Mudah dan Tanpa Modal, Begini Langkah Awal Bisnis Dropship

September 28, 2021 2:24 pm Published by Leave your thoughts

Di era serba canggih sekarang ini, internet bisa dimanfaatkan untuk berbagai hal, termasuk memulai bisnis dan menghasilkan uang. Bahkan, dengan internet dan teknologi yang canggih, Anda kini bisa memulai bisnis tanpa modal sekalipun seperti bisnis dropship. 

Baca juga: Mulai Jualan Online? Ini Dia 4 Hal Yang Wajib Anda Perhatikan!

Dropship merupakan merupakan sistem bisnis menjual barang dari supplier tanpa harus memiliki stok barang. Nantinya supplier yang akan mengirimkan produk tersebut setelah pembeli menyelesaikan transaksi. Untuk mendapatkan keuntungannya, dropshipper dapat langsung melakukan markup harga/menaikkan harga dari harga yang telah ditetapkan oleh supplier. 

Di masa pandemi ini, bisnis dropship semakin banyak diminati karena dinilai mudah untuk dilakukan, siapapun bisa melakukannya untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Hanya bermodalkan smartphone dan kuota saja, Anda sudah mulai bisa memulai bisnis dropship ini. Namun agar hasil maksimal, sebagai pemula, Anda perlu memahami langkah awal bisnis dropship. Kita simak bersama-sama ya!

Menentukan Produk Dropship yang Akan Dijual 

dropship, tips memulai dropship, langkah awal bisnis dropship, tips & trick dropship

Langkah pertama untuk memulai bisnis dropship adalah memilih produk yang ingin Anda jual. Jika Anda belum memiliki gambaran ingin menjual produk apa, Anda bisa mulai melakukan riset pasar, produk apa yang saat ini sedang banyak dicari, atau memang sering dicari orang. Usahakan menjual produk yang memiliki kemungkinan untuk laku setiap hari, misalnya baju, makeup, skincare, produk kebersihan, produk kesehatan. 

Memilih Supplier Dropshipper Terbaik

dropship, tips memulai dropship, langkah awal bisnis dropship, tips & trick dropship

Teman AVANA, supplier jadi faktor yang sangat penting lho dalam bisnis ini. Salah memilih supplier bisa mengacaukan seluruh tatanan bisnis yang sedang dirintis. Anda harus memperhatikan supplier dari segala aspek, dari mulai kualitas produk, respon yang cepat dan ketepatan waktu pengiriman harus diperhatikan dengan baik.  Ingat yaa, jangan sampai asal dalam memilih supplier hanya karena harga yang ditawarkan sangat murah. Anda harus tetap memperhatikan kualitas terbaik untuk bisnis Anda. 

Baca juga: Ini 4 Tips Cari Supplier Untuk Bisnis Anda!

Buat Toko Online Anda

Setelah produk dan supplier sudah Anda dapatkan, kini saatnya Anda mulai menjual produk secara online menggunakan toko online. Anda bisa memanfaatkan berbagai platform-platform e-commerce atau social commerce untuk memasarkan produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk menjangkau calon pelanggan yang lebih banyak. 

dropship, tips memulai dropship, langkah awal bisnis dropship, tips & trick dropship

Mulai Strategi Marketing

Setelah semua sudah siap, saatnya mulai memasarkan toko online Anda! Nah, salah satu tantangan dropship adalah persaingan yang sangat ketat. Karena tergolong bisnis yang mudah dan minim modal, banyak sekali orang yang memulai bisnis ini sehingga terjadilah perang harga. Tapi, masih ada kok banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk tetap maju dalam bisnis dropship ini, antara lainnya adalah:

  • Membuat website toko online agar toko Anda lebih kredibel dan profesional
  • Menyediakan beragam produk untuk berbagai kalangan usia dan beragam kebutuhan
  • Membuat grup di WhatsApp, Facebook, Telegram untuk memasarkan produk
  • Beriklan di media sosial
  • Membuat promo menarik dan menguntungkan
  • Memberikan diskon kepada pelanggan yang baru pertama kali membeli produk
  • Menggunakan email marketing
  • Memaksimalkan konten dan fitur di media sosial yang Anda gunakan

Nah, itu dia 4 langkah awal bisnis dropship! Anda tertarik untuk menjadi seorang dropshipper? Sudah paham kan tips & trick jadi dropshipper di atas? Bergabung yuk bersama AVANA! Disini, Anda dapat memilih untuk menjadi dropshipper dan affiliate dari ribuan brand yang bekerjasama dengan Kami. Brand-brandnya pun banyak dari kalangan brand besar yang pastinya produknya pun mudah terjual dan terpercaya! 

Bedanya apa sih, Dropship & Affiliate di AVANA?

Dropshipper – Anda perlu menjual produk terlebih dahulu seperti langkah-langkah di atas, setelah mendapatkan order dan data pembeli, Anda perlu membuat pesanann dalam aplikasi AVANA dan melakukan pembayaran sesuai harga supplier dan ongkos kirim. 

Baca juga: Bingung Jualan Apa? Ini Rekomendasi Bisnis Laku Setiap Hari

Affiliate – Sedangkan untuk affiliate, Anda dapat membagikan link kepada para calon pelanggan yang nantinya pelanggan akan melakukan proses pengisian data dan paymentnya sendiri. Setelah payment berhasil, Anda akan otomatis mendapatkan komisi. 

Gimana? Tertarik nggak untuk jadi dropshipper & affiliate di AVANA? Bagi Anda yang ingin bergabung dengan program dropshipper dan affiliate AVANA, Anda bisa mendaftar melalui link berikut : gabung reseller AVANA, lalu:

  1. Pilih minat Anda, lengkapi form hingga akhir.
  2. Pada bagian explore, pilih jenis brand yang Anda ingin bergabung menjadi reseller mereka.
  3. Klik Join to be Agent.

Setelah itu, Anda akan terdaftar sebagai seorang Reseller Agent dari AVANA! Anda bisa mulai berjualan dan meraup keuntungan hingga jutaan rupiah!

Jika ada pertanyaan mengenai AVANA maupun program reseller berikut ini, silahkan Hubungi CS AVANA dengan klik link berikut ini ya. 

Tags: , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *