Tiktok untuk Promosi Bisnis dan Tingkatkan Omzet? Ini lho Rahasianya!

June 24, 2021 9:33 pm Published by Leave your thoughts

Anda mungkin sudah tidak asing lagi saat mendengar kata Tiktok. Aplikasi asal negara Tiongkok itu memang sedang sangat digandrungi oleh masyarakat. Saat ini, Tiktok tidak hanya jadi ajang untuk mengupload video yang bersifat pribadi saja. Namun, Tiktok juga ramai digunakan oleh para pelaku bisnis, perusahaan, dan masih banyak lagi. Nggak jarang juga lho, orang yang tadinya tidak terkenal, menjadi viral dan mampu menghasilkan uang dari platform ini! Menarik banget ya?

tiktok, bisnis tiktok, promosi tiktok, konten tiktok, cara viral di tiktok

Oleh karena itu, banyak banget lho pelaku bisnis yang saat ini memanfaatkan Tiktok sebagai platform untuk mempromosikan produk maupun jasa mereka. Banyak juga yang sudah berhasil mendapatkan ribuan bahkan jutaan views dan followers hanya karena Tiktok. Kalau Anda merupakan pemilik bisnis, jangan sampai Anda tidak memanfaatkan platform ini ya!

Baca juga: Ini Ide Konten TikTok Agar Bisnis Semakin Laris

Simak yuk, cara promosi bisnis Anda dengan Tiktok!

Kenali Lebih Dalam Aplikasi Tiktok

Ini kali pertama Anda menggunakan aplikasi Tiktok? Jika iya, Anda wajib adaptasi dulu nih. Kenali aplikasi ini lebih dalam, dari mulai fitur-fiturnya, content creator yang ada, konten seperti apa yang sedang viral, lagu apa yang sedang banyak digunakan, hingga bagaimana cara para content creator mendapatkan views, likes dan comments yang banyak. Cari referensi sebanyak-banyaknya agar apa yang ingin Anda post di Tiktok, bisa berhasil.

Membuat beragam konten yang menarik & mengikuti trend!

Setelah mempelajari aplikasi lebih dalam, sekarang waktunya Anda mulai membuat konten. Sebagai pelaku bisnis, Anda bisa mulai dari memperkenalkan brand Anda secara singkat. Pastikan juga, Anda mengemas video tersebut dengan menarik, menggunakan lagu yang sedang banyak didengar, menggunakan hashtag yang sedang ramai ya. Selanjutnya, Anda bisa mulai membuat konten-konten lain, seperti proses packaging produk, testimoni pelanggan, behind the scene pembuatan produk Anda, promosi, dan masih banyak lagi. Pastikan, Anda selalu mengikuti trend konten yang sedang viral ya.

tiktok, bisnis tiktok, promosi tiktok, konten tiktok, cara viral di tiktok

Jangan Asal Tulis Caption & Hashtag!

Sebelum memposting konten video Anda, pastikan Anda menulis caption dan menggunakan hashtag yang tepat. Untuk caption, jangan tulis caption yang terlalu panjang. Cukup buat caption yang singkat, padat dan menjual. Sedangkan untuk hashtag, gunakan hashtag yang relevan dengan bisnis Anda, misalnya Anda menjual nasi mentai, gunakan hashtag #nasimentai #mentaijakarta #jualmentai. Jangan lupa juga untuk menggunakan satu atau dua hashtag yang bisa mendorong video Anda untuk lebih menjangkau khalayak luas. Misalnya, hashtag #fyp, #foryourpage, #smallbusinesscheck.

Baca juga: Cara Masuk FYP TikTok Biar Bisnis Viral

Bekerja sama dengan Content Creator

Cara lain untuk mempromosikan bisnis Anda di Tiktok adalah dengan bekerja sama dengan Influencer atau Content Creator. Dengan bekerja sama dengan Influencer atau Content Creator, bisnis Anda bisa menjadi lebih luas jangkauannya. Apalagi, jika Influencer atau Content Creator tersebut sudah biasa bekerja sama dengan brand, pastinya iklan yang dihasilkan pun kreatif dan mengikuti trend.

tiktok, bisnis tiktok, promosi tiktok, konten tiktok, cara viral di tiktok

Jangan lupa, pastikan juga Anda memilih Influencer atau Content Creator yang sesuai dengan target pasar Anda agar tidak merugi ya 🙂

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan bisnis Anda di Tiktok. Semoga Anda bisa mengoptimalkan platform TikTok sebagai salah satu media pemasaran bisnis-mu secara online ya! 

Selain Tiktok, Anda juga bisa menggunakan AVANA sebagai platform Social Commerce untuk mempromosikan bisnis Anda. AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *