Iklan Cepat. Namun sebaiknya Anda memilih iklan terpadu, karena iklan akan lebih spesifik dan sesuai dengan target market Anda.

3. Pilihlah Tujuan Iklan

Jika Anda ingin beriklan, maka Anda tentu harus mencantumkan tujuan iklan. Setelah masuk, Anda akan ditanya oleh Facebook, apa yang ingin Anda capai dengan iklan. Pilihan mudah dipisahkan antara kesadaran, pertimbangan, dan  konversi.

Facebook baru-baru ini telah meresmikan business manager yang bertujuan untuk membantu pengguna mengelola akun ads secara praktis, mudah, dan sederhana

Kesadaran

  • Kesadaran Merk:  Memperluas brand awareness kepada audience, dan menampilkannya pada audience yang tertarik.
  • Jangkauan: Menjangkau sebanyak-banyaknya audience dengan menyesuaikan budget Anda

Pertimbangan

  • Lalu Lintas Kunjungan: Meningkatkan jumlah kunjungan pada website Anda
  • Interaksi: Jika Anda ingin memasang iklan untuk lebih berinteraksi dengan audience, seperti mendapatkan like atau tanggapan dari audience, maka ini adalah option yang tepat.
  • Pemasangan Apliaksi: Opsi ini berlaku jika Anda memiliki aplikasi di playstore atau platform manapun dan menarik audience untuk mengunduh aplikasi Anda.
  • Penayangan Video: Jika Anda membuat konten berupa video, maka opsi ini akan menarik banyak audience untuk melihat video Anda.
  •  Pembuatan Prospek: Opsi ini berupa pengumpulan data dari audience yang tertarik dengan produk Anda, berupa email.

Konversi

  • Penjualan Katalog Produk: Untuk menampilkan katalog produk Anda, sesuai dengan minat dari audience
  • Kunjugan Toko: Opsi ini berlaku untuk Anda yang memiliki toko offline. Iklan ini akan menarik audience untuk mengunjungi toko offline Anda,

Setelah Anda mengetahui mengenai beberapa opsi iklan, pilihlah iklan sesuai dengan kebutuhan Anda dan budget yang Anda punya.

4. Pilih Jenis Iklan

Facebook menyediakan dua jenis pilihan iklan, yaitu Uji Split dan Pengoptimalan Anggaran. Anda harus memilih salah satu karena dua jenis iklan facebook tersebut tidak dapat digunakan bersamaan.

Facebook baru-baru ini telah meresmikan business manager yang bertujuan untuk membantu pengguna mengelola akun ads secara praktis, mudah, dan sederhana

5. Tulis Nama Iklan dan Tujuan Iklan Secara Spesifik

Tulis nama iklan Anda agar Anda bisa mengecek iklan yang telah Anda tayangkan. Kemudian pilih tujuan trafik. Anda bisa mengarahkan trafik atau lalu lintas ke website, aplikasi, Messenger, atau WhatsApp.

Facebook baru-baru ini telah meresmikan business manager yang bertujuan untuk membantu pengguna mengelola akun ads secara praktis, mudah, dan sederhana

6. Tentukan Terget Audience

Dalam menentukan target audience untuk facebook ads sangatlah penting. Dalam menentukan target anda harus melakukan research. Hasil research tersebut bisa Anda gunakan untuk mengatur target audience.

Facebook baru-baru ini telah meresmikan business manager yang bertujuan untuk membantu pengguna mengelola akun ads secara praktis, mudah, dan sederhana

7. Tentukan Penempatan Iklan Facebook

Penempatan iklan berfungsi untuk menempatkan iklan yang akan Anda tayangkan di tempat yang tepat. Facebook tentu saja menyiapkan opsi alternatif untuk menempatkan iklan Anda.

Facebook baru-baru ini telah meresmikan business manager yang bertujuan untuk membantu pengguna mengelola akun ads secara praktis, mudah, dan sederhanaFacebook baru-baru ini telah meresmikan business manager yang bertujuan untuk membantu pengguna mengelola akun ads secara praktis, mudah, dan sederhana

8. Pilih Jadwal dan Format Iklan Facebook

Anda juga dapat memilih waktu agar iklan Anda dapat ditampilkan. dalam menentukan waktu, tentu saja harus melalui research. Pada jam-jam tertentu dapat menghasilkan traffic untuk facebook ads Anda. Selain mengatur jadwal, Anda juga akan mengatur format iklan sesuai dengan kebutuhan Anda.

9. Buatlah Teks Iklan dan Masukan Gambar

Hal yang paling sulit ketika membuat iklan adalah saat menyusun kalimat untuk konten iklan Anda karena konten-konten ini bergantung pada jenis iklan.  Anda harus memperhatikan tiga bagian utama, seperti halnya judul, teks, link (untuk link, khusus iklan Newsfeed). Berikut yang perlu Anda pahami sebelum membuat komponen-komponen tersebut.

  • Untuk judul, Anda hanya memiliki 25 karakter
  • Untuk teks iklan, Anda memiliki 90 karakter (untuk iklan Newsfeed).
  • Untuk Newsfeed link pada deskripsi, Anda memiliki 90 karakter.

Setelah membuat teks untuk iklan, langkah selanjutnya adalah upload gambar dari produk Anda. Pilihlah gambar yang sesuai dengan deskripsi toko online Anda. Setiap format FB Ads membutuhkan ukuran gambar berbeda. Berikut ukuran gambar yang sesuai untuk masing-masing format iklan:

Single Image (Gambar Tunggal)

  • Ukuran Gambar: 1,200 x 628 pixels
  • Ukuran Facebook and Instagram Stories: 1,080 x 1,920 pixels
  • Rasio Gambar: 9:16 to 16: 9 (cropped to 1.91:1 jika ada tautan)

Carousel (Karosel)

  • Ukuran Gambar: 1,080 x 1,080 pixels (30MB max)
  • Rasio Gambar: 1:1 (persegi)
  • Slideshow (Tayangan Slide)
  • Ukuran Gambar: 1,280 x 720 pixels
  • Rasio Gambar: 16:9, 1:1, or 2:3

Single Video (Video Tunggal) Format Video: .mov or .mp4 file types

  • Format Video : .mp4, .mov, and .gif adalah yang paling ideal dengan aspek Rasio: 9:16 to 16:9 (Rasio idealnya tergantung pada penempatan iklan)
  • Resolusi: minimal 600 pixels width (pilih resolusi paling tinggi untuk ukuran file and aspek rasio yang Anda pilih)
  • Ukuran File: maksimal 4GB
  • Durasi Video (Facebook): 1 detik sampai 240 detik
  • Durasi Visdeo (Instagram) : 1 sampai 60 detik
  • Panjang Video untuk Instagram dan Facebook: 1 sampai 15 detik

10. Cara Pembayaran Iklan

Anda bisa melakukan pembayaran iklan melalui kartu debit maupun kartu kredit. Setelah Anda telah melakukan pembayaran, maka iklan Anda akan di distribusikan dengan cepat apabila semuanya telah memenuhi syarat yang berlaku.

Facebook ads memiliki banyak manfaat yang dapat menunjang bisnis Anda. Fitur yang ditawarkan pun bisa membuat Anda sampai ke calon pembeli yang jauh lebih spesifik karena facebook memiliki data yang sangat banyak terkait orang-orang di seluruh dunia.

Namun hal itu bukan berarti terdapat jaminan kesuksesan, tanpa perencanaan dan strategi yang matang, lama kelamaan Anda hanya akan mendapati kerugian demi kerugian karena Anda membayar sekian banyak untuk iklan tanpa adanya peningkatan penjualan yang signifikan. Selamat mencoba

Tags: , , , , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.