Tren Social Media Marketing 2022 untuk Bisnismu

January 7, 2022 6:33 pm Published by Leave your thoughts

Hi Teman AVANA!

Nggak kerasa ya, kita sudah memasukki tahun 2022. Di setiap pergantian tahun, tentu akan hadir berbagai tren baru. Termasuk tren media sosial! Pandemi COVID-19 juga ikut andil dalam memengaruhi perilaku pengguna media sosial dan memicu berbagai tren baru yang bermunculan. Alhasil, platform besar seperti Tiktok, Facebook, Instagram, dan Twitter pun ikut berubah berdasarkan tren yang ada.

Baca juga: Wajib Tahu! Manfaat Iklan Media Sosial Untuk Bisnis

Nah kira-kira, bagaimana ya prediksi tren social media marketing tahun 2022? 

Kita simak prediksi dari Social Media Today bersama-sama yuk!

Facebook 

Fokus pada E-commerce

Pandemi sejak tahun 2022 silam, mendorong Facebook untuk membuat hal baru, Facebook Shop dan Instagram Shop yang dihadirkan sebagai cara lain untuk para pemilik bisnis terhubung langsung dengan calon pelanggan mereka. Live-Selling juga akan jadi kunci dari tren 2022 ini karena dinilai sudah berhasil sukses dilakukan di beberapa negara,seperti Tiongkok. 

Gimana? Pastikan bisnismu siap untuk aktif melakukan Live-Selling untuk meningkatkan omzet ya!

Audio Sosial

Hmm, penggemar audio sosial, podcast mana suaranya? Ternyata, di tahun 2022, audio sosial diprediksi akan tetap tren. 

Diperkirakan juga bahwa Facebook pada akhirnya akan menang dalam perlombaan sosial audio, khususnya karena satu fitur kuncii: Discovery.

Siap mencoba hal baru untuk mempromosikan bisnismu? Coba audio sosial ya!

Twitter

Belanja Langsung dari Twitter

Nggak mau kalah dari Facebook dan Instagram, Twitter juga sedang mengembangkan opsi eCommerce untuk meningkatkan minat belanja online. Nantinya, pengguna Twitter bisa langsung berbelanja langsung dari tweet. 

Fitur Konten video

Kayaknya semakin bisa nih, promosiin bisnis lewat Twitter. Nggak cuma nge-tweet atau share gambar lagi, tapi Twitter akan fokus mengembangkan fitur konten video fokus di tahun 2022 

Hal tersebut juga akan mengarah pada tren baru dalam penggunaan, di mana pengguna menarik calon pelanggan untuk masuk ke video tersebut. 

Baca juga: Ini Dia Contoh Caption Promosi Yang Bagus Untuk Jualan Di Media Sosial

Instagram

Belanja, Belanja dan Belanjaaa!

  • Sama seperti Facebook dan Twitter, eCommerce adalah fokus utama di Instagram ditahun 2022. Di prediksi, pengguna bisa langsung belanja dari tiap postingan. 
  • Engagement Video

    Video di Instagram saat ini sudah dominan, dan Reels sangat bertumbuh dengan cepat. Jadi, Instagram pastinya akan fokus juga untuk mengembangkan fitur-fitur video ini. Jadi, siapkan konten Reels untuk bisnismu sebanyak-banyaknya yaa1

    TikTok

    TikTok Shop Akan Terus Berkembang

    Tahu gak sih, TikTok melampaui angka 1 miliar pengguna pada September 2021? Jumlah tersebut, menjadikannya jejaring sosial paling populer ke-7 di dunia.

    Hootsuite juga menyebutkan lho, bahwa dalam sebuah survei, 24% menyebut Tiktok sebagai platform media sosial paling efektif untuk mencapai tujuan bisnis para brand. 

    Jadi, jangan sampai bisnismu belum masuk ke dunia Tiktok di tahun 2022 ya!

    Live streaming

    TikTok sangat fokus untuk memudahkan pengguna untuk berbelanja melalui platformnya. Salah satunya dengan memfasilitasi brand untuk melakukan penjualan langsung melalui live-streaming.

    Algoritma TikTok telah diperbarui agar aliran live-streaming tentang produk dari berbagai brand dapat muncul pada laman beranda mereka atau yang disebut sebagai “For You Page/FYP” sesuai dengan minat pengguna.

    Sehingga, brand dapat dengan lebih mudah menjangkau konsumennya. Menarik banget kan?

    Itu dia beberapa prediksi tren social media di tahun 2022 yang bisa kamu manfaatkan untuk bisnis kamu. Mau lebih mudah mengintegrasikan media sosial dengan toko onlinemu? Gunakan AVANA yuk!

    Buat pengguna media sosial belanja langsung dengan mudah dan nyaman. Anda sebagai penjual pun bisa mengontrol segala aktivitas jual online termasuk mengelola stok, orderan, pengiriman, hingga manajemen reseller dalam satu dashboard saja. Penasaran seperti apa? Coba buat toko online Anda dulu yuk!

    Khusus untuk Anda, AVANA memberikan voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

    1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
    2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
    3. Klik “Create Shop”
    4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
    5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
    tips mulai bisnis hijab, bisnis hijab, cara mulai bisnis hijab

     

    Tags: , , , , ,

    Categorised in: , ,

    This post was written by Indira

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.