Manfaat WhatsApp Commerce Sebagai Channel Penjualanmu

July 8, 2021 2:04 pm Published by Leave your thoughts

Hadirnya platform digital, membuat proses belanja dan bertransaksi menjadi lebih mudah. Masyarakat mulai aktif berbelanja online, melalui berbagai channel seperti media sosial, website, e-commerce dan sebagainya. Tapi, channel-channel tersebut umumnya bersifat satu arah, karena biasanya pelanggan yang melihat suatu produk dan tertarik, akan langsung melakukan pembelian tanpa ada percakapan dengan penjual. Namun sebenarnya, proses jual beli itu bisa dilakukan secara dua arah dengan media sosial seperti WhatsApp lho. 

whatsapp, jualan di whatsapp, whatsapp commerce, jualan whatsapp

Anda pengguna aktif WhatsApp? Tahu nggak sih, kalau saat ini WhatsApp menduduki posisi kedua media sosial yang paling populer di Indonesia? Hingga Januari 2021 lalu, tercatat terdapat sebanyak 68,8 juta pengguna WhatsApp di Indonesia. Dengan jumlah sebanyak itu, tentunya menghadirkan peluang yang sangat besar dan bagus untuk menjual produk bisnis Anda di WhatsApp. Dalam hal ini, chat di WhatsApp dapat kamu manfaatkan untuk berinteraksi dan membangun hubungan yang lebih personal dengan pelanggan.

Baca juga: Cara Promosi Baju Di Whatsapp? Simak Selengkapnya!

Aktivitas jual beli di WhatsApp ini dapat dilakukan menggunakan fitur WhatsApp Commerce! Dimana pelanggan bisa langsung memilih produk, melakukan order hingga melakukan transaksi tanpa harus keluar dari aplikasi WhatsApp. Simak yuk, cara memanfaatkan WhatsApp Commerce sebagai channel penjualanmu. 

Berbagi Informasi Terbaru via WhatsApp

Dengan WhatsApp Commerce, berarti timbul juga hubungan dua arah ketika pelanggan ingin melakukan pembelian produk. Sebagai penjual, Anda bisa memanfaatkan ini untuk meraih hati mereka agar menjadi pelanggan setia toko online Anda. Misalnya, untuk membagikan informasi terbaru terkait toko Anda, misalnya katalog produk atau menu terbaru toko Anda, produk terjual yang sudah restock, dan sebagainya.

whatsapp, jualan di whatsapp, whatsapp commerce, jualan whatsapp

Memberikan Promosi via WhatsApp

WhatsApp Commerce juga bisa Anda manfaatkan untuk memberikan promosi yang sedang berlangsung kepada para pelanggan. Jika Anda biasanya mengupdate info promosi di media sosial saja, kini orang-orang yang tidak aktif di media sosial namun aktif menggunakan WhatsApp juga bisa mengetahui promo toko Anda yang sedang berlangsung. 

whatsapp, jualan di whatsapp, whatsapp commerce, jualan whatsapp

Media Komunikasi yang Efektif

Dengan WhatsApp Commerce, Anda bisa melakukan komunikasi dua arah dengan pelanggan. Coba manfaatkan hal ini ya. Misalnya, pelanggan menanyakan kesediaan produk yang ia mau melalui WhatsApp. Namun, produk yang diinginkan habis terjual. Anda bisa merekomendasikan produk-produk lainnya di toko Anda melalui chat WhatsApp, sehingga meminimalisir kemungkinan calon pelanggan tidak jadi membeli produk di toko Anda.

Baca juga: Super Gampang! Ini Cara Membuat WhatsApp Bisnis!

Mempermudah Langkah Belanja Pelanggan

Di WhatsApp Commerce ini, calon pelanggan bisa lebih mudah saat ingin melakukan orderan. Calon pelanggan bisa langsung memilih produk melakukan order, dan transaksi tanpa perlu keluar dari aplikasi AVANA. Menarik banget kan?

Sebagai penjual, Anda bisa dengan mudah membagikan link di berbagai platform media sosial agar lebih banyak orang yang membeli produk Anda, meningkatkan penjualan, serta Anda bisa melayani pelanggan dengan lebih efisien. Ohiya, terdapat beragam keuntungan lain juga lho yang terdapat di WhatsApp Commerce seperti:

whatsapp, jualan di whatsapp, whatsapp commerce, jualan whatsapp
  • Flow checkout yang simpel tanpa harus keluar aplikasi
  • Terdapat fitur WhatsApp Rotator yang bisa membagi rata chat Whatsapp ke admin
  • Terintegrasi dengan sistem pembayaran dan pengiriman
  • Lihat katalog tanpa tanya admin

Gimana? Menarik banget ya WhatsApp Commerce ini? Mau nggak, ubah pengguna WhatsApp menjadi pelanggan toko Anda? AVANA bisa bantu Anda lho! Tertarik? Yuk buat dulu website toko online gratis dari AVANA dengan mengisi email dan nomor telepon berikut ini ya.

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *