Catat, Ini Tips Balas Chat Pelanggan dengan Benar!

October 12, 2021 2:00 pm Published by Leave your thoughts


Pernah nggak sih nggak jadi beli suatu produk karena admin yang membalas pesan toko onlinenya jutek?

Atau, pernah nggak sih nggak jadi beli suatu produk karena admin toko onlinenya membalas chat terlalu lama?

Nah, dalam bisnis online, sebagian besar proses jual beli akan dilakukan via chat. Oleh karena itu, pemilik bisnis tidak boleh menganggap sepele tentang tata bahasa dan cara merespon chat calon pelanggan. Karena ini akan sangat berdampak pada penjualan lho! 

Jadi, gimana cara balas chat pelanggan dengan benar dan efisien?

Simak tips balas chat pelanggan berikut ini sampai habis ya!

Gunakan Bahasa Yang Mudah Dimengerti Target Pasar 

Meski berniat ingin lebih akrab, hindari pemakaian bahasa yang tidak umum dan terlalu santai. Dalam membalas chat pembeli, sebaiknya penjual online memakai  bahasa yang mudah dipahami agar apa yang disampaikan dapat dimengerti. Ini juga akan membuat calon pelanggan bisa lebih cepat melakukan transfer pembelian dan juga meminimalkan miskomunikasi antar penjual dan calon pelanggan. 

Baca juga: Wajib Tahu! Manfaat Iklan Media Sosial Untuk Bisnis

Stop Biarkan Pelanggan Menunggu Lama 

Tips balas chat pelanggan kedua yang perlu Anda lakukan adalah dengan jangan membiarkan calon pelanggan menunggu balasan chat dan berujung pindah ke toko lainnya. Biasanya, sekalipun Anda sudah menulis keterangan produk sejelas mungkin, ada kemungkinan calon pelanggan tidak memperhatikannya. Jadi, mereka akan menggunakan fitur chat untuk menanyakan beberapa pertanyaan terkait produk Anda. 

Jadi, pastikan Anda membalas pertanyaan calon pelanggan dengan cepat supaya pelanggan gak kabur ya!

Balas Chat Secara Relevan

Ketika berkomunikasi, balaslah chat secara relevan sesuai dengan topik yang dibicarakan. Ketika pembeli menanyakan sesuatu, jawablah pertanyaan tersebut sesuai dengan informasi apa yang dibutuhkan. Hindari pembicaraan yang keluar dari topik pembahasan. Sampaikan saja apa yang dibutuhkan oleh konsumen dan berikan informasi seperlunya. Lakukan komunikasi secara berkualitas dengan membalas pesan dari pembeli dengan relevan.

 

Gunakan Kata-Kata yang Sopan

Pastikan untuk menjaga etika balas chat pelanggan. Gunakan pilihan kata-kata yang sopan agar lawan bicara merasa nyaman dan dihargai. Dengan begitu, Anda bisa memaksimalkan keberhasilan transaksi atau pembelian ulang. 

Buat Prioritas dalam Membalas Chat 

Toko online Anda menerima banyak chat setiap harinya?! Jika ya, Anda wajib membuat prioritas dalam membalas chat sehingga sistemnya lebih teratur. Anda bisa mulai membalas chat calon pelanggan dari yang paling awal ke baru, dari percakapan pesan chat paling bawah ke paling atas.

Berikan Saran untuk Calon Pelanggan

Sebagian calon pembeli mungkin sudah paham dan tahu apa yang mereka ingin beli saat mengunjungi toko onlinemu. Namun, pasti tidak sedikit calon pelanggan yang masih ragu dan bingung dengan apa yang ingin dia beli. Jadi, nggak ada salahnya Anda memberi rekomendasi kepada mereka, seperti produk best seller Anda. Berikan pelayanan yang baik agar pembeli semakin yakin untuk membeli produk Anda. Oh iya, jika kehabisan produk, Anda juga bisa menggunakan tips ini untuk mengarahkan pembeli membeli produk Aa

Sebagian buyer sudah tahu apa yang ingin mereka beli saat mengunjungi tokomu. Namun, ada juga buyer yang masih ragu atau belum tahu pasti apa yang ingin dibeli. Tidak ada salahnya kamu memberikan saran kepada mereka. Trik ini berguna juga jika kamu lagi kehabisan produk yang diminta pembeli.

Baca juga: Bingung Jualan Apa? Ini Rekomendasi Bisnis Laku Setiap Hari

Pakai Fitur Otomatis untuk Balas Chat

Saat ini, kecanggihan teknologi membuat bisnis online pun semakin terdepan. Begitupun dalam bisnis online. Salah satu kecanggihan teknologi yang dapat membantu para pemilik bisnis adalah fitur otomatis untuk membalas chat. Dengan fitur ini, Anda bisa lebih efisien dan tidak memakan waktu dalam membalas pesan calon pelanggan yang masuk.  

Kenalan yuk, dengan fitur AVAchat dari AVANA! Anda bisa mengatur seluruh aktivitas layanan Anda di Facebook, WhatsApp, Instagram, Line, dan bahkan Telegram dalam satu dashobard saja! Menarik banget kan? Anda juga bisa memberikan informasi status pengiriman, invoice dan katalog produk tanpa harus repot-report lho! 

Layanan AVAChat memungkin beberapa pengguna untuk mengirim dan menerima pesan secara bersamaan dan Anda juga bisa merespon chat lebih cepat dengan sistem balas pesan otomatis yang memungkinkan proses tanya-jawab dan transaksi dilakukan secara lebih cepat dan efektif!

Gimana? Tertarik menggunakan fitur-fitur AVANA untuk bisnis Anda? AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , ,

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *