Social Media Commerce Untuk Bangun Bisnis dan Brand

November 6, 2019 11:07 am Published by 3 Comments
Dalam industri 4.0 tentu saja sekarang zamannya berbisnis dengan menggunakan social media commerce, tapi tahukah kamu bahwa membangun brand juga penting?

Hello kolega AVANA, tahukah kamu sekarang zamannya berbisnis online dan membangun brand -dengan website? kenapa tidak marketplace? Berbisnis dengan menggunakan marketplace harus dituntut untuk bisa lebih unik Tidak hanya itu banting-bantingan harga terjadi di Lalu apa bedanya jika berjualan dengan Social Media Commerce ?

Social media commerce didefinisikan sebagai bagian dari e-commerce yang melibatkan penggunaan media sosial yang mendukung interaksi sosial dan kontribusi pengguna dalam membantu proses pembelian barang atau jasa secara online. Jadi secara singkatnya, social mediacommerce menggunakan semua elemen media social sebagai lapak untuk menjual barang atau jasa.

Diera bisnis 4.0 tentu saja segala aktivitas audience sangat bergantung pada Internet. Dengan lebih dari 80% audience Indonesia selalu mengecek ponsel serta melihat toko online. Jika kamu memiliki jiwa pengusaha tentu saja bisa memanfaatkan peluang tersebut sebagai ladang uang. Namun hal pertama yang harus di lakukan yaitu dengan membangun brand.

Kenapa Harus Membangun Brand?

Contohnya kamu ingin berbisnis ayam geprek, bisnis ayam geprekmu dibuat dengan bahan-bahan serta citarasa yang beda dari ayam geprek lainnya. Jika bisnismu ingin antimainstream tentu saja membutuhkan brand. Brand sendiri tak hanya merupakan merk, karena bisa dibilang brand merupakan satu kesatuan yang terintegrasi dari produk yang ditawarkan. Branding yang konsisten dan strategis mengarah pada ekuitas merek yang kuat, yang berarti nilai lebih untuk produk kamu dibandingkan produk tanpa brand. Contoh paling jelas dari hal ini adalah Coke vs soda generik. Karena Coca-Cola telah membangun ekuitas merek yang kuat, Coca-Cola lebih popular dan dikenal oleh seluruh audience di seluruh dunia.

Nilai tambah intrinsik untuk ekuitas merek sering kali datang dalam bentuk persepsi kualitas atau ikatan emosional. Sebagai contoh, Nike mengaitkan produknya dengan atlet bintang, berharap pelanggan akan mentransfer keterikatan emosional mereka dari atlet ke produk. Bagi Nike, bukan hanya fitur sepatu yang menjual sepatu, namun keterikatan antara brand mereka dengan audience harus tetap terjalin.

Bahkan untuk produk lokal lainnya yang memiliki branding yang kuat seperti Aqua, Teh Botol Sosro, Oskadon dan Rinso yang melekat di hati audience memberikan impact yang sangat besar bagi keseharian masyarakat Indonesia. Contohnya dalam keseharian kita, jika membeli air mineral di toko, tentu saja 70% masyarakat Indonesia akan menyebutkan Aqua padahal merk yang di berikan bukan Aqua. Kenapa hal itu terjadi? Yupss karena BRANDING! Lalu bagaimana caranya membangun branding yang kuat?

1. Buatlah Logo Brandmu Untuk Social Media Commerce

Logo adalah symbol pertama yang terlintas di benak audience saat mendengar nama brand. Logo sendiri sebenarnya adalah simbol atau lambang khusus, yang mewakili perusahaan atau sebuah organisasi. Nah, biasanya logo memiliki arti dan makna tertentu.

Logo juga berfungsi mengingatkan audience mengenai bisnis yang kita miliki. Logo juga biasanya dibuat unik dan tidak sama satu dengan lainnya, karena logo berfungsi sebagai identitas bisnis.

2. Tunjukan Keunggulan Bisnismu

Terjun di dunia social media commerce berbeda dengan terjun di dunia marketplace. Di dunia social media commerce tentu saja kamu harus punya orisinilitas serta ciri khas yang membedakan antara brandmu dengan brand lainnya. Orisinilitas inilah yang menbuat brandmu akan semakin dikenal orang.

3. Lakukan Brand Startegi Marketing Social Media Commerce

Strategi marketing yang tepat untuk mempromosikan brandmu sangat di perhitungkan, content harus dibuat sangat berkualitas dan kreatif. Tanpa content yang menarik maka audience tidak mungkin akan melirik lapak bisnismu. Contohnya dalam pembuatan tagline, bisnismu tentu memerlukan tagline

Tagline perusahaan yang menarik seharusnya memiliki keunikan tersendiri yang membedakannya dengan kompetitor. Untuk menghasilkan keunikan maka diperlukan kreativitas yang tinggi. Jadilah kreatif dan hindari pernyataan-pernyataan yang tidak memiliki arti. Jangan sekali-kali Kamu meniru tagline perusahaan lain karena akan menurunkan brand image di mata konsumen.

4. Bentuk Persepsi Untuk Brand Bisnis Kamu di Social Media Commerce

Persepsi yang dapat kamu bangun tergantung pada misi perusahaan kamu, target audiens, dan juga industri. Persepsi ini dapat digunakan untuk cara kamu berkomunikasi dengan pelanggan kamu, dan bagaimana mereka menanggapi kamu. Sebuah persepsi di suatu bisnis bisa berupa:

  • Ramah
  • Informatif
  • Murah
  • High Class
  • Aman
  • Tahan lama / tidak mudah rusak

Ingat kembali Apple, Apple selalu memberikan persepsi bahwa pengguna mereka adalah orang-orang para seniman yang mencintai dan memahami seni, biskuit Roma dibangun dengan presepsi ramah dan kekeluargaan, LV atau Louis Vuitton yang di bangun dengan presepsi limited edition dan high class.

Jadi persepsi apa yang kamu ingin bangun?

5. Belajar dari Kompetitor

Kompetitor tentu saja mempunyai peran yang besar untuk bisnis kamu. Dengan belajar dari kompetitor maka kamu bisa mengetahui strategi yang tepat untuk bisnismu. Seraplah hal-hal yang positif dari kompetitor dan lampaui mereka dengan ide-ide brilianmu, maka kompetior akan menjadi sumber motivasi kuat agar kamu bisa mencapai kesuksesan dalam membangun brandmu.

Jika semua point di atas kamu miliki namun tidak dengan manajemen social media commerce yang baik maka semuanya akan sia-sia, maka dari itu AVANA sebagai social media commerce yang akan membantu kamu dalam memasarkan produk bisnis dengan mudah. Kenapa AVANA?

Karena hanya dengan AVANA produk yang akan kamu jual dapat terintegrasi ke seluruh media sosial ternama, seperti facebook dan Instagram hanya dengan 1 dashboard, waw banget kan? Selain itu terdapat fitur comment auto buy di Instagram sehingga akan memudahkan kamu dalam mengatur toko onlinemu.

Tidak perlu menggunakan banyak admin, banyak hanphone bahkan membalas pesan audience yang tiap harinya menanyakan hal yang sama kan cape banget,

Dengan fitur auto reply kamu tidak perlu lagi mengeluarkan tenaga untuk membalas semua pesan audience karena semuanya telah di rancang oleh AVANA secara otomatis, tunggu apalagi, sesuksesan ada di depan mata dengan mengonlinekan bisnismu bersama AVANA sekarang juga

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by adminuser

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *