Social Commerce Jualan di Media Sosial

December 16, 2019 1:34 pm Published by 1 Comment
Social commerce adalah media untuk kegiatan jual beli di media sosial. Disini penjual bisa menjual cepat produknya hanya di akun media sosial mereka.

Perkembangan teknologi semakin hari semakin berkembang dengan pesat. Hal ini tentu memicu perubahan dan kemajuan di beberapa sektor seperti pendidikan, transportasi, dan bisnis. Salah satu bukti kemajuan teknologi di bidang bisnis adalah keberadaan social commerce. Social commerce adalah media untuk kegiatan jual beli di media sosial. Disini penjual bisa menjual cepat produknya hanya di akun media sosial mereka. 

Social commerce memiliki peranan penting dalam perubahan bertransaksi digital di Indonesia. Hal ini dikarenakan platform social commerce dapat digunakan sebagai jalan menuju Indonesia Go Digital di industri 4.0 ini. Selain itu, social commerce juga dapat dijadikan alternatif untuk menghindari biaya tinggi dari iklan offline. 

Keberadaan social commerce tentunya sangat mendorong para pelaku pengusaha dalam memasarkan produknya secara online. Apalagi raksasa media sosial seperti Facebook dan Instagram kini sedang terus mengkreasikan fitur “Shop”. Fitur ini menunjang pengusaha menjual produk dan menampilkan harga produknya di gambar produk. 

Facebook Page Shop

Facebook Page Shop memungkinkan pengguna Facebook yang memiliki usaha berjualan lewat Page Facebook mereka. Fitur ini sangat cocok untuk penjual barang eceran atau paketan. Facebook Page Shop Juga bisa dijadikan sebagai alat untuk membangun brand, meskipun tidak akan sebesar di Website. Anda bisa menjual barang berupa pakaian, aksesoris, keperluan rumah tangga, dan perlengkapan bayi. Tapi tidak menutup kemungkinan juga Anda bisa menjual barang lain. 

Kelebihan Jualan dengan Facebook Page Shop

Facebook Page Shop memiliki fitur tertentu untuk berjualan online. Ada beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika berjualan dengan Facebook Page Shop, diantaranya:

  1. Terdeteksi oleh Mesin Pencarian. Google sangat ketat dan lebih memilih bisnis yang terpercaya oleh SERP. SERP adalah daftar halaman yang ditampilkan oleh search engine atau mesin pencari terhadap query atau kata kunci tertentu. 
  2. Laporan Bisnis. Facebook Page Shop menyiapkan semua metrik dari kegiatan penjualan Anda. Hal ini dapat dijadikan bahan evaluasi bagi bisnis Anda kedepannya. 
  3. Lebih Profesional. Facebook Page Shop memberikan informasi detail mengenai usaha Anda mulai dari jenis bisnis sampai nomor telepon bisnis. Disini juga, Anda bisa menambahkan deskripsi singkat (profil) bisnis.

Meskipun seperti itu, berjualan di Facebook Page Shop memiliki kelemahan tersendiri seperti:

Kekurangan Jualan dengan Facebook Page Shop

  1. Facebook Page Shop tidak bisa mengukur audience asli dan impresi yang nyata pada postingan Anda. Jadi, tidak semua orang yang melihat produk di Page Anda adalah orang yang tertarik dengan produk Anda. 
  2. Facebook Page Shop tidak akan menyaring komentar negatif dan positif dan kemungkinan menjadi spam. Anda harus 24/7 juga mengawasi setiap komentar masuk ke Page Shop Anda.
  3. Meskipun pelanggan dapat memilih produk dan melihat langsung harga yang nampak di Page Shop, namun tidak menutup kemungkinan mereka akan mengalami kesulitan ketika akan membayar. Mereka akan diarahkan ke laman lain atau nomor pemilik. 

Tidak jauh berbeda dengan Facebook, saudaranya yaitu Instagram juga memiliki fitur Shop. Fitur ini baru diluncurkan beberapa waktu lalu.

Instagram Shopping

Belanja Instagram menyediakan etalase yang memikat bagi bisnis Anda sehingga orang bisa menjelajahi produk unggulan Anda. Dengan fitur Belanja Instagram, Anda bisa menunjukkan produk unggulan melalui postingan dan Cerita organik Anda, atau memperkenalkan produk melalui Cari & Jelajahi.

Saat seseorang mengetuk label produk pada postingan atau stiker produk di cerita Anda, dia akan diarahkan ke halaman deskripsi produk yang berisi:

  • Gambar produk dari postingan Anda
  • Deskripsi produk
  • Harga produk
  • Tautan yang mengarahkannya langsung ke situs web Anda, tempat dia dapat membeli produk itu

Kelebihan Jualan dengan Instagram Shopping

Ada beberapa kelebihan menggunakan Instagram Shopping dan sangat menguntungkan pengusaha online seperti:

  1. Tidak berbayar
  2. Memudahkan pelanggan melihat harga secara langsung di gambar
  3. Membangun kepercayaan lebih kepada pelanggan 

Namun, harus diperhatikan juga bahwa Instagram Shopping ini juga punya kekurangannya.

Kekurangan Jualan dengan Instagram Shopping

Berikut adalah kelemahan berjualan dengan Instagram Shopping:

  1. Akun Anda tidak akan langsung aktif karena Instagram akan melakukan peninjauan terlebih dahulu
  2. Bisnis Anda harus berlokasi di pasar yang mendukung

Social Commerce AVANA

Terlepas dari Facebook dan Instagram yang memiliki fitur pendukung berjualan, AVANA sebagai social commerce juga tak kalah menarik. 

AVANA mengintegrasikan website Anda ke media sosial dengan instan. Media sosial Anda dapat menjadi tempat berbelanja yang bisa langsung checkout dan bayar disana tanpa harus keluar dari laman media sosial. Sistem kerja AVANA sebagai social commerce sama persis seperti Facebook dan Instagram Shopping. 

Anda bisa berjualan apapun dengan AVANA. Ribuan produk bisa Anda upload semaunya tanpa ada batasan. Foto produk yang Anda upload tersebut secara otomatis tampil di website dan media sosial Anda. Anda juga tidak perlu khawatir soal mengurus orderan yang masuk baik di website ataupun di media sosial. Dengan fitur manajemen order AVANA rekapan pesanan barang secara langsung akan teratur dan Anda juga bisa menentukan status pembayaran apakah pelanggan Anda telah bayar atau belum, barang sudah dikirim atau belum. 

4 langkah mudah media sosial Anda bisa jadi tempat jualan keren dengan AVANA:

  1. Daftar ke www.avana.id dengan menggunakan akun Facebook aktif Anda
  2. Isi beberapa informasi umum seperti nama toko, alamat toko, dan nomor Hp
  3. Upload produk dari dasbor AVANA 
  4. Atur tampilan untuk website Anda, dan bagikan link toko media sosial atau website Anda 

Ada banyak social media commerce yang bisa Anda coba untuk mengembangkan usaha dan bisnis Anda, namun dengan AVANA Anda bisa mendapatkan berlipat keuntungan ketika berjualan online. Rasakan kemudahan berjualan online bersama AVANA!

Tags: , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.