SEO VS SEM, Manakah Yang Lebih Baik Untuk Bisnis Anda?

October 10, 2019 10:30 am Published by 2 Comments
Meskipun SEO dan SEM memiliki fungsi yang sama, namun keduanya memiliki perbeda yang cukup besar, sebagai seorang pebisnis tentu saja Anda harus tahu kan?

Seperti yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya tentu saja Anda sudah mengetahui apa itu SEO dan apa kegunaanya untuk berbisnis online yang berbasis website. SEO dan SEM keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu untuk meningkatkan traffic website, namun tahukah Anda meskipun SEO dan SEM memiliki fungsi yang sama, mereka tentunya memiliki peerbedaan.

Apa itu Search Engine Optimization (SEO)?

SEO atau Search Engine Optimization SEO (Search Engine Optimization) adalah strategi pemasaran online yang bertujuan untuk menampilkan website Anda di halaman pertama hasil pencarian untuk kata kunci pilihan Audience dengan cara yang organik.Tentu saja untuk membuat hal itu terjadi, Anda membutuhkan strategi yang tepat agar audience dapat menemukan produk Anda.

Industri SEO terus berubah karena perubahan yang sering dilakukan pada algoritma Google. Tapi, ada satu aspek SEO yang tetap konstan: SEO terdiri dari aktivitas On-Page dan Off-Page dan Technical SEO

On-page SEO adalah startegi untuk memasarkan produk anda dengan memaksimalkan konten Anda agar dapat di kenali oleh search engine. Off-page SEO adalah cara mendapatkan backlink dari situs lain, sedangkan Technical SEO adalah  proses untuk mengoptimalkan website atau situs Anda pada fase crawling dan indexing.

Apa itu Search Engine Marketing (SEM)?

SEM pada umumnya menggunakan fitur yang canggih.Jika menggunakan SEO Anda harus mengatur beberapa pengaturan yang ada di website,namun dengan menggunkan SEM Anda tidak perlu lagi menggunakn settingan yang bersifat umum.

SEO meningkatkan jumlah pengunjung website dengan membuat web itu muncul di peringkat tertinggi pada halaman hasil pencarian di search engine. SEM lebih besar jangkauannya, dianggap sebagai pemasaran pada internet yang meningkatkan visibilitas web lewat hasil search engine organik dan juga lewat iklan.

Dengan menggunakn fitur iklan Anda tidak usah khawatir dengan peningkatan website yang barus ditunggu beberapa minggu bahkan beberapa bulan. Dengan menggunakna strategi SEM maka Anda mendapatkan slot untuk menjadikan postingan Anda berada di tangga search engine dengan mudah.

SEO dan SEM, Antara Berbayar VS Gratis

Nyatanya SEO dan SEM tidak bisa serta merta di bandingkan menjadi dua buah objek yang berbeda. Pertimbangkan anggaran Anda. Jika Anda tidak memiliki cara untuk membayar kampanye PPC atau CPC (yang bisa mahal), maka gunakanlahSEO. Kebutuhn bisnis Anda tergantung dari seberapa besar budget yang Anda punya.

Jika Anda memiliki kelonggaran budget, iklan berbayar patut dicoba. Karena perbaikan dilakukan untuk algoritma mesin pencari secara terus-menerus, pemakaian fitur SEO harus dicoba sedetail dan akurat mungkin. Konten yang berkualitasharus diketahui sisi kebutuhan dari konsumen apalagi jika algoritma search engine berubah. Disisi lain SEM tidak terkalahkan terhadap pembaruan, dan akan mempertahankan bentuk aslinya selama seluruh umurnya.

Jangka Pendek atau Jangka Panjang?

Memutuskan untuk menggunakan fitur SEO atau SEM untuk bisnis Anda tentu saja berada di tangan Anda, baik jangka panjang maupun jangka pendek. Anda juga harus bisa mengatur budget yang ada di dalam bisnis Anda. Apakah modal bisnis Anda sudah stabil? atau Adakah budget lebih sehingga bisa beriklan secara premium?

Untuk jangka pendek, disarankan agar Anda menggunakan SEM karena Anda tentu saja akan mendapatkan hasil yang diinginkan secara instant. Di sisi lain SEO lebih baik untuk jangka panjang. Karena keterlibatan waktu, danpemilihan keyphrase, konten yang berada di website Anda haruslah memiliki kualitas.

Menggunakna strategi SEO tentu saja akan memakan waktu yang cukup lama, terlebih lagi mungkin Anda akan tersisih oleh kompetitor Anda, namun dengan strategi SEO anda akan jauh lebih mengenali apa yang audience atau konsumen inginkan.

Jadi Mana Yang Lebih Tepat Untuk Bisnis Anda? SEO atau SEM?

Jadi, bagaimana dong? Jalankan keduanya secara beriringan atau bersamaan. SEO dan SEM sama-sama penting untuk membangun bisnis Anda. Tidak hanya itu Anda harus bisa mengatur dengan baik strategi apa yang akan Anda jalankan agar bisnsi anda berkembang dan bisa sukses.

Namun jika anda merasa bingung, AVANA akan senantiasa memberikan bimbingan bagi siapapun pebisnis yang akan merisntis bisnsisnya. Dengan memberikan pelatihan digital marketing serta memberikan fitur-fitur yang canggih untuk kelengkapan bisnis Anda, maka SEO atau SEM bukan masalah lagi.

Ayo Onlinekan Bisnismu Sekarang!

Tags: , , , , , , , , , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Cornelia Lyman

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *