Mengejutkan, Ini Manfaat SEO dalam Bisnis Online!

March 31, 2021 3:48 pm Published by Leave your thoughts

Buat Anda pemilik toko online, memahami SEO jadi salah satu nilai mutlak untuk menyukseskan bisnis online Anda. Terdapat banyak manfaat SEO dalam bisnis online dan bagaimana hebatnya manfaat promosi menggunakan website dan SEO Google. Dengan memahami manfaat SEO untuk bisnis, diharapkan Anda langsung mulai mengoptimasi SEO bisnis Anda sekarang juga!

Masalahnya ketika mendengarkan istilah SEO, banyak orang yang langsung anti karena dianggap ribet dan butuh kemampuan digital marketing tinggi. Padahal, nggak juga lho! Simak selengkapnya di bawah ini!

Pengertian SEO

manfaat seo dalam bisnis online

Sebelum masuk ke topik bahasan utama, pertama-tama Anda harus memahami terlebih dahulu arti SEO. Pengertian Search Engine Optimization atau SEO adalah suatu tindakah, strategi atau langkah yang dilakukan untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas trafik (jumlah pengunjung) ke website Anda melalui mesin pencari (Google, Yahoo, dst).

Manfaat SEO pada Website

Sebagai pemilik toko online, Anda pasti memiliki website bukan? Nah, terdapat banyak manfaat seo dalam bisnis online beberapa diantaranya adalah :

Mengingkatkan Pengunjung Website Anda

manfaat seo untuk bisnis

Salath satu fungsi utama seo adalah meningkatkan jumlah trafik/pengunjung website toko online Anda. Sederhananya, ketika Anda hendak mencari informasi maupun membeli produk, kemana Anda akan pergi? Pastinya Google, bukan?

Andaikan saja Anda ingin membeli TV berukuran 100 inch, kemungkinan inilah yang akan Anda lakukan :

  • Masuk ke google
  • Mengetik tv 100 inch pada kotak pencarian di Google
manfaat promosi menggunakan website dan seo google
  • Lalu mengeklik website pertama yang muncul di baris paling atas Google

Kalaupun Anda tidak masuk ke website yang muncul di baris pertama Google, Anda mungkin akan mengeklik website di baris kedua atau ketiga.

Data statistik mengenai SEO

Data dari Chitika bahkan menunjukan bahwa 91,5% orang hanya akan mengeklik website yang ada di halaman pertama Google. Sementara 4,8% orang masih mengunjungi website di halaman kedua. Namun bisa Anda lihat bagaimana posisi website toko online Anda di Google bisa menentukan hidup matinya bisnis Anda.

Sementara apabila dilihat lebih jauh lagi, inilah persentase jumlah pengunjung wesbite yang menempati baris 1-10 Google.

manfaat promosi menggunakan website dan seo google
(www.protofuse.com)

Jika Anda berjualan “HP iPhone 12 pro max” dan terdapat 100 orang yang mencari HP ini tiap bulannya, maka Anda harus membuat agar website Anda berada di baris 1 Google sehingga 32 dari 100 orang tersebut akan datang ke toko online Anda.

Bayangkan jika website Anda berada di halaman 2,3 atau 4. Jika ada 1 orang yang mengunjungi website Anda saja sudah sangat bagus.

Hal tersebut bisa Anda capai dengan SEO. Tujuan dari SEO yang paling utama adalah untuk menempatkan website Anda di halaman 1 atau bahkan baris 1 Google agar bisa dikunjungi lebih banyak orang.

Manfaat SEO pada Website : Meningkatkan Penjualan Anda

Dengan meningkatknya jumlah pengunjung, tentu saja otomatis jumlah penjualan Anda akan meningkat.

Jika awalnya jumlah pengunjung toko online Anda hanya 10 orang dan yang beli hanyalah 1 orang (tingkat konversi/closing = 10%).

Dengan menerapkan SEO, jumlah pengunjung toko online Anda bisa meningkat hingga 100 dengan jumlah pembeli mencapai 10 orang.

Omzet Anda juga akan meningkat hingga 10 x nya!

Baca juga : SEO VS SEM, Manakah Yang Lebih Baik Untuk Bisnis Anda?

Manfaat SEO untuk Bisnis : Bangun Brand Awareness

manfaat seo pada website

Brand awareness adalah bagaimana konsumen atau orang-orang bisa langsung mengenali merk Anda ketika melihat logo, warna khas, lagu jingle dan lain sebagainya.

Brand awareness adalah identitas sebuah brand yang secara tidak langsung menunjukan bagaimana peringkat Anda dibandingkan kompetitor.

Contohnya, ketika Anda mendengar “restoran fried chicken+ kentang“, kira-kira apa yang akan di benak orang-orang?

  1. McDonald
  2. KFC
  3. AW
  4. CFC

Harapannya dengan meningkatkan brand awareness, bisnis Anda bisa berada di peringkat pertama ketika calon konsumen potensial ingin membeli sebuah produk.

