Tips Bisnis di Bulan Puasa 2021

March 22, 2021 3:46 pm Published by Leave your thoughts
tips bisnis di bulan puasa 2021

Buat Anda yang memiki bisnis dan ingin memanfaatkan momen Ramadhan untuk mengoptimalkan penjualan bisnis Anda, simak tips bisnis di bulan puasa 2021 berikut ini. Dengan tips jualan di bulan Ramadhan dan inovasi bisnis di bulan Ramadhan ini, dijamin penjualan Anda bisa meningkat drastis dalam waktu singkat.

Kapan Ramadhan 2021?

tips bisnis di bulan puasa 2021

Bulan Ramadhan 2021 ini diperkirakan akan mulai dari hari Selasa, 13 April 2021 dan berakhir pada hari Rabu, 12 Mei 2021. Dalam sebulan ini, kira-kira bagaimana cara mengelola bisnis Anda agar bisa meningkatkan penjualan sekaligus brand awareness di salah satu momen hari raya terbesar di Indonesia ini? Simak tips bisnis di bulan puasa 2021 dibawah.

Tips Jualan di Bulan Ramadhan 2021

Buat Konten Berkonsep Ramadhan

Memasuki bulan Ramadhan, perusahaan-perusahaan mulai membuat konten-konten yang mengambil tema Ramadhan. Misalnya, Frisian Flag membuat konten resep kue dan masakan untuk berbuka puasa dan ifthar yang pastinya dicari oleh banyak ibu rumah tangga ketika bulan puasa tiba.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan Instagram untuk membuat konten giveaway, Live Instagram dan sebagainya dengan mengambil tema Ramadhan.

ide konten Ramadhan 2021

Sebagai contohnya, ini salah satu konten Ramadhan yang dibuat melalui Instagram fabelio. Anda juga bisa menggunakan hashtag (#) untuk memulai campaign Ramadhan Anda.

Tips Bisnis di Bulan Puasa 2021 : Pastikan Sanitasi dan Kebersihan

tips jualan di bulan ramadhan

Tips bisnis di bulan puasa 2021 lainnya adalah selalu pastikan sanitasi dan kebersihan. Terutama jika Anda menjual produk kuliner, snack hingga katering untuk berbuka puasa, pastikan bahwa bisnis Anda telah memenuhi standar kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah dan bebas dari COVID-19.

Beralih ke Jualan Online

inovasi bisnis di bulan Ramadhan

Tips jualan di bulan ramadhan adalah beralih ke online!

Buat Anda yang masih membuka bisnis offline dan belum menggunakan internet untuk mempromosikan bisnis Anda, waktunya bagi Anda untuk mulai menjajaki dunia online, mulai dari membuat website toko online sendiri, mulai menggunakan Instagram, Facebook hingga Twitter untuk berinteraksi dengan pelanggan, dan lain sebagainya.

Dengan adanya pandemi, banyak orang yang mulai beralih ke online untuk mencari informasi, barang, layanan, dan lain sebagainya.

Baca juga : 20+ Ide Bisnis Di Bulan Ramadhan 2021

Manfaatkan Influencer

Salah satu inovasi bisnis di bulan Ramadhan 2021 yang bisa Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan influencer. Baik itu influencer vlogger, blogger, maupun Instagram, Anda bisa mencari KOL yang bergerak di bidang bisnis Anda dan menjalin kerjasama dengan mereka.

Kerjasam bisa dilakukan dalam bentuk Instagram Live, memposting konten Anda di Instagram mereka, meminta mereka untuk menjadi pembicara webinar hingga meminta mereka untuk membuat konten video yang mempromosikan produk Anda.

Di masa ini, 93 juta orang menghabiskan waktu tiap harinya di Youtube sehingga Anda bisa coba memaksimalkan influencer dari media ini untuk mempromosikan produk Anda.

Selalu Posisikan Diri Anda Sebagai Audiens

Ketika Anda membuat konten, mempromosikan produk Anda maupun hal-hal lainnya, pastikan Anda selalu memposisikan diri Anda sebagai audiens. Kira-kira, apa yang dibutuhkan orang-orang ketika Ramadhan tiba dan lain sebagainya.

Misalnya data dari Google menunjukan bahwa ketika Ramadhan, ada 2 pencarian yang meningkat secara drastis, yaitu :

  • Ifthar (buka puasa sore hari) > meningkat 1950%
  • Tarawih (berdoa ketika malam hari di masa Ramadhan > meningkat 1150%

Anda bisa memanfaatkan hal ini untuk membuat inovasi bisnis di bulan Ramadhan, misalnya saja seperti unilever yang membuat website khusus berisi resep buka puasa dan mengiklankannya melalui Search Ads 360 dengan fitur countdown seperti ini.

3 jam sebelum berbuka, ini resep berbuka yang mudah dibuat dan lezat.

Iklan diatas muncul 3 jam sebelum waktu berbuka puasa dan akan memberikan pesan personalisasi yang lebih intim untuk audiens.

Itu dia beberapa tips bisnis di Bulan Ramadhan 2021 yang bisa Anda coba terapkan untuk meningkatkan omzet bisnis Anda. Bagaimana, sudah siap dapatkan penghasilan melimpah di bulan Ramadhan ini?

Buat Anda yang ingin memulai online namun belum memiiki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ingin tanya lebih lanjut?

Tags: , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *