Intip Tips Packaging Produk yang Menarik Berikut Ini!

November 16, 2021 10:48 am Published by Leave your thoughts

Halo, teman AVANA! Setuju nggak sih, kalau kemasan atau packaging produk yang menarik mempengaruhi konsumen saat ingin membeli suatu produk? Biasanya sih, saat melihat kemasan produk apapun yang menarik dan unik, tingkat keinginan untuk membeli menjadi lebih besar. Saat membeli sebuah produk dengan packaging yang cantik pun tentunya dapat membuat pelanggan merasa lebih puas dan senang. Jadi, selain memperhatikan kualitas produk, Anda juga harus memperhatikan packaging produk Anda ya! 

Nah, bagaimana nih tips packaging produk yang menarik, efektif dan unik? Simak tips berikut ini ya! 

Pahami Target Pasar Bisnis Anda

Tips penting pertama yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membuat packaging produk adalah dengan memahami siapa target pasar bisnis Anda. Misalnya, apakah target pasar produk Anda seorang wanita? Berapakah umur mereka? Apakah yang mereka gemari? Pertanyaan-pertanyaan dasar tersebut dapat Anda manfaatkan untuk menentukan packaging produk yang tepat.

Jika Anda sudah terlanjur membuat packaging produk tanpa riset sebelumnya, Anda bisa melakukan riset untuk kedepannya. Manfaatkan fitur yang ada di media sosial seperti Q&A di Instagram atau membuat polling.

tips packaging produk, packaging produk menarik, cara buat packaging produk

Pilih Kualitas Packaging Produk yang Bagus & Tepat

Selanjutnya adalah memilih kualitas kemasan yang bagus dan tepat. Tentukan terlebih dahulu budget untuk packaging Anda, jangan sampai harga packaging melebihi harga produksi/harga barang dan membuat keuntungan Anda menjadi sangat kecil. Anda dapat mensiasati packaging produk dengan packaging yang murah namun berkualitas. Kualitas packaging produk yang baik akan membuat pelanggan lebih mempercayai dan puas terhadap produk Anda. 

Baca juga: Mulai Jualan Online? Ini Dia 4 Hal Yang Wajib Anda Perhatikan!

Desain Packaging yang Sederhana 

Nggak perlu buat kemasan yang desainnya terlalu ramai! Cukup buat desain packaging yang sederhana, namun tetap menarik dan cantik untuk dilihat. Pilih warna packaging, font dan ilustrasi (jika ada) yang simple saja. Desain ini bisa Anda gunakan untuk packaging box, sticker, plastik produk Anda. 

Pastikan Packaging Melindungi Produk Anda dengan Baik 

Nah, poin ini nggak kalah penting dari yang lainnya nih, Teman AVANA. Pernah nggak sih, Anda melihat kasus dimana produk yang dibeli secara online, tidak sampai di tangan pembeli dengan sempurna? Misalnya, ada produk yang pecah, ada produk yang pecah atau bahkan rusak. Hal tersebut dapat disebabkan oleh packaging yang tidak aman dan tidak disesuaikan dengan produk yang dikirimkan. 

tips packaging produk, packaging produk menarik, cara buat packaging produk

Sebagai contoh, Anda menjual produk piring dan gelas pecah belah. Agar sampai ke tangan pelanggan dengan aman tanpa pecah sedikitpun, Anda bisa membungkus piring dan gelas tersebut dengan bubble wrap yang tebal, lalu masukkan ke dalam kardus yang juga tebal dan kuat. Lalu, untuk memaksimalkannya, Anda bisa menggunakan sticker “FRAGILE” / “PECAH BELAH” / “JANGAN DIBANTING” agar pihak ekspedisi dapat menangani produk Anda dengan baik dan benar serta meminimalisir kerusakan yang terjadi. 

Baca juga: 5 Ide Bisnis Online Makanan Untuk Pemula

Berikan Free Sticker dan Thank you Card

Pernah membeli produk secara online dan mendapatkan stiker atau kartu di dalamnya? Cara itu bisa Teman AVANA manfaatkan untuk bisnis online Anda nih. Jika target pasar Anda didominasi oleh perempuan, Anda bisa mempercantik produk dengan memberikan Thank You Card dengan desain yang menarik dan elegan. Jika target pasar Anda adalah laki-laki, Anda bisa memberikan beberapa stiker produk Anda. Tenang, harga cetak stiker dan Thank You Card sekarang ini sangat terjangkau kok.

tips packaging produk, packaging produk menarik, cara buat packaging produk

Nah, itu dia 5 tips packaging produk yang bisa membuat produk bisnis Anda jadi lebih menarik di mata calon pelanggan!

Selain memperhatikan packaging, pastikan juga Anda sudah berjualan di platform yang tepat ya! Salah satunya dengan AVANA. Dengan AVANA, calon pelanggan Anda dapat langsung berbelanja melalui media sosial tanpa harus keluar aplikasi. Anda sebagai penjual pun bisa mengontrol segala aktivitas jual online Anda dalam satu dashboard saja. Penasaran seperti apa? Coba buat toko online Anda dulu yuk!

Khusus untuk Anda, AVANA memberikan voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
tips mulai bisnis hijab, bisnis hijab, cara mulai bisnis hijab
Tags: , , , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *