Sudut Cerita: Jualan Sukses Koko Autentik

March 18, 2019 2:49 pm Published by 2 Comments
Kesuksesan dapat di raih dengan kerja keras, berawal dari hanya berjualan di emperan, membuat Al-Kinan kini bisa sukses, Apa rahasianya?

Kisah Sukses Al-Kinan

Usaha tidak akan membohongi hasil. Ucapan itu sering kita dengar dikala ingin mencapai sesuatu yang dituju dan diiringi usaha yang keras. Pepatah tersebut sepertinya memang benar dan terjadi kepada dua insan yang akhirnya menjadi pengusaha sukses dari Tasikmalaya. Mereka adalah Kang Adnan dan Teh Kinanti, sepasang suami-istri dan pemilik usaha Al-Kinan.

Al-Kinan adalah sebuah perusahaan online dan offline yang bergerak di bidang busana pria untuk beribadah. Spesifiknya mereka memproduksi baju koko, pakistan, dan jubah. Mengusung konsep autentik dengan ciri khas Tasikmalaya, yaitu borderannya, membuat baju koko Al-Kinan berbeda dengan baju koko, pakistan, dan jubah yang lainnya. Bordiran dapat ditemui di bagain depan atas dan bawah baju. Selain itu, Al-Kinan juga cukup berani untuk mengeluarkan baju ibadah dengan beragam warna mulai dari cream sampai tosca.

Apa Produk Yang Di Produksi Oleh Al-Kinan

Namun, banyak juga baju berwarna putih yang dilengakapi oleh bordiran khas Tasikmalaya. Al-Kinan kini bisa dinikmati oleh semua kaum pria yang ingin memakai baju ibadah dengan gaya yang trendi namun sopan di seluruh Indonesia. Pasalnya, baju Al-Kinan sudah terjual keluar Tasikmalaya, bahkan sampai pulau Jawa, ada yang dari Aceh dan Makasar. Sebenarnya Al-Kinan adalah bisa dibilang distributor bagi yang ingin berjualan baju pria, tapi bisa juga membeli eceran melalui online dan offline. Banyak dropshipper dan reseller yang mengambil barang dari Al-Kinan atau pembeli biasa yang membeli baju satuan.

Tentunya Kang Adnan dan Teh Kinanti harus melalui fase-fase kritis dulu. Di awal usahanya, mereka harus bekerja keras memasarkan produknya secara konvensional, bahkan mereka membuka lapak di depan mesjid untuk sekedar mempromosikan dan berjualan produknya. Tak hanya itu, sepasang suami istri ini rela berangkat ke pasar Karawang hanya untuk memasarkan produknya.

Mereka membawa beberapa kantong plastik kodi baju lalu menawarkannya ke setiap gerai pakaian. Tak sedikit mereka menerima tolakan dan bahkan harus terpaksa membawa pulang kembali produknya dalam jumlah tak sedikit. Namun, semuanya dilalui dengan ketabahan, dan mereka terus mencoba lagi.

Apa Rahasia Sukses Al-Kinan

Hingga pada di suatu titik, mereka bertemu dengan AVANA. Mereka optimalkan penjualannya dengan website dan fitur-fitur website yang disediakan oleh AVANA. Fitur yang ada di AVANA mempermudah mereka dalam berjualan, terutama dalam cek sisa stok barang. Sebelumnya mereka harus cek barang dan menulis secara manual. Tapi semenjak memakai AVANA, mereka tidak perlu ribet lagi cek buku tinggal cek saja di dasbor.

Selain itu, mereka juga bisa berkonsultasi seputar digital marketing dan bisnis online bersama mentor AVANA. Menurut Kang Adnan, perlu sekali untuk memiliki mentor untuk berbagi ilmu dan sekedar bercerita tentang bisnis lainnya. Disini, mereka mulai mendapatkan masukan lain dan cara lain untuk lebih mengembangkan bisnisnya.

Membuat bisnis sukses tidak perlu banyak cara, hanya ada dua kunci utama yaitu kegigihan dan mentor. “Jika ingin berhasil, ya terus berusaha dan jangan putus asa. Jika dirasa sudah lelah maka konsultasikan dengan mentor. Mentor bukan hanya sesorang yang memiliki sertifikat sebagai pelatih, tapi mentor adalah orang yang bisa diajak berbagi pengalaman dan bisa menasihati dan memberikan masukan kepada kita.” Begitulah pesan dari Kang Adnan dan Teh Kinanti bagi mereka yang ingin serius mendalami untuk menjadi pengusaha.

Tags: , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.