Strategi Pemasaran Produk Kosmetik Supaya Bisnis Meroket

May 28, 2021 1:27 pm Published by Leave your thoughts
strategi pemasaran produk kosmetik

Dalam setiap bisnis, pemasaran atau marketing adalah salah satu nilai mutlak yang harus dilakukan untuk bisa mengembangkan bisnis dan meningkatkan penjualan. Hal yang sama juga berlaku pada bisnis kosmetik, terlebih karena persaingan yang sangat ketat dengan brand-brand ternama di luar sana. Yuk, simak strategi pemasaran produk kosmetik berikut ini!

Strategi Pemasaran Produk Kecantikan atau Kosmetik

strategi pemasaran produk kecantikan

Promosi Melalui Pengecer Menengah

Salah satu taktik yang bisa Anda lakukan untuk mempromosikan produk Anda secara mudah dalam waktu singkat adalah dengan menjual produk Anda melalui pengecer.

Tidak usah terburu-buru menggunakan jasa pengecer besar dan Anda bisa mulai dengan pengecer ukuran sedang terlebih dahulu yang biasanya mau menerima produk dari bisnis kecil yang beru beroperasi.

Distributor dan Reseller

Menjual produk Anda sendirian tentunya akan terasa sangat sulit karena sumber daya dan dana yang terbatas. Oleh karenanya, Anda bisa meminta bantuan dari distributor atau reseller untuk membantu mempromosikan produk Anda.

Tanpa perlu menyewa orang maupun tempat untuk membuka cabang baru, distributor dan reseller akan membantu menjual produk Anda secara cuma-cuma hingga ke penjuru Indonesia.

Di AVANA sendiri, terdapat fitur Reseller Marketplace yang bisa membantu Anda menemukan ribuan calon reseller secara mudah.

Dengan memanfaatkan paket Agent AVANA, Anda sudah bisa memperoleh fitur ini beserta puluhan fitur lainnya dan toko online canggih yang bisa Anda manfaatkan untuk berjualan online secara mudah.

Baca juga : Contoh dan Cara Membuat Logo Kosmetik

Bangun Website E-Commerce

Strategi pemasaran produk kecantikan yang berikutnya wajib Anda terapkan adalah membangun website e-commerce Anda sendiri.

Website e-commerce memungkinkan toko Anda untuk ditemukan oleh calon pembeli melalui Google dan bertransaksi langsung dari website tersebut.

Sebuah website toko online bisa menampilkan foto produk, harga, deskripsi produk hingga berbagai tombol navigasi yang bisa menjelaskan mengenai brand Anda secara lebih lanjut.

Berikut tampilan dari website resmi ahhaofficialstore oleh Atta Halilintar yang menggunakan platform AVANA untuk berjualan.

Katalog produk Ahha Official Store

website toko online gratis

Halaman Produk, pembeli bisa lagsung checkout melalui laman ini.

ahha offial store oleh AVANA

Untuk Anda yang ingin memiliki toko online profesional seperti diatas untuk menjual produk kosmetik Anda, maka Anda bisa memperolehnya secara GRATIS di AVANA.

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Strategi Pemasaran Wardah

strategi pemasaran wardah

Wardah merupakan salah satu brand kosmetik lokal yang sudah jadi langganan kaum hawa di Indonesia. Kira-kira, strategi pemasaran produk kosmetik seperti apa yang digunakan oleh Wardah?

Perluasan Pasar

Pada awalnya, Wardah memang berfokus pada audiens wanita beragama Islam. Namun seiring perkembangan waktu, Wardah mulai mengembangkan produk-produk yang bisa dinikmati oleh semua orang secara universal.

Strategi Diservisikasi

Wardah pun biasanya akan memberikan produk baru khusus bagi pembeli yang baru menggunakan produk wardah. Tujuannya agar mereka mencoba variasi produk-produk wardah dan tertarik untuk membeli jenis produk lainnya ketika melakukan transaksi berikutnya.

Strategi Marketing Mix dalam Strategi Pemasaran Wardah Cosmetics

Marketing mix adalah tool marketing khusus yang dibuat oleh Neil Bordern dan terdiri dari 4P yaitu Product, Place, Price, dan Promotion.

PRODUCT (PRODUK)

Produk wardah sendiri telah mencapai lebih dari 300 jenis yang terdiri dari skin care hingga produk dekoratif. Beberapa produk favorit wardah adalah Lightening Series, Black Optimum Liner, Eye Brow Pencil, Intense Matte Lipstick, dan Exclusive Matte Lip Cream

PRICE (HARGA)

Selanjutnya adalah Price atau harga. Sayangnya, untuk daftar harga kosmetik Wardah tidak bisa ditampilkan karena bersifat sensitif. Namun pada umumnya, produk wardah ditawarkan dengan harga mulai dari belasan hingga ratusan ribu, tergantung pada jenis kosmetik dan volumenya.

PLACE (TEMPAT)

Sementara PLACE berakitan dengan channel distribusi dan penanganan produk wardah hingga kontrol inventaris. Uniknya, channel distribusi Wardah sendiri dimulai dari ibu-ibu pengajian. Teknik ini Wardah lakukan karena memang sesuai dengan nilai-nilai produk wardah yaitu Suci dan Aman.

Olah karena itu sepuluh tahun lalu, Anda akan bisa dengan mudah menemukan produk wardah di tempat media dakwah seperti majelis taklim maupun pengajian wanita muslim.

Baru setelahnya, Wardah mulai menjangkau pasar-pasar lain. Hingga kini, Wardah pun telah berhasil meraih market share sebesar 30%.

PROMOTION (PROMOSI)

Di luar dugaan, sarana promosi Wardah pun berawal dari sistem MLM atau distributor. Di tahun 2000an, media sosial belumlah dimanfaatkan seintens sekarang, sehingga pemasaran dari mulut ke mulutlah yang menjadi sarana pemasaran utamanya.

Dengan mengandalkan seminar-seminar yang merekrut MLM baru, Wardah bisa berkembang pesar hingga mampu menyewa Brand Ambassador dan menjalankan iklan-iklan di TV.

Baca juga : Tutorial Lengkap Memulai Bisnis Kosmetik untuk Pemula

Strategi Pemasaran Produk Emina

strategi pemasaran produk emina

Berbeda dengan Wardah yang berfokus pada pasar muslim, Emina memanfaatkan tema self-love yang sedang berkembang luas di tahun 2015an. Dengan tagline “Born to be Loved”, Emina meluncurkan produk-produk simple dan playful yang tidak menutupi kecantikan alami dari konsumennya.

Nah, itu dia beberapa strategi pemasaran produk kosmetik yang bisa Anda coba terapkan. Sudah siap membawa brand kosmetik Anda ke taraf nasional?

Tags: , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *