Harbolnas: Sejarah dan Fakta Unik Dibaliknya

December 10, 2019 3:29 pm Published by Leave your thoughts
Harbolnas adalah hari belanja online nasional yang punya cerita dan sejarah unik dibaliknya. Faktanya harbolnas diadaptasi dari Black Friday

Bulan Desember adalah bulan yang sangat ditunggu-tunggu dan disenangi. Pada bulan ini ada banyak momen yang wajib diikuti, misalnya Natal, libur tahun baruan, dan libur panjang anak sekolah. Tapi selain itu, masih ada satu lagi tanggal yang dinantikan semua orang, yaitu Harbolnas. Harbolnas singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Pada hari ini hampir semua situs jualan online mengeluarkan promo gila-gilaan untuk menarik pelanggan. Sebenarnya, dari mana sih sejarah Habolnas? Keunikan apa saja yang ada pada Harbolnas? Lalu bagaimana cara menyikapi Harbolnas dengan bijak? Simak penjelasan sejaran harbolnas, fakta harbolnas, dan cara menyikap Harbolnas.

Sejarah Harbolnas

Sejarah Harbolnas di Indonesia dimulai saat e-commerce bermunculan pada tahun 2012 lalu. Di Indonesia, Harbolnas dimulai pada tanggal 12 Desember 2012. Tanggal ini dipilih agar lebih gampang diingat oleh masyarakat. Sebetulnya, konsep ini didasari oleh budaya dari luar. Bangsa Amerika, Kanada, Jerman, dan Inggris telah menciptakan promosi habis-habisan untuk belanja online yang disebut Cyber Monday. Cyber Monday ini sesungguhnya merupakan acara dari Black Friday. Kegiatan ini diselenggarakan setelah acara Thanksgiving. Orang-orang akan mengantri panjang untuk mendapatkan barang dengan harga sangat miring di acara Black Friday. Pertokoan juga akan buka lebih pagi supaya bisa menjerat pelanggan lebih banyak.

Fakta Unik Harbolnas

Dibalik indahnya Harbolnas yang diagungkan oleh semua orang, ternyata Harbolnas menyimpan sejumlah fakta unik yang jarang orang ketahui. Berikut fakta unik Harbolnas:

  • Banyak Orang yang Rela Bergadang

Beberapa pertokoan offline dan online banyak meluncurkan diskonan tepat di pukul 12 malam. Server toko online sering kali down karena terlalu banyak orang yang melakukan checkout dalam satu waktu. Akhirnya tak sedikit pula orang yang rela tidak tidur demi bisa mendapatkan barang yang diinginkannya tepat di jam 12 malam.

  • Hari Belanja Produk Lokal

Barang yang dijual pada Harbolnas adalah barang lokal. Ajang ini bisa dijadikan pengusaha lokal untuk menjual dan mempromosikan produknya. Jarang sekali atau bahkan tidak ada produk luar yang dijual di Harbolnas dikarenakan pajak dan harga barang yang mahal.

  • Didominasi oleh Pria

Siapa bilang kaum pria tidak suka berbelanja, nyatanya pada Harbolnas justru kaum pria lebih mendominasi. Faktanya, ada 53% konsumen pria yang turut memeriahkan Harbolnas.

  • Air Mata Setelah Belanja

Perilaku konsumtif pada Harbolnas jelas adanya. Sadar atau tidak, pasti diantara Anda akan membeli produk yang diinginkan dan bukan yang dibutuhkan. Harga yang sangat miring akan membuat Anda tergiur untuk berbelanja barang yang sekiranya tidak terlalu dibutuhkan. Makannya, akan ada rasa menyesal “kok aku beli ini yaa”.

Cara Bijak Menyikapi Harbolnas

Agar tidak kalap saat Harbolnas datang menghandang, berikut ini ada cara bijak menyikapi Harbolnas agar dompet Anda tidak terlalu banyak terkuras.

Yang pertama, pilih barang yang sangat Anda perlukan. Jangan terburu-buru untuk membeli barang yang ada di Harbolnas. Jangan biarkan hasrat tersebut membuat Anda terlalu terburu-buru dalam menentukan barang apa saja yang perlu Anda beli saat Harbolnas. 

Yang kedua, jeli melihat produk. Meskipun Anda membeli produknya secara online, pastikan Anda tidak membeli produk yang zonk. Baca ulasan dan feedback dari pembeli sebelumnya. Jangan salah kaprah. Produk ori atau premium pasti akan jauh lebih mahal, bahkan ketika diberikan diskon barang tersebut masih akan tetap mahal. Jadi jangan terkesima bahwa itu adalah barang ori yang murah karena didiskon. 

Yang ketiga, siapkan metode pembayaran, baik itu transfer bank atau mobile banking. Jika Anda punya kartu kredit, carilah berbagai promo menarik yang biasanya diberikan oleh bank. Bahkan Anda juga bisa kredit barang yang diinginkan jika toko atau penjualnya menyediakannya.

Harbolnas adalah budaya adaptasi dari luar yang telah menjadi sebuah tradisi wajib bagi Anda sekarang. Ada banyak fakta unik dan sejarah Harbolnas dibaliknya seperti banyak orang yang rela tidak tidur untuk menanti sang Harbolnas sampai ada air mata penyesalan setelah belanja online di Harbolnas. Anda boleh belanja banyak di Harbolnas tapi harus cermat dan bijak ya..


Tags: , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published.