Trik Kompromi Dengan Tipe Pelanggan Sulit

August 10, 2020 12:39 pm Published by Leave your thoughts
kompromi pelanggan

Berhadapan dengan pelanggan, terutama dengan pelanggan sulit tentu jadi tantangan tersendiri bagi pebisnis. Tapi tentu yang namanya proses gak ada yang gampang. Namun dengan penanganan yang tepat, problem pelanggan bisa dicari solusi dan jalan tengah untuk menyelesaikannya.

Sebelum tau bagaimana cara berkompromi dengan pelanggan, sebaiknya kamu perlu identifikasi beberapa masalah yang biasa jadi keluhan para pelanggan. 

Produk Keluhan ini disebabkan biasanya ada kerusakan produk, kualitas yang mengecewakan, atau produk tidak sesuai pesanan. 

Komunikasi eksternal. Hal ini dapat disebabkan oleh strategi pemasaran yang kurang tepat sasaran, serta kurang optimalnya dukungan bagian pemasaran. Hal ini berujung pada kurangnya informasi dan ketidakpuasan pelanggan.

Faktor  manusia. Masalah ini kerap jadi pemicu kekecewaan pelanggan. Misalnya, tidak cepat merespon chat pertanyaan, lama memberi informasi tentang produk, atau memberi keterangan yang tidak sesuai fakta.

Faktor teknis. Hal ini disebabkan oleh adanya kesalahan di dalam proses, mulai dari persiapan produk ataupun jasa, proses transaksi, hingga proses evaluasi.

Jasa. Pebisnis yang menjual jasa atau layanan juga tak luput dari keluhan pelangan. Hal ini bisa karena respon yang lampat, pelayanan tidak memuaskan, atau jasa yang diberikan tidak sesuai dengan promosi bisnis online yang disampaikan. 

Tips Menyelesaikan Keluhan Pelanggan

Jadi Pendengar Baik

Pelanggan akan cerewet dan mengutarakan segala unek-uneknya mungkin akan merasa terganggu, padahal ada banyak urusan lain yang juga penting untuk dikerjakan.

Tapi kamu mesti mendengarkan pelanggan dan memastikan kamu paham apa yang menjadi masalahnya. Jadilah pendengar yang baik dan berikan perhatian agar pelanggan tahu bahwa kamu serius dalam melayaninya.

Tetap Tenang

Saat kamu memberikan respons bicaralah dengan tenang dan tidak mengeraskan suara. Kalau kamu mulai emosi, jangan sampai kamu menunjukkannya secara terang-terangan. Bersabarlah, sebab kalau kamu  emosi, pelanggan akan lebih emosi. Lebih baik kamu bisa mengontrol diri dan membicarakan permasalahan secara baik-baik agar komunikasi tidak terhambat.

Jangan Terpancing Emosi 

Ada kalanya pelanggan akan emosi dan tidak bisa mengontrol emosinya. Pastikan untuk tidak ikut terbawa emosi dan jangan diambil hati. Kamu tidak perlu larut berdebat agar masalah tidak semakin runyam.

Ingat, hampir semua pelanggan menganggap dirinya raja. Apapun yang terjadi, pelanggan ingin dilayani. Untuk itu pastikan kamu bisa berbicara baik-baik juga mendengarkan keluhan. 

Berempati

Jika kesalahan dilakukan oleh pihak penjual, segera minta maaf. Atau kalau misal masalahnya bukan karena tokomu, kamu juga tetap perlu minta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami mereka. Ucapkanlah permintaan maaf dengan tulus. Tunjukkanlah empatimu agar proses penyelesaian masalah bisa lebih cepat.

Carilah solusi yang terbaik. Jelaskan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan untuk pelanggan. Jujurlah agar pelanggan juga bisa memahami kondisi dan kapasitasmu. 

Lakukan negosiasi yang baik meski tidak bisa sepenuhnya 100 persen menuntaskan problem yang dikeluhkan pelanggan. Meski harus merespon dengan cepat, pastikan kamu tidak gegabah ambil tindakan penyelesaian agar tidak bisa de

Maka dari itu, solusi harus segera diberikan. Jangan sepelekan masalah apapun agar masalah tidak semakin panjang dan akhirnya terdengar ke mana-mana hingga membuat image toko online-mu jadi kurang baik.

Itulah beberapa tips seputar kompromi dengan pelanggan yang pelanggan yang perlu diketahui. Untuk memudahkanmu merespon chat pelanggan, para pebisnis online bisa memanfaatkan fitur AVANA yang membuat penjualan online lebih mudah.

Categorised in:

This post was written by AVANA INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *