Tren Bisnis 2020: Resolusi Entrepreneur Di Era Bisnis 4.0

December 12, 2019 10:40 am Published by Leave your thoughts
tren bisnis 2020

Jika Anda seorang entrepreneur dan sedang merintis bisnis, Anda akan tahu betapa kompetitifnya dunia bisnis. Agar tetap berada di puncak piramida dunia bisnis, Anda harus memiliki pengetahuan serta pengalaman mengenai teknologi modern dan mengikuti trend bisnis terbaru di era bisnis 4.0. Industri 4.0 diciptakan untuk memadukan praktik manufaktur industri tradisional dengan dunia teknologi. Tidak mengherankan sebuah penemuan dan trobosan mengenai teknologi selalu memiliki pro dan kontra. Dapat juga dicatat bahwa teknologi telah membuat pekerjaan jauh lebih mudah terutama di industri manufaktur.

Perkembangan Bisnis di Era 4.0

Industri 4.0 juga merupakan sikap bahwa produsen harus mendigitalkan menggunakan teknologi untuk masa depan agar bisnisnya tetap bertahan dan tidak di grogoti oleh zaman. uruh dunia sekarang bergerak menuju Industry 4.0 dan Indonesia juga bersiap-siap untuk bergabung dengan tren baru.

Sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia, sektor manufaktur di Indonesia menyumbang 20% ​​dari PDB Indonesia pada tahun 2019. Hampir satu dari lima populasi pekerja di Indonesia bekerja di sektor ini. Dengan demikian, jika industri 4.0 berhasil di Indonesia, maka pertumbuhan PDB setidaknya 7% setiap tahun antara 2020 dan industri manufaktur akan berkontribusi 26% dari negara pada tahun 2030 juga.

Peluang besar untuk Industri 4.0 di Indonesia sebagian besar didorong oleh faktor demografi di negara ini untuk dekade berikutnya. Populasi besar di Indonesia memiliki lebih dari 100 juta pengguna ponsel pintar dan lebih dari 145 juta orang terhubung ke Internet – keuntungan besar bagi terwujudnya Industri 4.0.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh McKinsey pada tahun 2019, hampir 78% perusahaan Indonesia memiliki kesadaran akan konsep Industri 4.0. Anehnya, negara-negara seperti Singapura, Malaysia dan Thailand memiliki tingkat kesadaran Industri 4.0 yang lebih rendah dibandingkan dengan Indonesi

Karena 67% dari bisnis kecil mengharapkan pendapatan mereka tumbuh sepanjang sisa tahun ini, prospek bisnis kecil terlihat menjanjikan. Namun, 2020 trend bisnis tentu saja akan berubah dan mengikuti perkembangan zaman, Anda harus mulai merencanakan dan mempertimbangkan strategi yang akan Anda gunakan di tahun 2020.

Soal jenis bisnis atau usaha, sekarang ini ada sangat banyak jenis usaha yang bisa dikembangkan semua orang. Apalagi memasuki era bisnis 4.0 seperti sekarang ini. Namun tidak berarti semua jenis peluang usaha tersebut bakal bertahan apalagi berkembang. Tingginya persaingan dan lemahnya konsep bisnis yang dibangun seseorang, biasanya akan mengantar usahaya menuju kebangkrutan.

berikut adalah lima tren bisnis 2020 unik yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan bisnis :

Bisnis Kedai Kopi

Jika ingin bisnis Anda bertahan, Anda harus mencari peluang usaha yang menjanjikan Maka Anda harus bisa mengetahui Trend Bisnis 2020, berikut tipsnya:

Menjadi salah satu minuman yang sangat digemari oleh masyarakat.. Pada saat ini kemunculan tren nongkrong di Coffee Shop (kedai kopi) sangat digemari baik wanita, laki-laki, tua atau pun muda. Adanya tren tersebut menjadikan suatu peluang bisnis tersendiri bagi para pengusaha kedai kopi dan calon pengusaha kedai kopi.

Ketika seseorang itu memutuskan untuk memulai usaha kedai kopi tentunya tidak akan main-main dalam menentukan lokasi. Apalagi ketika anda mampu memberikan suatu yang istimewa, unik, dan beda dari kedai kopi lainnya, maka peluang keuntungan dari usaha kedai kopi ini masih sangatlah besar. Banyak kesempatan untuk bisa mengeruk keuntungan dari bisnis ini.

Trend Bisnis Kosmetik

Jika ingin bisnis Anda bertahan, Anda harus mencari peluang usaha yang menjanjikan Maka Anda harus bisa mengetahui Trend Bisnis 2020, berikut tipsnya:

Bisnis kecantikan atau kosmetik merupakan tren bisnis yang akan terus melejit bahkan sepanjang tahun. faktanya banyak sekali wanita yang rela mengeluarkan uang besar hanya untuk penampilan mereka. Namun, tidak menganggap bahwa pengeluaran besar tersebut adalah sebuah pemborosan karena sepadan dengan hasilnya, penampilan yang lebih cantik.

Menjalankan bisnis kosmetik juga tidak mengenal musiman, akan selalu bisa menguntungkan sepanjang tahunnya, meski harga barangnya bisa terpengaruh pasar, namun konsumennya akan selalu berusaha mendapatkannya, tidak perduli harga naik atau semacamnya.

Jika anda sedang mencari peluang usaha yang tidak pernah mengalami sepi pembeli, maka menjalankan bisnis kosmetik ini bisa menjadi pilihan. Selain terbilang mudah di jalankan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjalankannya, bisa anda sesuaikan dengan biaya modal yang di miliki. Pastikan produk kosmetik yang anda pasarkan telah memenuhi standart keamanan yang di terapkan pemerintah, terutama untuk produk-produk import, agar bisnis anda bisa berjalan dengan lancar kedepannya.

Trend Bisnis Jastip

Bisnis jastip atau jasa titipan adalah bisnis yang terbilang baru booming di Indonesia karena pada umumnya pebisnis tidak menggunakan modal untuk menggunakan bisnis jastip. Pebisnis akan menggunakan sistem PO (Pre Order) sesuai dengan barang atau negara yang akan dikunjungi. Biasanya sasaran utamanya adalah media sosial berupa instagram. Pelaku bisnis akan mempromosikan barang-barang yang akan mereka belilalu konsumen bisa melakukan PO dan pemayaran. Keuntungan yang di peroleh oleh pelaku bisnis biasanya 20% dari harga barang.

Bisnis All You Can Eat 99.000

Jika Anda penikmat daging, pasti mengetahui tentang restoran all you can eat. Di restoran dengan sistem all you can eat, pelanggan bisa sepuasnya mengambil daging atau makanan yang akan dimakan. Biasanya harga yang dipatok oleh restoran all you can eat relatif lebih mahal dari sistem restoran reguler. Hal ini mirip dengan sistem flat rate dimana pihak restoran melakukan sistem subsidi silang.

Pengunjung akan membayar harga yang terbilang cukup mahal namun mereka dapat menikmati hidangan apapun yang tersedia sepuasnya atau semampu mereka menghabiskannya dengan waktu antara 90 menit sampai 120 menit.

Namun pada kenyataannya tidak banyak pengunjung yang mampu menghabiskan banyak makanan dalam sekali kujungan. Hal ini dikarenakan setiap orang memiliki kapasitas makan yang berbeda-beda. Celah inilah yang dimanfaatkan oleh pihak restoran untuk mengambil keuntungan.

Trend Bisnis Membuka Jasa Foto dan Editing

Meskipun bukan bisnis yang terbilang baru, namun di tahun 2020 yang akan serba online tentu saja bakat Anda dalam bidang fotografi bisa di manfaatkan menjadi peluang usaha. Banyaknya tren desain dan foto menjadi sebuah dorongan agar bisnis ini semakin melebarkan sayapnya.

Tren foto kekinian dan mengikuti perkembangan zaman sangatlah diminati oleh anak millennial. Selain itu dunia fotografi sangat luas, Anda bisa menjalani bisnis foto wedding, company profil, food model, dan model. Keuntungan yang dihasilkan sangat besar, karena fotografi sejatinya membutuhkan kreatifitas serta ketekunan.

Demikian peluang usaha yang booming di tahun 2020 yang bisa menjadi alternatif untuk dan menjadi peluang ussaha yang menjanjikan. Dengan ketekunan dan bersungguh-sungguh dalam merintis bisnis Anda tentu akan membawa kesusksesan untuk Anda. selamat mencoba!

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published.