Tips Foto Makanan yang Mudah Dipraktikkan untuk Bisnis Anda

June 29, 2021 4:17 pm Published by Leave your thoughts

Apakah Anda saat ini sedang menjalankan bisnis kuliner secara online? Wah, di tengah tingginya persaingan bisnis makanan online, Anda harus bisa nih melakukan berbagai cara untuk menarik perhatian konsumen, salah satunya lewat foto yang bagus dan kece. Untuk menghasilkan foto yang bagus, tentu diperlukan beberapa tips foto makanan yang bisa kamu praktikkan.

Coba saja lihat beberapa referensi media sosial bisnis makanan yang sudah memiliki banyak pelanggan dan terkenal. Hampir semuanya pasti membagikan foto-foto produk makanan mereka yang keren dan menggiurkan sehingga mendorong orang untuk membeli produk mereka. Foto yang berkualitas, tentu bisa membantu bisnis Anda jadi lebih dikenal dan bisa juga dimanfaatkan untuk meningkatkan penjualan. 

Baca juga: 5 Ide Bisnis Online Makanan Untuk Pemula

Namun, bagaimana sih caranya? Simak bersama-sama yuk tips foto makanan yang bisa Anda coba!

Tips Foto Makanan: Utamakan Pencahayaan yang Bagus

Tips foto makanan yang pertama perlu Anda lakukan dalah menentukan posisi dimana Anda akan melakukan foto produk makanan. Pastikan Anda mendapatkan pencahayaan yang terang dan natural, sehingga dapat menghasilkan foto yang maksimal. Misalnya, foto di luar ruangan dan foto saat pagi atau sore hari. Jika Anda melakukan foto di dalam ruangan, tetap utamakan pencahayaan yang maksimal ya. Misalnya, dengan menggunakan lampu sorot tambahan. Hindari menggunakan flash langsung dari kamera atau smartphone Anda. 

fotografi makanan, tips foto makanan, foto makanan, cara foto makanan, teknik foto makanan, foto makanan menarik

Tips Foto Makanan: Gunakan Latar Belakang yang Tidak Terlalu Mencolok

Tips foto makanan yang kedua adalah menggunakan latar belakang yang tidak terlalu mencolok. Bisa pilih warna-warna pastel, atau putih polos agar calon pelanggan yang melihat foto Anda fokus kepada produk makanan Anda. bayangkan jika Anda menggunakan latar belakang foto yang ramai, tentu produk makanan Anda tidak akan menjadi pusat perhatian dalam foto. 

Siapkan Aksesoris Penunjang

Selanjutnya, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus menyiapkan beberapa aksesoris penunjang. Pastikan aksesoris penunjang ini, tidak akan lebih “heboh” daripada produk makanan Anda. Contoh aksesoris yang dapat Anda gunakan adalah sendok dan garpu kayu, piring polos yang cantik, atau pun alas meja untuk sekedar memberikan sentuhan estetik untuk foto produk Anda. 

fotografi makanan, tips foto makanan, foto makanan, cara foto makanan, teknik foto makanan, foto makanan menarik

Ingin Foto Tidak Goyang? Gunakan Tripod!

Agar hasil foto semakin bagus, pastikan foto tidak goyang ataupun blur. Anda bisa menggunakan alat bantuan seperti tripod saat melakukan pemotretan. Pastikan Anda mengikuti tips foto makanan yang satu ini ya!

Baca juga: Wajib Coba, Ini Resep Makanan Unik Dan Kreatif Untuk Dijual!

Foto dari Berbagai Angle

Pastikan Anda memfoto produk makanan dari berbagai angle. Bisa dari atas, dari samping, atau dari depan, Anda harus pintar-pintar mencari angle yang tepat, bagus dan dapat memperlihatkan produk Anda secara menyeluruh sehingga pelanggan akan tergiur. 

fotografi makanan, tips foto makanan, foto makanan, cara foto makanan, teknik foto makanan, foto makanan menarik

Siapkan Aplikasi Edit Foto

Setelah selesai sesi potret, tips foto makanan selanjutnya adalah Anda bisa melakukan beberapa step pengeditan foto. Meskipun hasil foto sudah bagus, namun aplikasi edit foto sangat diperlukan untuk membuat foto menjadi lebih terlihat makin bagus lho. 

Nah, gimana? Sudah dapat ilmu baru belum untuk memfoto produk makanan? Diharapkan, dengan mengikuti tips foto makanan berikut ini, Anda jadi lebih maksimal saat memfoto produk makanan yang ingin Anda jual. Semoga, hasil fotonya pun dapat menarik lebih banyak pelanggan ya! 

Jika Anda sudah menghasilkan beberapa foto produk makanan, pastikan Anda juga mendaftarkan toko online Anda di AVANA. Kami memberikan Anda kesempatan untuk membuka website toko online SECARA GRATIS. Mau? Ikuti langkah berikut ini ya!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *