Psst..Ini 5 Cara Promosi di Facebook Gratis

December 14, 2020 2:06 pm Published by Leave your thoughts

Facebook sebagai salah satu media sosial terbesar di dunia telah digunakan oleh lebih dari 2,7 miliar orang. Bayangkan jika Anda bisa mempromosikan produk Anda kepada mereka semua. Ini dia 5 cara promosi di Facebook gratis yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan penjualan Anda.

Buat Halaman Facebook

cara-promosi-di-facebook-gratis

Dengan membuat halaman Facebook, Anda bisa mempromosikan merk, jasa, maupun produk Anda kepada miliaran pengguna Facebook. Di halaman Facebook, Anda bisa memasang kategori bisnis, link website, deskripsi bisnis, foto profil hingga logo bisnis Anda.

Apabila pengguna Facebook mencari nama bisnis Anda di kolom ‘seach’ atau mengetik kata kunci tertentu, maka halaman Facebook Anda bisa muncul. Hal ini tentunya akan berpengaruh kepada brand awareness dan meningkatnya penjualan.

Uniknya, halaman Facebook juga bisa Anda gunakan untuk berjualan, lho. Caranya cukup hubungkan website Anda dan halaman Facebook Anda. Namun sayangnya, tidak semua website menyediakan fitur ini.

Di AVANA, website Anda bisa terhubung langsung dengan website toko online Anda. Dapatkan website toko online beserta puluhan fitur canggih lainnya secara GRATIS dengan daftar di AVANA melalui link ini.

Bergabung dengan Grup Facebook

cara-mempromosikan-halaman-fb-gratis

Cara promosi produk di Facebook gratis berikutnya adalah dengan bergabung di grup Facebook. Di Facebook sendiri, ada ribuan grup Facebook yang dibedakan berdasarkan industri, profesi, minat dan lain sebagainya.

Anda bisa bergabung dengan grup yang memiliki bidang yang sama dengan Anda. Misalnya jika Anda menjual produk fashion (baju, hijab, sepatu dst), maka Anda bisa bergabung dengan grup yang berhubungan seperti di bawah.

cara-mempromosikan-halaman-facebook-secara-gratis

Untuk bisa bergabung dengan grup di Facebook, Anda hanya tinggal mengklik tombol grup di bagian atas (paling kiri), lalu ketik kata kunci di bagian search. Klik tombol bergabung.

Metode ini juga bisa menjadi salah satu cara mempromosikan halaman fb gratis. Hal yang harus Anda perhatikan adalah jangan langsung menjual produk Anda secara hardsell.

Bagikan informasi dan saran yang bisa membantu anggota grup. Jika mereka merasa Anda memiliki kualifikasi yang baik, maka brand Anda juga akan lebih dikenal. Cara promosi di Facebook gratis ini tidak bisa langsung membawa konversi (penjualan produk) namun lebih kearah pengenalan brand terlebih dahulu.

Buat Event di Facebook

cara-mempromosikan-halaman-fb-tanpa-bayar

Cara mempromosikan halaman facebook secara gratis berikutnya adalah dengan membuat event di Facebook mula dari Webinar, acara penghargaan, dan lain sebagainya.

Selain bisa meningkatkan like fanpage Anda, Anda juga bisa memperoleh data peserta event yang dapat digunakan untuk campaign-campaign Anda berikutnya, misalnya melalui EDM (Email Direct Marketing).

Cara promosi di Facebook gratis dengan mengadakan event pun cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  • Klik menu Acara di sebelah kiri
  • Klik + Buat Acara Baru
  • Klik Acara Publik, lalu klik Berikutnya.
  • Isi nama, lokasi, tanggal, dan deskripsi acara.
  • Isi kata kunci tentang event Anda agar lebih mudah ditemukan oleh orang lain. (Misalnya, jika Anda mengadakan Webinar tentang kesehatan, maka Anda bisa mengisi kata kunci Webinar Kesehatan).
  • Terakhir, klik Buat.

Nah, itu dia cara mempromosikan halaman fb gratis dengan mengadakan event. Cukup mudah, bukan?

Ajak Kenalan Anda

cara-promosi-produk-di-facebook-gratis

Hal ini mungkin terkesan mudah, tapi banyak orang yang tidak melakukannya. Setelah Anda membuat halaman Facebook, minta anggota tim, pelanggan hingga teman Anda untuk ikut membagikan halaman Facebook Anda.

Bagaimanapun, Word of Mouth Marketing masih menjadi salah satu metode terbaik untuk melakukan promosi secara gratis.

Gunakan Media Lain

cara-mempromosikan-halaman-fb-gratis

Setelah Anda membuat halaman facebook Anda, terdapat berbagai cara mempromosikan halaman fb tanpa bayar. Salah satunya adalah dengan menggunakan media sosial seperti Instagram atau Twitter.

Di Instagram, Anda bisa membuat Instastory atau postingan yang mengungkapkan bahwa brand Anda telah memiliki halaman Facebook yang bisa dicek oleh pelanggan Anda.

Selain Facebook, Instagram juga menjadi salah satu media promosi online gratis yang sangat berpotensi. Cek 5 cara promosi Instagram gratis ini!

Itu dia beberapa cara promosi di Facebook gratis maupun cara mempromosikan halaman Facebook secara gratis yang bisa Anda coba terapkan.

Di zaman sekarang ini, promosi melalui media sosial jadi hal yang wajib Anda lakukan untuk bisa bersaing dengan kompetitor, salah satunya adalah melalui Facebook. Yuk, bawa bisnis Anda ke titik yang lebih tinggi lagi. Selamat berjuang!

Bagi Anda yang belum memiliki website toko online untuk berjualan, dapatkan GRATIS SELAMANYA sekarang juga.

Cukup 5 menit : 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online Gratis”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Upload Produk Pertama Anda.
  6. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Rekomendasi Artikel :

Tags: , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published.