Mulai Jualan Online? Ini Dia 4 Hal yang Wajib Anda Perhatikan!

June 16, 2021 5:24 pm Published by Leave your thoughts

Di masa pandemi ini, banyak sekali lho yang memutuskan untuk mencari uang tambahan melalui jualan online. Jualan online dianggap merupakan salah satu cara untuk menambah penghasilan yang paling aman, mudah dan bahkan bisa tanpa menggunakan modal sekalipun. Asalkan, Anda memiliki smartphone atau laptop, serta kuota internet yang cukup agar bisa tetap aktif berjualan ya. 

Meski terkesan mudah, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu Anda pahami lebih dulu sebelum memulai jualan online. Jika tidak dilakukan dengan strategi yang tepat, bisnis online juga belum tentu berhasil.

Jadi, bagaimana ya cara bisnis online yang tepat? Apa saja sih hal yang perlu diperhatikan sebelum jualan online? Simak dalam artikel berikut ini ya!

Rencana Awal Jualan Online

jualan online, cara jualan online, cara mulai bisnis online, cara mulai jualan online, tips mulai jualan online

Saat memutuskan untuk memulai jualan online, tentu dibutuhkan rencana dan persiapan yang matang. Produk apa saja yang ingin Anda jual? Berapa modal yang diperlukan? Apakah Anda akan mencari karyawan? Apakah Anda akan menyetok barang, memproduksi barang, atau hanya sebagai dropshipper? Semua poin tersebut harus Anda pikirkan sebelum terjun langsung ke dunia bisnis online. 

Baca juga: Strategi Marketing Instagram Ampuh Untuk Tingkatkan Omzet!


Jualan Online, Perhatikan Sisi Branding!

jualan online, cara jualan online, cara mulai bisnis online, cara mulai jualan online, tips mulai jualan online

Setelah menentukan rencana awal bisnis online, Anda harus mulai memperhatikan sisi branding. Seperti apa sih, branding yang ingin Anda ciptakan di mata calon pelanggan? Misalnya, logo seperti apa yang ingin Anda gunakan? Desain media sosial seperti apa yang kiranya cocok dengan target market Anda? Gaya bahasa, campaign bahkan kemasan produkmu juga harus disiapkan dengan matang agar branding bisnis onlinemu kuat di mata calon pelanggan. 

Strategi Marketing Jualan Online

Setelah itu, pastikan juga Anda mempersiapkan strategi marketing agar bisnis online Anda laris manis. Apakah Anda memiliki budget khusus untuk marketing? Jika iya, Anda bisa memanfaatkannya untuk mulai iklan online atau menggaet influencer untuk mempromosikan produk Anda. Jika belum memiliki budget, Anda bisa banget kok memanfaatkan fitur-fitur di media sosial gratis untuk mulai mempromosikan bisnis online Anda. 

Baca juga: 7 Tips Bisnis Online Cuan Selangit

Selain Branding, Perhatikan Juga Kualitas Produk!

jualan online, cara jualan online, cara mulai bisnis online, cara mulai jualan online, tips mulai jualan online

Jangan hanya fokus memikirkan branding dan marketing saja, pastikan juga Anda memperhatikan kualitas produk yang akan Anda pasarkan. Jika Anda memproduksi produk jualan online Anda sendiri, pastikan untuk selalu quality control sebelum mengirim pesanan untuk menghindari komplain. Kepuasan pelanggan sangat mempengaruhi reputasi bisnis onlinemu, lho! 

Baca juga: 17+ Barang Yang Cepat Laku Dijual Online 2021 [Update]

Oh iya, jika Anda berjualan sebagai reseller/dropshipper, pastikan Anda memilih supplier terbaik agar calon pelanggan Anda puas ya. Bingung mencari supplier yang tepat? Langsung aja join di AVANA! Di AVANA, Anda bisa menjadi reseller dari ratusan brand ternama dan bisa mendapatkan keuntungan hingga jutaan rupiah tiap bulannya. 

Semua Sudah, Sekarang Dimanakah Harus Berjualan?

Setelah menentukan rencana awal, pilihlah platform jualan online yang tepat agar dapat menjangkau banyak calon pelanggan. Saat ini, sudah banyak sekali lho pilihan platform untuk berjualan online. 

Salah satu platform berjualan online yang mudah dan dilengkapi dengan puluhan fitur canggih dan menarik adalah AVANA. AVANA merupakan platform social commerce yang akan membantu jualan online Anda di media sosial dengan fitur canggih serta memudahkan semua proses transaksi hingga pengiriman produk hingga sampai ke tangan pelanggan! Anda bisa membuat toko online gratis di AVANA dengan mengikuti langkah berikut ini:

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *