Tips Menentukan Harga Jual Produk Anda agar Tidak Rugi!

August 20, 2021 4:21 pm Published by Leave your thoughts

Menentukan harga produk yang ingin dijual memang bukan hal yang mudah. Jika menjual produk terlalu mahal, calon pelanggan bisa kabur. Jika terlalu murah? Penjual bisa rugi! Nggak sedikit kok pemilik bisnis yang masih kebingungan dalam menentukan harga jualnya dengan tepat. Kalau dipikir-pikir, harga jual memang sangat berpengaruh pada tingkat penjualan serta keuntungan yang akan didapatkan. 

Baca juga: Tips Atur Keuangan Bisnis Secara Efektif

Nah makanya, melakukan kalkulasi dengan cermat harus dilakukan sebelum menetapkan harga jual produk. Anda harus bisa mempertimbangkan faktor-faktor penting seperti biaya produksi dan bisnis, sasaran pendapatan, hingga harga pesaing sebelum menentukan harga jual. 

Yuk, simak tips menentukan harga jual produk berikut ini! 

Tentukan dengan Harga Markup

Tips pertama untuk menentukan harga jual produk adalah dengan markup harga jual. Caranya cukup sederhana, yaitu dengan menambahkan keuntungan langsung dari biaya pembelian barang/biaya produksi. Metode markup ini paling banyak digunakan oleh para pemilik bisnis. 

Pertama, Anda bisa menentukan berapa keuntungan yang ingin Anda dapatkan.  

Contoh: Harga produksi mie ayam yang ingin Anda jual adalah Rp 7.500, Anda ingin mendapatkan keuntungan 3x lipat dari harga produksi agar dapat menutupi biaya produksi, operasional, dan sebagainya. 

Berarti harga jual mie ayam tersebut Rp 7.500 x 3 = Rp 22.500

Contoh 2: Harga produksi baju yang ingin Anda jual adalah Rp 65.000. Anda ingin mendapatkan keuntungan 40%. 

Berarti harga jual baju tersebut adalah

 Rp 65.000 + (65.000 x 40%) 

Rp 65.000 + 26.000

Rp 91.000

Tentukan dengan Harga Margin

Apa bedanya margin dengan amrkup price? Jika cara menentukan harga margin dengan menambahkan modal dengan keuntungan yang ingin didapat, harga margin ditentukan dari harga jual dan harga modal (biaya produksi/pembelian produk). Jadi di awal, Anda sudah menentukan sendiri harga jualnya. Cara menentukan harga jualnya bisa Anda riset dengan kompetitor produk Anda, misalnya.

Contoh menentukan harga jual dengan margin:


Margin = (Harga Jual – Biaya Produksi/Pembelian Produk) / Harga Jual

Contoh:

Harga jual mie ayam = Rp 22.000

Biaya produksi/pembelian produk = Rp 7.500

Margin = (25.000 – 7.500) / 22.000
Margin = 17.500/22.000

Margin= 0,79%

Tentukan Harga dari Anjuran Produsen 

Cara ini disebut juga dengan MSRP atau Manufactured Retail Price. Artinya, harga yang direkomendasikan dari produsen. Tujuannya untuk menstabilkan harga pasar dan menghindari perang harga. 

Namun, dengan cara ini Anda tidak dapat dengan bebas menentukan keuntungan yang ingin Anda raih.  Akan tetapi harga tersebut sudah dihitung oleh produsen, sehingga Anda tidak akan mengalami kerugian jika menjual dengan harga tersebut. 

Kelebihannya adalah Anda sebagai penjual dapat menghemat waktu hanya dengan menggunakan MSRP saat menentukan harga produk Anda.

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Modal Usaha

Teknik Value Based Pricing

Tips menentukan harga jual produk yang terakhir adalah dengan teknik value based pricing. VBP ini biasanya dapat ditentukan dengan melakukan riset terlebih dahulu terhadap pasar produk Anda, menanyakan kira-kira berapa harga yang pantas untuk produk yang ingin Anda jual tersebut. Lalu, jawabannya akan Anda jadikan patokan dalam menentukan harga jual produk. 

Jadi, itu dia beberapa tips menentukan harga jual produk Anda!  Untuk mendapatkan formula yang pas, Anda bisa melakukan test terlebih dahulu ke pasar toko Anda agar tahu mana kira-kira cara menentukan harga jual yang paling cocok dan diminati oleh pelanggan. Selain menentukan harga produk dengan strategi yang pas, pastikan Anda juga mengoptimalkan bisnis Anda dengan website toko online ya!

Anda bisa membuka website toko online Anda di AVANA. Anda bisa mempromosikan produk Anda secara mudah, efektif dan efisien, serta mengintegrasikan langsung media sosial bisnis Anda agar pelanggan bisa langsung belanja lewat media sosial. 

Kami memberikan Anda kesempatan untuk membuka website toko online SECARA GRATIS. Mau? Ikuti langkah berikut ini ya!

  • Klik tombol “Dapatkan Toko Online” di bawah ini
  • Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda
  • Klik “Create Shop’Lengkapi informasi dari empat bagian form
  • Upload produk Anda (WAJIB)
  • SELAMAT! TOKO ONLINE ANDA SUDAH BISA DIGUNAKAN!
Tags: , , , ,

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *