Mengenal Jenis Jenis Website

January 19, 2020 2:24 pm Published by Leave your thoughts
Jenis website yang dijumpai di internet yang dipecahkan berdasarkan fungsi, platform, dan sifatnya. Website berdasarkan kebutuhan penggunanya adalah

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat website, pastikan Anda mengetahui jenisnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada banyak sekali jenis website yang dijumpai di internet yang dipecahkan berdasarkan fungsi, platform, dan sifatnya. Website adalah satuan halaman yang berisikan informasi berupa teks, gambar, animasi, audio, video, ataupun gabungan dari semuanya. Website ini sangat penting bagi perusahaan, pengusaha, lembaga akademik, atau diri sendiri. Sebelum membuat website Anda harus mengetahui jenis website yang sesuai dengan kebutuhan. Sebelum bahas jenis-jenis website, yuk simak dulu komponen umum yang ada di website.

Komponen Umum Website

Ada 4 hal yang menjadi pilar utama dalam membanguan sebuah website, diantaranya:

1. CMS 

CMS adalah singkatan dari Content Management System. Ini adalah sebuah aplikasi website yang mempunyai template untuk mengolah, mengedit, dan mengatur konten digital. 

2. Domain

Domain berperan dalam membuat identitas website Anda. .com, .co., .co.id, .net, .org adalah variasi domain yang biasa digunakan. Di Indonesia sendiri, domain .com, .co, .co.id sangat populer digunakan untuk kalangan umum. 

3. Hosting 

Hosting adalah tempat penyimpanan file atau data sebuah website yang dapat diakses dengan internet. Dengan hosting, pemilik website bisa memberikan data yang dibutuhkan pengunjung.

4. SSL

SSL berfungsi untuk mengamankan data yang ada di website dengan enkripsi. Website yang memiliki SSL mempunyai proteksi pengamanan tinggi dibanding dengan website tanpa SSL.

Website Berdasarkan Fungsi

Website dibagi berdasarkan kebutuhan setiap penggunanya. Website berdasarkan fungsinya meliputi:

1. Website Perusahaan 

Website dikenal sebagai alat identitas. Sekarang tidak ada perusahaan yang tidak memiliki website. Di dalam website ini, perusahaan bisa memberikan informasi mendalam seputar perusahaan, kebudayaan perusahaan, produk atau jasa yang dijual, ataupun lowongan pekerjaan yang tersedia. Melalui website ini juga, pengunjung bisa menghubungkan mereka ke media sosial, ataupun sebaliknya. Biasanya, website perusahaan didukung dalam beberapa bahasa, paling tidak ada dua bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Website perusahaan bisa menggunakan domain .com atau .co.id 

2. Website Organisasi 

Sama halnya dengan website perusahaan, website organisasi juga menyediakan informasi seputar organisasi. Organisasi ini bisa berupa swasta atau negeri (pemerintahan). Di sini, Anda bisa menuliskan agenda organisasi yang akan diselenggarakan juga postingan galeri dari acara yang telah diselenggarakan. Domain yang digunakan oleh organisasi ini adalah .org atau bagi organisasi pemerintahan biasanya .go.id

3. Website Pribadi

Bagi Anda yang suka menulis dan membuat cerita, website pribadi adalah pilihan tepat untuk menyalurkan hobi itu. Ada banyak CRM yang bisa digunakan untuk membuat website pribadi. Melalui website ini juga Anda bisa membagikan artikel berita, tips, atau juga bisa dijadikan media untuk membentuk komunitas. Contohnya komunitas pecinta novel atau menulis. Domain website pribadi bisa menggunakan .co.id atau .com 

Website Berdasarkan Platform

Website juga dikategorikan berdasarkan platformnya; ada website builder, CMS, dan HTML dan CSS.

1. Website Builder 

Website builder ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang memiliki keterbatasan di bidang IT terutama coding atau design. Website builder memiliki kelebihan yaitu Anda bisa mendapatkan paket sekaligus yang terdiri dari domain, hosting,dan template.

2. CMS

Selain website builder, CMS juga website berbasis platform yang gampang digunakan. CMS (Content Management System) yang berarti sistem manajemen konten adalah perangkat lunak yang mampu mengelola dan mengedit seluruh konten dari sebuah situs website. Biasanya CMS didukung oleh fitur atau plugin yang menunjang pengelolaanya. 

3. HTML dan CSS

Berbeda dengan website builder dan CMS yang dapat memudahkan semua orang untuk membuat website tanpa harus mengerti coding, HTML dan CSS justru sedikit rumit digunakan. Dalam membuat HTML dan CSS Anda perlu menggunakan bahasa pemrograman seperti Notepad++ atau sublime text untuk membuat code website.

Website Berdasarkan Sifatnya

Selain itu, website memiliki dua jenis berdasarkan sifatnya; website statis dan website dinamis.

1. Website Statis 

Website statis adalah website yang isinya tidak berubah alias tetap. Hal ini dikarenakan website statis dibuat dengan HTML dan CSS dan hanya orang yang sudah master yang bisa mengubahnya. Website ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang tidak perlu mengupdate konten secara rutin.

2. Website Dinamis 

Website dinamis adalah kebalikan dari website statis. Website dinamis ini dapat dibuat dari CMS atau website builder. Konten yang ditampilkan dalam website ini berasal dari database yang dapat diakses developer atau webmaster. Anda tidak perlu takut untuk mengubah atau mengupdate konten karena tidak akan mengubah design website.

Tidak semua website itu sulit untuk dibuat. Ada beberapa website yang mudah digunakan bagi pemula terutama bagi yang tidak terlalu paham IT seperti website builder, CMS, dan website statis. Apakah masih bingung jenis website apa yang harus Anda gunakan?


Tags: , , , , , , , , , , , , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published.