Strategi Ampuh Jualan di Media Sosial

August 13, 2021 12:33 pm Published by Leave your thoughts

Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa saat ini media sosial sudah dijadikan ladang untuk para pelaku bisnis mempromosikan produknya. Setuju nggak? Bukan lagi hanya sebagai media untuk posting foto selfie atau foto liburan, sekarang siapa pun bisa mulai menghasilkan cuan dengan berjualan lewat media sosial. Jadi, nggak hanya brand besar aja ya, yang bisa berjualan lewat media sosial!

Namun, gimana ya strategi jualan di di media sosial yang ampuh? Mengingat saat ini, banyak sekali pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial untuk berjualan sehingga saingannya pun dapat dikatakan sangat banyak. Untuk Anda yang penasaran, simak tips dari AVANA ini yuk!

Buat Konten yang Menarik

Hal yang pertama perlu Anda pastikan agar jualan di media sosial bisa ampuh dalah dengan membuat konten yang menarik. Jika menggunakan foto, pastikan foto yang kAnda gunakan beresolusi tinggi dan menarik untuk diposting di Instagram. Misalnya, Anda menjual produk makanan, pastikan foto yang kamu posting menarik dan menggiurkan calon pelanggan. Atau, jika Anda menjual pakaian, posting foto pakaian yang sedang digunakan oleh model dan foto bagian detail pakaian agar calon pelanggan dapat memiliki bayangan jika pakaian tersebut ia gunakan nantinya. Sampai sini, paham kan?

Oh iya, jangan hanya posting foto produk saja ya. Selingi dengan konten-konten yang menarik, misalnya tips & trick penggunaan produk, behind the scene pembuatan produk, giveaway dan sebagainya ya!

Posting Secara Berkala

Tips kedua ini terkesan sepele, namun sebenarnya sangat penting untuk menjaga “engagement” dengan calon pelanggan. Anda harus aktif di media sosial agar followers Anda “aware” dengan toko online Anda. Anda bisa upload Instastory minimal 1 hari sekali dan feeds 2-3 hari sekali untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Tapi, jangan sampai terlalu sering post dan berakhir spam ya!

Fast Response Terhadap Calon Pelanggan

Jangan sampai deh calon pelanggan kabur karena Anda terlambat balas pesan mereka. Sekalipun calon pelanggan baru hanya bertanya tentang produk Anda, sebisa mungkin tetap membalas pesannya dengan cepat ya. 

Ingat ya, yang jualan di Instagram bukan hanya Anda, ada banyak sekali saingannya saat ini. Jadi, bangunlah komunikasi yang baik dengan pelanggan. 

Rutin Buat Promo

Siapa sih yang nggak suka promo?! Untuk menarik calon pelanggan yang lebih banyak lagi, pastikan Anda rutin membuat promo ya. Promonya bisa beragam, misalnya free ongkir, bonus produk dengan minimal pembelian, potongan harga khusus di minggu gajian, dan sebagainya. 

Anda juga bisa membuat semacam giveaway untuk meningkatkan interaksi di media sosial juga lho! Cara ini terbukti banyak berhasil dilakukan oleh brand-brand yang ada di media sosial.

Manfaatkan Fitur yang Ada

Terakhir, Anda juga perlu memanfaatkan fitur Instagram yang ada untuk memaksimalkan jualan Anda. Misalnya, fitur Instagram Live, fitur polling, question box, reels, Facebook Live, hingga fitur yang paling menarik dan perlu dicoba, yaitu Instagram Shopping, WhatsApp Commerce, Facebook Shopping. Dengan fitur ini, pelanggan tak perlu lagi keluar dari aplikasi Instagram untuk berbelanja produk. Pelanggan bisa melihat katalog, memesan hingga checkout dalam aplikasi Instagram saja! Mudah banget kan? 


Tapi sayangnya, nggak semua orang nih sudah paham dan dapat menggunakan fitur Instagram dan Facebook Shop ini. Anda bisa menggunakan bantuan dari AVANA untuk mengintegrasikan katalog produk di website jualanmu ke Instagram maupun Facebook Shopping! AVANA juga menawarkan beragam fitur menarik yang bisa Anda gunakan untuk berjualan online dengan harga terjangkau. Tertarik?

Jika Anda adalah pemilik bisnis dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang fitur WhatsApp Commerce, Instagram Shopping dan Facebook Shop, isi form ini yuk! AVANA akan membantu bisnis Anda agar lebih efektif dan berkembang lagi.

Tags: , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *