Macam-Macam Kerajinan Tangan yang Bisa Dijual

May 5, 2021 8:44 pm Published by Leave your thoughts
macam-macam kerajinan tangan yang bisa dijual

Membuat bisnis dari nol, kebanyakan orang akan berpikir bahwa hal tersebut sangatlah sulit dan membutuhkan modal yang besar. Padahal tidak juga, Anda bahkan bisa membuka bisnis hanya dengan bermodalkan barang bekas dan barang daur ulang. Simak macam-macam kerajinan tangan yang bisa dijual berikut ini!

Bisnis Kerajinan Tangan Daur Ulang yang Menguntungkan

Pasti senang kan jika Anda membuat bisnis hanya bermodal kecil namun memberikan untung yang besar? Simak beberapa contoh bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan berikut ini.

CD Bekas

bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan

Tahukah Anda? CD bekas pakai untuk menyimpan data bisa Anda manfaatkan untuk banyak hal. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Motif Gitar
    • Pecahan CD bekas yang disusun sedemikian rupa lalu ditempelkan pasa permukaan gitar bisa membuat gitar Anda terlihat lebih eksotis dan cantik. Selain itu Anda bahkan bisa menjualnya dengan harga yang cukup mahal kepada orang-orang yang senang mengoleksi gitar dengan motif unik. Karena itulah gitar bermotif CD bekas ini termasuk kedalam macam-macam kerajinan tangan yang bisa dijual dengan harga cukup tinggi.
  2. Hiasan Dinding
    • Permukaan CD bekas berbentuk piringan berkilau yang sangat cantik, Anda bisa melukisnya dengan cat atau spidol permanen untuk membuat hiasan dinding yang unik dan bisa mempercantik interior rumah dari seseorang.
  3. Patung Dekorasi Rumah
    • Siapa yang menduga bahwa CD bekas juga bisa dijadikan bisnis kerajinan tangan daur ulang yang menguntungkan dengan menyusunnya menjadi patung berbentuk burung yang cocok untuk diletakan di ruang tengah.

Baca juga : Contoh Analisis SWOT Produk Kerajinan

Botol Bekas

contoh usaha kerajinan tangan yang menguntungkan

Ada juga nih usaha kerajinan tangan yang laku di pasaran dan jadi favorit banyak orang, yaitu botol bekas. Seiring dengan jual-beli minuman botol yang semakin meningkat, kerajinan tangan barang bekas ini termasuk usaha barang bekas yang menguntungkan dan juga bermanfaat untuk membantu pelestarian lingkungan.

  1. Wadah Perhiasan Cantik
    • Botol bekas bisa dipotong dan dirangkai sedemikian rupa membentuk wadah perhiasan cantik yang lucu dan bisa dimanfaatkan untuk menyimpan perhiasan. Dengan target pasar menengah keatas, tentunya bidang ini bisa menjadi usaha barang bekas yang menguntungkan.
  2. Lampu Hias
    • Salah satu karakteristik utama dari botol plastik adalah bisa membiaskan cahaya sehingga akan sangat cocok digunakan untuk lampu hias di rumah. Dibandingkan yang lainnya, usaha kerajinan tangan dan cara membuatnya dari lampu hias pun tidak terlalu sulit. Anda hanya membutuhkan gunting, selotip/lem dan botol plastik yang telah dicuci.

Nah, itu dia beberapa contoh usaha barang bekas yang menguntungkan. Usaha kerajinan tangan dari barang bekas memiliki beberapa keuntungan, diantaranya modal yang relatif kecil, bahan baku yang bisa Anda temukan secara mudah hingga jenis kreasi yang bermacam-macam.

Usaha Kerajinan Tangan Berupa Pembuatan Keramik

Usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik termasuk dalam salah satu contoh industri rumahan sektor kecil yang dapat dimulai secara perseorangan.

Dilansir dari wartaekonomi.co.id, seorang wirausaha yang bergerak di bidang usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik bahkan hanya mengeluarkan modal awal sebesar Rp 20 ribu dan kini telah berhasil memperoleh omzet hingga Rp 150 juta rupiah.

usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik

Dari omzet tersebut, margin yang diperoleh pun bisa mencapai 30%. Siapa yang menduga usahanya yang awalnya hanya dimulai karena iseng kini telah berkembang menjadi 4 pabrik dan 25 karyawan.

Nah, itu dia macam-macam kerajinan tangan yang bisa dijual oleh Anda yang ingin memulai bisnis dengan modal kecil. Mudah sekali, bukan?

Baik itu usaha kerajinan tangan berupa pembuatan keramik maupun usaha kerajinan tangan dari barang bekas, pastikan Anda menjalaninya secara sungguh-sungguh dan tidak langsung berharap pada hasil yang instan.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Dengan toko online, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan omzet Anda juga bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published.