Strategi Marketing Instagram Ampuh untuk Tingkatkan Omzet!

June 11, 2021 2:45 pm Published by Leave your thoughts

Seperti yang kita ketahui, Instagram merupakan salah satu media sosial yang terbaik dan menjanjikan untuk mempromosikan bisnis Anda. Instagram cocok sekali dimanfaatkan untuk beragam bidang usaha seperti fashion, makanan, minuman, skincare, dan sebagainya. Dengan fitur yang menarik, Anda bisa banget memanfaatkan Instagram untuk memperluas jangkauan pasar dan tentunya meningkatkan omzet. Namun, harus diikuti dengan strategi marketing Instagram yang tepat ya!

strategi instagram, marketing instagram, cara marketing instagram, cara jualan instagram, marketing online, strategi marketing instagram, belajar instagram marketing
Woman showing an Instagram icon

Untuk mendapatkan hasil terbaik dan maksimal dari Instagram, pastikan Anda memiliki strategi dan eksekusi yang tepat ya! 

Baca juga: 5 Tips Pakai Instagram Stories Buat Promosi Bisnis

Berikut strategi marketing Instagram yang bisa Anda coba untuk bisnis Anda:

-Marketing Instagram: Beralih ke Fitur Akun Bisnis

Hal yang pertama Anda harus lakukan saat marketing Instagram adalah dengan memastikan akun Instagram sudah diubah menjadi akun Bisnis, bukan akun pribadi agar bisa menggunakan fitur lebih maksimal dan lebih profesional. 

-Marketing Instagram: Optimalkan Profil Instagram Bisnis Anda

Strategi marketing Instagram yang pertama Anda perlu lakukan adalah dengan mengoptimalkan profil Instagram bisnis Anda. Apakah username sudah mudah dicari, mudah diingat pelanggan? Jika belum, pastikan Anda mengubahnya ya. Gunakan juga foto profil yang relate dengan bisnis Anda, misalnya logo bisnis, atau foto produk utama Anda. 

Pastikan juga bio Anda menjelaskan bisnis Anda secara singkat, padat dan jelas. Anda juga bisa menggunakan emoji agar bio terlihat lebih menarik. Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan Click to Action (CTA) dengan menaruh link di bio. Contoh, link untuk menuju E-commerce/Social Commerce toko Anda, link menuju WhatsApp dan sebagainya. 

Baca juga: 5 Tips Pakai Instagram Stories Buat Promosi Bisnis

-Belajar Instagram Marketing: Perhatikan Kualitas Konten

Jangan berpikir bahwa konten di media sosial hanyalah promosi produk yang gitu-gitu aja, buat konten selingan dari promosi. Rajin-rajinlah meng-explore Instagram agar menemukan banyak referensi toko online yang profil Instagramnya memiliki banyak followers dan tinggi engagement. Anda bisa membuat perencanaan konten Instagram, jangan hanya mem-posting foto produk saja setiap harinya. Pastikan Anda membuat konten yang juga berkualitas agar calon pembeli pun semakin yakin dengan produk Anda. Contohnya, jika Anda menjual produk makanan sehat, Anda bisa membuat konten tentang bahan-bahan utama yang Anda gunakan untuk memasak masakan tersebut, konten tentang kelebihan jika mengkonsumsi makanan tersebut, konten tebak-tebakan berapa kalori yang ada dalam makanan tersebut, dan sebagainya. Jangan lupa untuk tetap rajin membuat konten feeds dan update konten Instastory setiap hari ya. Anda juga bisa memanfaatkan IGTV dan IG LIVE untuk lebih dekat dengan para followers. Pastikan menggunakan caption yang bagus, hashtag yang tepat dan posting di jam yang tepat juga!

strategi instagram, marketing instagram, cara marketing instagram, cara jualan instagram, marketing online, strategi marketing instagram, belajar instagram marketing
Pile of 3D Instagram Logos

-Adakan Kompetisi/Giveaway

Untuk meningkatkan engagement di Instagram, Anda dapat mengadakan kompetisi atau giveaway. Selain itu, diharapkan kompetisi ini juga dapat meningkatkan followers dan omzet penjualan toko online Anda. 

-Menjalankan Iklan atau Bekerja sama dengan Influencer

Jika strategi marketing Instagram di atas sudah Anda jalankan, Anda bisa lanjut untuk menjalankan iklan Instagram atau pun bekerja sama dengan influencer. Tujuan bekerja sama dengan influencer adalah untuk brand awareness atau memperluas jangkauan pasar agar lebih banyak lagi orang yang tau produkmu. Sedangkan iklan, tidak hanya memperluas jangkauan pasar saja, namun juga dilakukan untuk meningkatkan omzet berkali-kali lipat. Yang perlu diingat, tidak semua orang bisa menjalankan iklan media sosial dengan tepat dan anti boncos ya! 

Baca juga: Facebook Vs Instagram, Platform Mana Yang Cocok Untuk Bisnis Anda?

Itu dia 5 strategi marketing jualan di Instagram yang bisa Anda coba mulai sekarang. Strategi marketing Instagram yang tepat, bisa diikuti juga dengan penggunaan toko online agar hasil lebih maksimal. Ingin membuat website untuk toko online Anda? Gunakan AVANA secara GRATIS dengan mengikuti tahap-tahap berikut!

strategi instagram, marketing instagram, cara marketing instagram, cara jualan instagram, marketing online, strategi marketing instagram, belajar instagram marketing
  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Tags: , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published.