Tips Atur Keuangan Bisnis Secara Efektif

August 18, 2021 3:02 pm Published by Leave your thoughts

Mengelola dan mengatur keuangan merupakan salah satu hal yang sangat penting yang wajib Anda dipikirkan saat ingin memulai bisnis maupun menjalankan dan mengembangkan bisnis. Tentunya bukan hal yang mudah ya untuk dapat mengatur keuangan dengan baik.Ketika keuangan dikelola dengan baik, kondisi keuangan pun akan dapat dipantau dengan jelas. Sayangnya, masih banyak nih pebisnis yang belum sadar akan pentingnya mengatur keuangan bisnis dan pada akhirnya pun mengalami kerugian. 

Dalam artikel kali ini, AVANA akan memberikan beberapa tips atur keuangan bisnis secara efektif! Simak sampai habis ya. 

Baca juga: Strategi Ampuh Jualan Di Media Sosial

Atur Keuangan Bisnis: Pisahkan Keuangan Pribadi & Bisnis 

Tips atur keuangan bisnis pertama yang bisa Anda lakukan adalah memisahkan keuangan pribadi dengan keuangan bisnis. Terutama jika bisnis Anda masih baru dimulai nih, biasanya masih sering mencampur-campurkan keuangan pribadi dengan bisnis. Padahal, nantinya Anda bisa sangat kesulitan lho membedakan mana keuangan bisnis dan mana keuangan pribadi milik Anda. Yang paling parahnya, bisa saja Anda secara tidak sadar menggunakan uang bisnis untuk keperluan pribadi dan begitu juga sebaliknya. 

atur keuangan, tips atur keuangan, cara atur keuangan, atur keuangan bisnis, tips atur keuangan bisnis

Kalau terus menerus dan dibiarkan, keuangan bisnis bisa merugi lho! Yuk, pisahkan keuangan bisnis dan pribadi Anda mulai sekarang. Bisa dimulai dengan membuat 2 ATM yang berbeda ya, jika Anda menggunakan bank untuk menyimpan uang. 

Punya Hutang? Kelola dengan Baik ya!

Mengembangkan bisnis dengan cara berhutang memang diperbolehkan, namun, sebisa mungkin kurangi risiko berhutang ya dalam menjalankan bisnis Anda. Selain itu, pastikan juga Anda membayar semua tagihan tepat waktu, hindari keterlambatan pembayaran hutang agar tidak dikenai denda atau menganggu keuangan bisnis Anda kelak.

Oh iya, pastikan juga untuk menghindari hutang yang tidak produktif. Semua hutang yang ada wajib digunakan untuk keperluan pengembangan bisnis ya. Jangan sampai berhutang untuk hal-hal yang belum jelas. 

atur keuangan, tips atur keuangan, cara atur keuangan, atur keuangan bisnis, tips atur keuangan bisnis
Business people discussing charts and diagrams, view from above

Membuat Anggaran & Pembukuan secara Berkala

Tips atur keuangan berikutnya adalah dengan membuat anggaran dan pembukuan secara berkala. Misalnya, Anda dapat membuat anggaran setiap 3 bulan sekali agar tidak ada kebocoran uang dan terjadinya transaksi-transaksi yang tidak diperlukan. Sebelum membuat anggaran, pastikan Anda telah melakukan riset pasar, riset penjualan, riset kompetitor sehingga anggaran yang Anda hasilkan pun sesuai dengan kebutuhan. 

Berikutnya, pastikan Anda juga membuat pembukuan laporan keuangan yang berisi segala laporan laba-rugi maupun neraca. Semua transaksi yang masuk dan keluar perlu Anda catat agar Anda dapat mengontrol seluruh transaksi keuangan bisnis Anda dengan baik dan benar. 

Baca juga: 4 Cara Mendapatkan Modal Usaha

atur keuangan, tips atur keuangan, cara atur keuangan, atur keuangan bisnis, tips atur keuangan bisnis

Persiapkan Dana Darurat

Dunia bisnis memang tidak dapat diprediksi, kadang naik, kadang turun, tergantung situasi dan kondisi. Seperti halnya kondisi pandemi saat ini, tidak ada yang tahu kapan pandemi ini akan berakhir, sedangkan kondisi pandemi sangat berdampak kepada kondisi perekonomian. 

Hal yang bisa Anda lakukan untuk menyelamatkan bisnis Anda dalam situasi seperti ini adalah dana darurat. Anda harus mengantisipasi keadaan dengan mempersiapkan dana darurat. Jadi, ketika perkembangan bisnis melambat, Anda bisa mempertahankan bisnis dengan dana yang ada. 

Sisihkanlah sebagain pendapatan bulanan bisnis Anda untuk dana darurat secara rutin. Pastikan juga penyimpanannya dipisah dengan keuangan bisnis biasanya dan keuangan pribadi Anda agar dapat digunakan sewaktu-waktu dengan mudah saat diperlukan. 

Itu dia, beberapa tips atur keuangan bisnis secara efektif yang bisa AVANA sampaikan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat Anda aplikasikan dalam bisnis yang sedang Anda jalankan ya. Selain tips dan referensi di atas, Anda juga dapat memaksimalkan penjualan di media sosial dengan AVANA lho. 

Anda bisa membuka website toko online Anda di AVANA. Anda bisa mempromosikan produk Anda secara mudah, efektif dan efisien, serta mengintegrasikan langsung media sosial bisnis Anda agar pelanggan bisa langsung belanja lewat media sosial. 

Kami memberikan Anda kesempatan untuk membuka website toko online SECARA GRATIS. Mau? Ikuti langkah berikut ini ya!

atur keuangan, tips atur keuangan, cara atur keuangan, atur keuangan bisnis, tips atur keuangan bisnis
  • Klik tombol “Dapatkan Toko Online” di bawah ini
  • Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda
  • Klik “Create Shop’Lengkapi informasi dari empat bagian form
  • Upload produk Anda (WAJIB)
  • SELAMAT! TOKO ONLINE ANDA SUDAH BISA DIGUNAKAN!

Tags: , , ,

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *