Perbandingan Pakai Rekening Bersama atau Rekening Pribadi

August 11, 2020 2:53 pm Published by Leave your thoughts
rekening bersama

Bagi pemilik bisnis online, keberadaan rekening sebagai saluran untuk transfer pembayaran transaksi menjadi hal yang sangat dibutuhkan. Namun tidak sebatas rekening pribadi pemilik, penggunaan rekening bersama juga semakin banyak diminati. Apa bedanya rekening bersama dengan rekening pribadi? Bagaimana juga perbandingannya? Cek bahasan berikut.

Definisi Rekening Bersama

Bagi yang menggunakan platform jual beli online, pemakaian rekening bersama tampaknya sudah cukup familiar. Definisi rekening jenis ini adalah layanan rekening yang menampung dana transaksi jual beli online. Jadi, rekening bersama berfungsi sebagai perantara yang menjembatani transaksi antara penjual dengan pembeli.

Keuntungan Pakai Rekber

Mengingat penipuan bisa dilakukan dengan mudah dalam transaksi online, adanya rekening bersama diharapkan bisa mengurangi risiko tersebut.

Rekening bersama juga melayani pembayaran beda bank. Jika Bank pembeli dan penjual beda, biasanya pembeli enggan melakukan transaksi, maka dengan menggunakan jasa rekening bersama masalah tersebut dapat teratasi. Apalagi biasanya pihak penyedia RekBer tidak memungut biaya transfer beda bank, tidak seperti jika pembayaran melalui transfer langsung. Pembeli atau penjual biasanya hanya dikenakan biaya penggunaan jasa rekening bersama yang murah.

Jumlah penyedia jasa ini juga banyak, terutama di forum jual-beli sehingga pengguna dapat dengan mudah dan memilih dan menentukan RekBer mana yang akan digunakan. Penggunaan rekening bersama juga memudahkan bantuan pelacakan terhadap identitas pelaku transaksi, sehingga jika terjadi penipuan dari oknum, dapat dengan cepat dilakukan tindakan. 

Kelemahan

Kelemahan pakai rekber adalah adanya biaya ekstra untuk membayar jasa kepada pihak penyedia rekening bersama, walaupun biayanya relatif murah. Selain itu, penjual, juga harus menunggu beberapa untuk mendapatkan dananya yang masuk lewat rekening bersama.

Rekening Pribadi Penjual

Kelebihan:

Sementara bagi pemilik bisnis yang memilih pakai rekening pribadi, kelebihannya adalah dana dari pelanggan bisa langsung masuk ke rekening pribadi saat itu juga, dan tidak perlu menunggu lama, juga tidak ada biaya ekstra, kecuali biaya admin bank.

Kelemahan:

Banyak pembeli yang masih kurang percaya kalau belanja online langsung transfer ke rekening pribadi. Hal ini karena ada beberapa kasus penipuan. Selain, itu pembeli dengan bank yang beda dari rekening penjual akan ada tambahan biaya transfer. Hal ini yang kadang bikin mereka enggan transaksi.

Terlepas dari kelebihan dan kelemahan penggunaan jasa rekening bersama, hendaknya pemilihan penggunaan jasa ini perlu pertimbangan dalam berbagai macam hal. Rekening bersama merupakan sebuah metode transaksi yang berusaha memberikan solusi yang menguntungkan bagi semua.

Supaya kamu menemukan sistem pembayaran aman buat bisnis online-mu, kamu bisa pakai bantuan AVANA, social commerce yang bisa mengintegrasikan bisnismu dari berbagai media sosial.


Tags:

Categorised in:

This post was written by AVANA INDONESIA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *