Tips Menggunakan Email Marketing untuk Bisnis Anda!

January 28, 2022 12:44 pm Published by Leave your thoughts

Halo, Teman AVANA! 

Dalam artikel kali ini, AVANA akan membahas tentang email marketing! Anda sudah familiar belum nih, dengan istilah email marketing? Jadi, email marketing merupakan salah satu strategi digital marketing yang sudah cukup lama digunakan dan masih populer hingga saat ini. Kira-kira kenapa ya? Email marketing dinilai dapat memberikan hasil yang memuaskan, dan budgetnya pun tidak besar. Bahkan bisa secara gratis. Makanya, banyak banget nih pebisnis yang memanfaatkan email marketing sebagai salah satu sarana promosi bisnisnya. Tapi, gimana ya tips menggunakan email marketing yang baik dan benar? Simak bersama-sama yuk!

Langkah Awal & Tips Menggunakan Email Marketing

Buat Plan/Perencanaan yang Matang

Sebelum mengirim email, pastikan Anda sudah memiliki perencanaan yang matang ya. Dari mulai tujuan mengirim email marketing, siapa target audiens Anda, apa saja yang ingin dicapai melalui email marketing tersebut. Anda juga bisa melakukan riset kompetitor terlebih dahulu.

Memilih Tools Email Marketing Terbaik

Langkah selanjutnya untuk memulai email marketing adalah memilih tools email marketing yang tepat. Jadi, dalam mengirim email marketing, Anda nggak perlu mengirimnya manual satu persatu ya. Anda bisa menggunakan tools dimana email bisa dikirim ke banyak penerima dalam satu waktu sekaligus. Biasanya, template email dan report juga sudah tersedia. Anda bisa memilih tools yang gratis maupun berbayar. Coba buat perbandingannya terlebih dahulu ya!

Mengumpulkan Data Penerima

Sudah menemukan tools email marketingnya? Sekarang, Anda perlu mengumpulkan data penerima email. Tidak mudah untuk melakukannya, dan mungkin untuk mendapatkan banyak kontak akan memakan banyak waktu. Anda bisa meminta email pelanggan secara personal, ketika mereka melakukan pemesanan. Sampaikan kepada pelanggan bahwa Anda akan mengirimkan informasi terbaru seputar produk Anda dan promo-promo menarik melalui email. Oh iya, jika Anda memiliki website toko online, Anda juga bisa membuat form dimana pelanggan Anda dapat mengisi email mereka untuk mendapatkan informasi tentang produk Anda.

Mulai Menulis Email

Setelah poin pertama hingga ketiga sudah Anda lakukan, saatnya mulai menulis email. Pastikan, email yang Anda buat pesannya terasa lebih personal, bukan hanya email template yang di copy-paste. Gunakan gaya bahasa yang menarik dan sesuai dengan target audiens Anda. Anda juga bisa memanfaatkan fitur di tools email marketing, yang bisa memasukkan nama penerima dalam body maupun subjek email. Perhatikan juga poin poin penting ini:

-Subjek (poin penting apa yang Anda tawarkan dalam email ini, buat semenarik mungkin hingga orang ingin membuka email Anda)
-Isi email (keterangan lengkap tujuan email Anda)
Call to action (beritahu apa yang selanjutnya harus dilanjutkan penerima email, masukkan link seperti link ke website, e-commerce, media sosial atau WhatsApp bisnis Anda)

Buat Tampilan Email Menarik

Agar lebih profesional dan membuat penerima email tertarik dengan produk Anda, pastikan gunakan template secantik mungkin. Jika Anda menggunakan tools email marketing, biasanya mereka sudah menyediakan beragam template email yang bisa Anda gunakan dengan mudah. Jadi, jangan lupa digunakan ya!

Sebelum Kirim Email, Test Dulu ya!

Email sudah siap dikirim? Eiitsss.. jangan langsung dikirim ke penerima ya! Lakukan test terlebih dahulu, untuk memastikan apakah ada kesalahan atau tidak dalam email yang telah Anda siapkan. Anda bisa melakukan test email ke email pribadi/email bisnis Anda. Cek secara menyeluruh dari mulai subjek, isi email hingga call to actionnya. Cek juga, apakah email Anda masuk ke primary inbox, atau malah ke folder spam yang bisa merugikan Anda.

Pastikan Email Dikirim di Waktu Terbaik

Naaah, terakhir nih Teman AVANA! Sebelum mengirim email ke penerima, pastikan Anda mengirim email di waktu terbaik. Jika ini kali pertama, Anda bisa melakukan percobaan terlebih dahulu untuk mengetahui waktu terbaiknya. Anda bisa mengirim email di jam-jam yang biasanya waktu orang bersantai atau beristirahat, seperti di jam makan siang, atau di jam 7-9 malam, dimana orang-orang sudah sampai rumah setelah bekerja atau bepergian. Setelah itu, email siap dikirim deh!

Itu dia langkah awal dan tips mengirim email marketing. Anda juga bisa mengoptimalkan bisnis online Anda dengan AVANA lho, AVANA juga bisa membantu Anda mengoptimalkan bisnis di media sosial dengan mengintegrasikan Instagram dengan.

Dengan puluhan fitur canggih, Anda bisa berjualan langsung dari media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Mesengger, tanpa mengharuskan pelanggan Anda keluar dari aplikasi media sosial tersebut. Ingin mencoba? AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published.