Salah satu manfaat manfaat promosi menggunakan website dan SEO Google adalah Anda bisa meningkatkan brand awareness tersebut untuk jangka panjang.

manfaat promosi menggunakan website dan seo google
(crazyegg.com)

Data dari crazyegg bahkan menunjukan bagaimana 61% marketer berpendapat bahwa menumbuhkan SEO merupakan salah satu strategi marketing terbaik untuk meningkatkan brand awareness.

Sepenting itulah manfaat SEO untuk bisnis Anda.

Kelebihan SEO dalam Bisnis Online

kelebihan seo dalam bisnis online

Mendengar hal ini, mungkin Anda masih bertanya,

Mengapa harus SEO?”

Mengapa tidak menggunakan iklan Facebook/Instagram, membuat konten media sosial dan sebagainya?

Tentu saja semua hal tersebut juga harus dilakukan, namun ada beberapa manfaat promosi menggunakan website dan seo google yang tidak bisa Anda temukan pada metode promosi yang lainnya, yaitu :

SEO itu GRATIS

Baiklah, itu memang terlalu berlebihan.

Namun begini, jika Anda mempromosikan produk Anda dengan menggunakan sistem iklan baik itu TV, PPC atau apapun metodenya, sifatnya adalah terikat.

Jika Anda tidak membayar iklan, maka produk Anda tidak akan dipromosikan. Pertanyaannya, berapa lama bisnis Anda harus beriklan?

Kasusnya berbeda untuk SEO. Salah satu kelebihan SEO dalam bisnis online adalah Anda hanya perlu mengeluarkan biaya di awal, untuk membuat konten dan riset kata kunci. Namun manfaatnya bisa Anda rasakan berkepanjangan tanpa harus mengeluarkan biaya bulanan seperti iklan.

Bahkan jika Anda memiliki bekal ilmu SEO yang cukup, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya sama sekali untuk menyewa SEO Specialist dan bisa mengoptimasi website toko online Anda sendiri.

SEO itu Tidak Menyebalkan

Kelebihan SEO dalam bisnis online lainnya adalah karena teknik ini bersifat sebagai inbound marketing, yang mana “membuat konsumen menemukan bisnis Anda.”

Ketika teknik outbound marketing seperti iklan dan Spam Email justru “mencari konsumen” Masalahnya, teknik ini sifatnya menyebalkan dan terkesan memaksa konsumen.

Bayangkan saja bagaimana ketika Anda sedang asik-asiknya menonton video dan tiba-tiba muncul iklan, tentu saja Anda akan merasa terganggu bukan?

Beda halnya dengan SEO. Teknik ini menarget orang-orang yang memang tertarik kepada produk Anda atau informasi yang Anda berikan.

Jenis-Jenis SEO

Setelah Anda mengetahui pengertian SEO dan manfaat SEO dalam bisnis online, berikut jenis-jenis SEO yang ada saat ini.

SEO On-Page

Optimasi melalui kode HTML atau konten yang ada di website Anda. Beberapa metode SEO Off-Page adalah kata kunci, meta deskripsi, struktur artikel, struktur halaman website, SEO gambar, dan kualitas konten.

SEO Off-Page

Langkah optimasi SEO website di luar dari konten atau halaman website Anda sendiri. Bentuk utama dari SEO Off-Page adalah Link Building yang akan berpengaruh kepada DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority).

Mengenai jenis-jenis SEO, manfaat, tujuan dan cara menerapkannya bisa Anda baca disini.

Bagaimana AVANA Mengoptimalkan Manfaat SEO pada Website Anda?

Di AVANA sendiri, sudah tersedia fitur Search Engine Optimization yang dapat digunakan secara mudah oleh siapa saja untuk membantu website toko online mereka berada di peringkat atas mesin pencari (Google).

Baik itu melalui optimasi SEO toko online maupun deskripsi produk.

SEO Toko Online

Untuk SEO Toko Online, Anda cukup masuk ke menu Toko Online > SEO.

Lengkapi deskripsi toko online yang menarik dan isi meta tag toko online dengan kata kunci yang digunakan pembeli untuk menemukan produk Anda.

Misalnya jika Anda menjual sepatu NIKE Air Force, maka Anda bisa menggunakan Meta Tag “Nike, Nike Air Force, Sepatu Olahraga” dan lainnya.

SEO Produk

Sementara itu, ada juga SEO Produk yang bisa Anda temukan pada menu deskripsi tiap produk Anda.

manfaat promosi menggunakan website dan seo google

Dengan mengeklik tombol Kustom SEO, berikut tampilan yang akan muncul.

manfaat promosi menggunakan website dan seo google

Lengkapi judul produk, deskripsi produk dan meta tag produk (Ketik dan enter) sesuai dengan kata kunci yang digunakan pembeli untuk mencari produk tersebut.

Nah, itu dia pengertian SEO, manfaaat SEO dalam bisnis online, kelebihan SEO dalam bisnis online, dan jenis-jenis SEO secara umum. Jika Anda masih kurang paham, tenang saja karena AVANA akan membuat berbagai artikel lain yang bisa membantu menambah ilmu Anda tentang SEO.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiiki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *