Nggak Sama! Ini Perbedaan KOL dan Influencer

March 18, 2022 1:47 pm Published by Leave your thoughts

Halo Teman AVANA!

Anda pasti sudah tidak asing lagi ya, dengan istilah influencer di media sosial. Influencer ini umumnya dikenal sebagai seseorang yang memiliki banyak followers di media sosial dan memiliki pengaruh bagi para pengikut/followersnya. Zaman sekarang, Influencer ini sudah menjadi sebuah profesi yang cukup menjanjikan karena dinilai cukup efektif untuk meningkatkan awareness hingga penjualan suatu Brand. 

Namun, apakah Anda pernah mendengar istilah Key Opinion Leader (KOL)? KOL ini dapat didefinisikan sebagai seseorang yang ahli atau expert dalam bidang tertentu. Rekomendasi dari KOL yang merupakan seorang expert, umumnya akan dipercaya oleh target market untuk meningkatkan brand value atau awareness.  

Baca juga: Tren Influencer Marketing 2022 Yang Wajib Anda Tahu!

Nah Teman AVANA, pada dasarnya Influencer dan KOL ini sama-sama seseorang yang pendapatnya terhadap suatu brand produk, jasa maupun layanan bisa memberikan pengaruh besar kepada pengikutnya. Tapi, ada beberapa perbedaan dari keduanya juga yang perlu Anda pahami! Kita simak sama-sama yaaa.. 

Perbedaan Berdasarkan Media yang Digunakan

Ada sedikit perbedaan nih pada media yang digunakan oleh Influencer dan Key Opinion Leader (KOL) saat berinteraksi dengan pengikutnya. Influencer sangat aktif menggunakan media sosial. Namun, KOL tidak memfokuskan seluruh akvititasnya pada media sosial karena dapat berkomunikasi juga dengan pengikutnya melalui dunia nyata. Contoh seorang Key Opinion Leader adalah Chef Arnold yang ahli dibidang memasak, atau Doktor Reisa Broto Asmoro yang ahli dibidang kesehatan. 

Perbedaan Berdasarkan Kredibilitas

Kredibilitas dapat didefinisikan sebagai kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan. Nah, dalam case ini, kredibilitas yang dimaksud itu mencakup profesi, keahlian serta keterampilan di suatu bidang. Dari situ, barulah bisa tumbuh kepercayaan publik. 

Karena KOL adalah seseorang yang expert dibidang tertentu, kredibilitas mereka dinilai dari apa yang mereka kuasai dan pahami. Nggak bergantung pada followers maupun engagement mereka di media sosial. Namun seorang influencer, kredibilitasnya bisa dilihat dari berapa jumlah followers serta bagaimana engagement mereka dengan para audiensnya. 

Baca juga: Begini Cara Memilih Influencer Tepat Untuk Bisnis Anda

Perbedaan Berdasarkan Cara Berkomunikasi atau Berinteraksi dengan Audiens

Berikutnya adalah perbedaan berdasarkan cara berkomunikasi terhadap audiens. Di sini, kemampuan berkomunikasi seorang Influencer dinilai lebih dekat dengan audiens. Kenapa? Karena profesi Influencer yang sudah terbiasa melakukan promosi, pemasaran produk dan juga berinteraksi langsung dengan audiensnya melalui fitur-fitur di media sosial. Jadi, terjadi komunikasi dua arah antara Influencer dan audiensnya. 


Sedangkan KOL pada umumnya cenderung melakukan komunikasi satu arah. Namun saat ini, banyak juga kok KOL yang berusaha membangun brandingnya di media sosial dan membagikan ilmu terkait bidang yang mereka geluti. 

Nah, itu dia Teman AVANA, beberapa perbedaan dari KOL dan Influencer. Semoga ilmu ini bisa bermanfaat dan berguna ketika suatu saat harus memilih sasaran secara tepat saat ingin melakukan kolaborasi untuk bisnis Anda!

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk memulai bisnis Korean Bento Cake yang sedang viral. Buat Anda yang sedang ingin menjalankan bisnis, atau sudah memiliki bisnis, AVANA bisa membantu Anda untuk mengoptimalkan bisnis Anda nih!

Dengan puluhan fitur canggih, Anda bisa berjualan langsung dari media sosial seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, Mesengger, tanpa mengharuskan pelanggan Anda keluar dari aplikasi media sosial tersebut. Ingin mencoba? AVANA memberikan Anda voucher toko online GRATIS yang Anda bisa gunakan! 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published.