Tips Memilih Influencer Untuk Promosi

August 25, 2020 12:14 pm Published by Leave your thoughts
tips memilih influencer

Adanya influencer di media sosial memang bisa membantu bisnis mempromosikan produk mereka ke audiens yang lebih luas. Tapi, dengan banyaknya influencer yang ada di media sosial, memilih influencer tentu bukan pilihan mudah. Ada banyak opsi dan pertimbangan yang harus dijadikan acuan untuk memilih influencer yang tepat.

Jika kamu memilih influencer yang salah, investasi biaya yang sudah kamu keluarkan akan sia-sia. Berikut ini ada beberapa tips memilih influencer untuk promosi.

  1. Relevansi

Relevansi dengan bisnismu sangat penting ketika memilih influencer. Banyaknya jumlah followers tidak menjamin mempromosikan di influencer tersebut akan efektif. Misalnya saja Atta Halilintar dengan followers jutaan bisa jadi tidak akan efektif ketika mempromosikan program pemerintah karena terbiasa dengan konten yang nyeleneh. 

Karenanya, relevansi bisnis dan influencer sangat penting. Misalnya, apakah bisnismu berjualan produk untuk anak bayi? Bisa menggunakan influencer ibu-ibu yang memiliki bayi. 

  1. Engagement

Engagement juga menjadi pertimbangan untuk memilih influencer yang tepat. Biasanya influencer sudah mempersiapkan proposal yang berisi engagement rate ke bisnis untuk menilai apakah followers aktif dan selalu komen di setiap post, atau followers hanya diam saja.

Meskipun begitu, perlu diperhatikan influencer yang memiliki komunitas dan yang aktif hanya teman-teman komunitas. Sehingga cara untuk mensiasati hal tersebut adalah menggunakan kode khusus jika terjadi pembelian sehingga bisa menghitung konversi yang diberikan setiap influencer.

  1. Reach

Reach atau jangkauan bisa memperlihatkan seberapa banyak yang melihat kontennya. Proporsi antara reach dan followers pun perlu diperhatikan karena jika reach kecil bisa jadi followers yang digunakan influencer adalah followers berbayar. Dengan menggunakan reach kamu bisa tahu estimasi orang yang akan melihat kontenmu. Bisa dibandingkan juga dengan jumlah konversi untuk melihat apakah influencer tersebut efektif atau tidak.

  1. Otentisitas

Penting bagi influencer untuk menjadi otentik. Otentik berarti memiliki karakteristik yang membedakan antara dia dengan influencer lainnya. Dengan menjadi otentik, influencer bisa memiliki nilai lebih di mata followers dan bisa lebih dipercaya.

  1. Berguna

Carilah influencer yang berguna bagi followers-nya. Berguna dalam arti memberikan manfaat dalam bentuk konten, sehingga followers ikut teredukasi. Hindari influencer yang hanya menawarkan produk tapi tidak memberikan nilai lebih ke followers karena mereka bisa jadi tidak mempersuasi followers untuk ikut menggunakan produkmu.

Berikut adalah 5 tips memilih influencer. Memilih influencer yang tepat tidaklah mudah, sehingga kamu perlu mendata semua influencer dan memilih yang paling sesuai dengan bisnismu.

Baca tips mempromosikan produkmu lainnya hanya di sini.

Permudah jualan onlinemu hanya bersama AVANA.

Categorised in:

This post was written by AVANA INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *