UMKM Menjadi Harapan Besar Indonesia, Mengapa?

June 25, 2019 4:03 pm Published by 1 Comment
Kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia mencapai 58,92%. Ekonomi kreatif mendorong peran vital UMKM bagi perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia.

Usaha Mikro Kecil dan Menengah menjadi mutiara tersembunyi bagi perekonomian Indonesia. Jika dilihat dari sejarah, UMKM dapat berdiri tegak meskipun ditengah krisis ekonomi pada tahun 1998. Ini artinya bahwa UMKM memiliki potensi besar untuk terus dikembangkan.

Menurut Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) ada 3,79 juta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sudah memanfaatkan platform online dalam memasarkan produknya.

Kontribusi UMKM terhadap PDB Indonesia mencapai 58,92%. Munculnya gelombang ekonomi kreatif belakangan ini ikut mendorong peran vital UMKM bagi perkembangan ekonomi kreatif di Indonesia. Hal ini terus berlanjut dengan munculnya gelombang ekonomi digital yang mendapat dukungan penuh Pemerintah dengan dicanangkannya ekonomi digital sebagai program pembangunan nasional.

Lalu bagaimana caranya agar UMKM Indonesia dapat terus maju dan berkembang?

Optimalkan Media Sosial

Di era modern ini, para pelaku UMKM dapat memanfaatkan dan mengoptimalkan perangkat teknologi dan media sosial yang ada. Apalagi sekarang banyak e-commerce platform dan marketplace yang dapat mempermudah mereka berjualan.

Selain itu, dapat memangkas biaya pemasaran dengan memanfaatkan media sosial. Media sosial dapat dijadikan alat untuk memperkenalkan dan menjual produk. Ada beragam jenis media sosial yang ada seperti Facebook, Instagram, Twitter, WhatsApp, dan lain-lain. Media sosial ini juga memiliki fitur-fitur unggulan yang dapat mendukung proses penjualan produk. Contohnya saja fitur Instagram Live. Disini pelanggan dan penjual dapat melakukan interaksi pengenalan produk atau yang lainnya.

UMKM Ikut Kegiatan Bisnis

UMKM juga dapat memperluas jaringannya dengan bergabung di sebuah komunitas bisnis, mengikuti seminar bisnis, atau mengikuti pameran bisnis. Tidak menutup kemungkinan juga mereka bisa menambah wawasan, ide, dan hal baru yang dapat mengembangkan bisnisnya.

UMKM Pakai E-commerce Platform atau Marketplace

Ada banyak e-platform dan marketplace yang bermunculan di Indonesia. Keduanya jelaslah berbeda.

Cari tahu perbedaan e-commerce platform dan marketplace

Salah satu e-commerce platform yang canggih adalah AVANA. AVANA dibuat dengan mengutamakan ciri media sosial. AVANA mengintegrasikan Facebook sebagai saluran penjualan. Hal ini dapat mempermudah penjualan secara langsung di Facebook hanya dengan satu dasboard.

Diharapkan dengan menggunakan e-commerce platform yang sudah terintegrasi dengan media sosial, tidak perlu repot lagi untuk mengelola dan mengunggah produknya.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *