Laris Manis! Ini Tips Menulis Deskripsi Produk yang Menarik & Menjual

October 1, 2021 4:37 pm Published by Leave your thoughts

Hai teman AVANA! Saat berjualan online, ada banyak sekali hal yang bisa membantu memaksimalkan penjualan. Salah satunya adalah deskripsi produk yang menarik dan menjual. Deskripsi produk nggak hanya berfungsi untuk membuat calon pelanggan tahu lebih detail tentang produk Anda lho, namun juga untuk menarik perhatian dan membuat mereka semakin yakin untuk membeli produk Anda. 

Semakin lengkap, informatif dan menarik, deskripsi suatu produk yang tercantum, maka calon pelanggan pun akan semakin tertarik pada produk Anda. 

Namun, bagaimana ya tips menulis deskripsi produk yang menarik dan menjual secara online di media sosial, e-commerce, maupun social commerce dan platform jualan online lainnya? Simak artikelnya sampai habis ya!

Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

Ketika menulis deskripsi produk, pastikan Anda menggunakan bahasa sehari-hari yang mudah dipahami oleh calon pelanggan. Karena Anda menjual produk secara online, siapapun memiliki kemungkinan untuk mengunjungi toko online Anda. Oleh karena itu, agar deskripsi produk tetap efektif, Anda harus memikirkan gaya bahasa yang tepat. Jangan sampai calon pelanggan bingung!

Baca juga: Ini Lho, 5 Tips Ampuh Pertahankan Pelanggan!

Selain itu, usahakan untuk jangan menggunakan gaya bahasa yang “kaku”. Buatlah calon pelanggan merasa nyaman dan merasa “dekat” saat membaca deskripsi produk yang Anda tulis. 

deskripsi produk, tips menulis deskripsi produk, tips nulis caption, cara tulis caption

Contoh penulisan deskripsi produk dengan gaya bahasa sehari-hari. Disini Kopi Kenangan menuliskan bahwa ini adalah produk Lemon Black Tea dari Kopi Kenangan yang akan sangat menyegarkan jika dinikmati. Lalu, Kopi Kenangan juga menggunakan kalimat persuasif yang “ramah” dan “dekat” terhadap calon pelanggan, yaitu “Hayo, siapa di sini yang belum cobain kesegaran minuman ini? Buat yang belum cobain, MinBeb saranin untuk pesan sekarang juga! Dijamin kamu bakal ketagihan, Beb!” Kopi Kenangan juga memiliki sebutan untuk admin media sosialnya yaitu MinBeb dan Beb yang merupakan sapaan untuk followers mereka. 

Jelaskan Keunggulan Produk

Sebelum menulis deskripsi sebuah produk, pastikan Anda menguasai pengetahuan tentang produk tersebut agar dapat mengemasnya secara tepat dan maksimal. 

Tips menulis deskripsi produk yang pertama adalah menjelaskan keunggulan produk yang Anda tawarkan. Hal ini akan membantu calon pelanggan mengenali produk Anda lebih dalam dan juga mampu merasionalkan harga yang Anda tawarkan.

Tulis secara rinci dan kemas kata-katanya sebaik mungkin agar pelanggan semakin tertarik dengan produk Anda. 

deskripsi produk, tips menulis deskripsi produk, tips nulis caption, cara tulis caption

Contohnya adalah deskripsi produk milik Scarlett Whitening ini, disini Scarlett menjelaskan kelebihan produk Shower Scrub varian Coffee yang dikemas secara menarik. Disini pun jelas, bahwa produk ini dapat mengangkat sel kulit mati, tidak membuat kulit iritasi dan akan membuat kulit terasa tetap fresh seharian. 

Baca juga: Budget Minim? Ini Tips Promosi Bisnis Yang Bisa Anda Lakukan

Gunakan Kalimat Persuasif

Tips menulis deskripsi produk yang kedua adalah dengan menggunakan kalimat yang persuasif. Bagi Anda yang belum tahu, kalimat persuasif merupakan kalimat yang bersifat dan bertujuan untuk mengajak calon pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Contohnya adalah kalimat persuasif yang digunakan oleh brand Lokasaji ini. 

deskripsi produk, tips menulis deskripsi produk, tips nulis caption, cara tulis caption

Dalam deskripsi atau caption produknya, Lokasaji menggunakan kalimat persuasif:

 “Sekarang gak perlu mikir dua kali buat order Lokasaji!”

“Buruan order sekarang supaya kamu bisa segera nyicipin menu-menu hits yang bisa bikin kamu ketagihan”

“Yuk, serbu sekarang juga!”

Menarik dan semakin meyakinkan calon pelanggan untuk membeli kan? Nah, tips ini bisa Anda praktikkan saat menulis produk jualan Anda ya. 

Baca juga: Bingung Jualan Apa? Ini Rekomendasi Bisnis Laku Setiap Hari

Gunakan Keyword yang SEO – Friendly

Tips menulis deskripsi produk berikutnya adalah menggunakan keyword yang SEO Friendly. Nah, ketika menjual produk secara online, hal ini sangat penting untuk Anda perhatikan. SEO (Search Engine Optimization) pada deskripsi produk bisa memudahkan calon pelanggan menemukan produk Anda di mesin pencarian lho!

Contohnya, jika Anda menjual produk baju wanita, Anda bisa menggunakan keyword seperti:

  • Jual baju wanita murah
  • Dress wanita terbaru
  • Baju wanita hits
  • Rok wanita murah

Pastikan deskripsi produk tetap terlihat natural meskipun keyword tersebut Anda cantumkan. Untuk bisa menemukan keyword yang tepat, Anda bisa memanfaatkan banyak tools keyword research gratis seperti Ubersuggest, Google Keyword Planner dan Google trends.

Perhatikan Detail-Detail Kecil

Saat menulis deskripsi produk, pastikan juga Anda memperhatikan hal ini agar calon pelanggan tidak merasa jenuh! 

  • Buat deskripsi produk yang singkat, padat dan jelas. Jika tidak produk Anda merupakan produk seperti makanan, minuman atau produk fashion, Anda bisa menulis deskripsi produk seringkas mungkin. Jika ingin lebih dari 1 paragraf, pastikan Anda memberikan space antara paragraf satu dan lainnya. 
  • Gunakan bullet points atau numbering. Jika produk Anda mengharuskan Anda menulis deskripsi produk yang panjang agar informasi yang disampaikan lebih detail seperti produk Gadget, Skincare atau Makeup, Anda bisa menggunakan bullet points atau numbering agar calon pelanggan tidak merasa kesulitan saat membaca deskripsi produk. 
  • Tambahkans sentuhan emoji. Agar tidak terlalu monoton, Anda bisa menambahkan sentuhan emoji pada deskripsi produk agar lebih menarik dan menjual. 
deskripsi produk, tips menulis deskripsi produk, tips nulis caption, cara tulis caption

Itu dia beberapa tips menulis deskripsi produk yang bisa Anda coba! Selain memaksimalkan deskripsi produk, Anda juga bisa mengoptimalkan bisnis online Anda dengan AVANA lho.

AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! Dengan puluhan fitur canggih, Anda bisa berjualan langsung dari media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Mesengger, tanpa mengharuskan pelanggan Anda keluar dari aplikasi media sosial tersebut. Ingin mencoba? AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *