PPKM Darurat, Simak Strategi Bisnis yang Wajib Dilakukan

July 9, 2021 4:43 pm Published by Leave your thoughts

Presiden Joko Widodo kembali memberlakukan aturan pembatasan sosial yang kini disebut Penerapan Pemerlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. PPKM resmi dimulai selama dua pekan, yaitu sejak 3 Juli 2021 hingga 20 Juli 2021 mendatang. Hal ini dilakukan untuk menekan penyebaran virus COVID-19 yang tak kunjung menurun. Peraturan ini diterapkan di Pulau Jawa dan Bali dengan target penurunan konfirmasi kasus positif COVID-19 sebanyak 10.000 kasus. 

Dengan kebijakan ini, banyak pihak yang harus memutar otak agar tetap dapat bertahan. Salah satunya adalah para pemilik bisnis. Nah, gimana sih strategi tepat agar bisnis tetap bertahan dimasa PPKM Darurat ini? Simak dalam artikel berikut ini ya:

Strategi Bisnis: Perhatikan Keuangan Bisnis

Jika selama PPKM Darurat ini pendapatan menurun, perhatikan lebih detail keuangan bisnis Anda. Uang masuk, uang keluar, wajib diperhatikan. Anda juga bisa memotong pengeluaran yang tidak diperlukan atau tidak urgent dalam waktu dekat. Lakukan evaluasi kembali arus kas keuangan dan cari tahu pengeluaran mana yang dapat dipotong agar kerugian tidak terus bertambah. 

Baca juga: Manfaat WhatsApp Commerce Sebagai Channel Penjualanmu

ppkm darurat, strategi marketing, strategi bisnis, strategi hadapi ppkm

Strategi Bisnis: Berikan Layanan Terbaik

Usahakan untuk terus mencari pelanggan-pelanggan baru dengan memberikan layanan dan produk terbaik, juga tetap menjaga hubungan baik dengan pelanggan pelanggan lama Anda. Misalnya, dengan memberikan diskon, promo gratis ongkir dan sebagainya. 

Tingkatkan Promosi Digital

Melalui promosi digital, pemilik bisnis dapat memudahkan penjualan produk dan jasa. Beberapa strategi promosi digital yang bisa Anda optimalkan adalah melalui media sosial, iklan digital, bekerja sama dengan content creator, melakukan endorse dan sebagainya. 

ppkm darurat, strategi marketing, strategi bisnis, strategi hadapi ppkm

Lakukan Inovasi

Jangan ragu untuk terus melakukan beragam inovasi dan memanfaatkan peluang yang baru. Misalnya, menjual produk yang banyak dicari orang di masa pandemi ini seperti masker atau hand sanitizer. 

Baca juga: Ini Aturan PPKM Darurat Yang Perlu Anda Tahu

Tambah Jalur Distribusi Penjualan

Jika sebelumnya Anda hanya berjualan di toko atau hanya berjualan online di satu channel penjualan saja, ini saatnya Anda menambah jalur distribusi penjualan Anda untuk memperluas target pasar. Anda bisa memanfaatkan platform Social Commerce. 

ppkm darurat, strategi marketing, strategi bisnis, strategi hadapi ppkm

Social Commerce adalah sebuah platform jualan online yang dapat terintegrasi langsung dengan beragam media sosial. Salah satu Social Commerce yang bisa Anda gunakan adalah AVANA. AVANA dilengkapi puluhan fitur canggih yang dapat memudahkan aktivitas penjualan online Anda. 

Saat ini, mungkin masih banyak orang yang merasa kesulitan membuat Social Commerce atau website bisnis online karena terhalang biaya pembuatan yang cukup mahal, atau minimnya informasi tentang cara membuat website bisnis online. Disini, AVANA bisa membantu Anda membuat website bisnis online secara mudah dan pastinya gratis! Yuk, ikuti langkah berikut ini:

ppkm darurat, strategi marketing, strategi bisnis, strategi hadapi ppkm
  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *