Sudut Cerita: Bisnis Tiga Orang Sahabat

April 10, 2019 5:14 pm Published by 1 Comment

Sahabat adalah orang yang paling dekat dengan kita selain orang tua dan keuarga. Mencari sahabat memang tidak segampang membalikan telapak tangan. Harus punya visi dan misi yang sama agar jalinan persahabatan tetap utuh dan sejalan. Akan ada banyak cerita dalam sebuah persahabatan, tapi cerita tiga orang sahabat ini berbeda.

Bagaimana cerita awal memutuskan untuk berbisnis bersama?

Renata Eka Marsya, Nurliana Fitriani, dan Yeni Hendriyani adalah tiga orang sahabat yang berlanjut menjadi pengusaha, pemiliki Amity. Ketiganya sudah kenal semenjak Sekolah Menengah Atas. Menariknya, mereka lahir pada bulan yang sama dengan tanggal yang berdekatan. Awalnya mereka iseng untuk membuka bisnis makanan. Lama kelamaan bisnis enak juga karena fleksibel dan banyak untungnya. Tapi usahanya tidak sesuai dengan harapan. Lalu mereka membangun kembali bisnisnya dengan membuat produk selain makanan. Masih saja tidak sesuai dengan harapan dan tidak cocok dengan kepribadian mereka. Kemudian awal 2015, mereka mencoba menggarap bisnis pakaian wanita. Mereka menjual baju muslim wanita yang terbuat dari rajutan. Ide ini diambil karena usaha pakaian dari rajut masih sedikit.

Kenapa nama Amity dipilih sebagai nama brand?

Amity berasal dari kata latin yang memiliki arti pertemanan atau persahabatan. Nama Amity digunakan agar Amity dapat menjadi teman setia bagi pelanggannya. Sehingga mereka bisa terus menjadi konsumen baik Amity.

Apa kendala dan solusi membangun brand Amity?

Hal yang tersulit dalam berbisnis adalah pemasaran. Mereka harus berpikir cara mengenalkan produk mereka di pasar. Dari cara konvensional sampai endorse sudah dicoba. Penjualaannya meningkat semenjak mereka memakai salah satu brand iklan untuk endorse Amity. Kebetulan pada tahun 2015 strategi endorse sedang naik daun dan efektif untuk membangun brand-awarenss.

Bahan produksi juga sangat sulit dipilih karena mereka ingin baju rajut Amity tidak menerawang seperti baju rajut pada umumnya. Kemuddian mereka melakukan survey secara acak sampai akhirnya menemukan bahan rajut pas yang tebal dan sejuk ketika digunakan.

Kini, Amity sudah memiliki banyak pelanggan di berbagai daerah baik di Bandung maupun luar Bandung. Amity juga telah banyak mengeluarkan jenis fashion wanita seperti tunik, outer, jilbab, juga baju rajut satu set (atasan dan bawahan). Mereka juga terus berpartisipasi di beberapa acara wirusaha nasional untuk terus mengembangkan dan memperkenalkan brand Amity lebih jauh.

Tags: , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.