Komponen Website Yang Penting Untuk Bisnis Anda

November 21, 2019 3:46 pm Published by 2 Comments
komponen website yang penting

Website adalah aset yang paling berharga untuk bisnis agar Anda bisa memasarkan produk. Sebuah perencanaan yang matang komponen dalam website yang baik dapat membantu Anda mengambil perhatian audience dan membuat Anda berbeda dari pesaing Anda. Faktanya, statistik usaha kecil 2019 G2 Crowd melaporkan bahwa:

92% pemilik bisnis percaya bahwa memiliki situs web adalah strategi pemasaran digital yang paling efektif

83% pemilik usaha kecil dengan situs web merasakan keunggulan kompetitif bagi mereka yang tidak memilikinya

Kini memiliki website menjadi pertimbangan tersendiri bagi pelaku usaha yang ingin semakin profesional di zaman “serba online” ini. Namun, tahukah Anda bagaimana proses pembuatan sebuah website yang sampai bisa dinikmati oleh audience Anda? Apa saja yang diperlukan untuk membuat sebuah website? Berikut ini Anda wajib tahu apa saja komponen website  yang harus ada.

Deskripsi Bisnis

Deskripsi bisnis bertujuan untuk menjelaskan secara singkat bidang usaha yang Anda jalankan beserta produk atau jasa yang Anda tawarkan. Dalam deskripsi bisnis ini, diharapkan semua orang dapat menangkap informasi detail perusahaan Anda dan dapat membawa audience tertarik untuk membeli produk atau menggunakan jasa Anda.

Domain

Setelah Anda menentukan jenis dan karakteristik bisnis Anda berdasarkan analisis yang telah anda analisis sebelumnya, langkah selanjutnya yaitu menentukan domain. Dalam pembuatan website, domain adalah komponen penting.

Secara garis besar, domain bisa diartikan sebagai nama unik yang ditujukan untuk mengidentifikasi server di sebuah jaringan internet/komputer. Sebagai contoh, sebuah domain https://avana.id/ akan memuat website ketika Anda memasukkannya pada search engine. Ada beberapa jenis domain juga memiliki jenis dan fungsi tersendiri, contohnya:.com :  nama domain ini sering disebut sebagai raja dari nama domain karena sering dipakai baik untuk situs biasa maupun bisnis.

  • .com :  nama domain ini sering disebut sebagai raja dari nama domain karena sering dipakai baik untuk situs biasa maupun bisnis.
  • .edu : nama domain ini dibatasi untuk digunakan oleh institusi pendidikan dan universitas.
  • .gov : Hanya agen, agen, dan kantor pemerintah yang dapat menggunakan nama domain ini. Misalnya, situs web resmi Gedung Putih adalah whitehouse.gov.
  • .int  :  Nama domain ini berarti “organisasi internasional.”
  • .net :  Nama domain ini dibuat untuk penyedia jaringan khusus tetapi sekarang terbuka untuk penggunaan yang lebih luas.
  • .org : Nama domain ini dibuat untuk organisasi apa pun, meskipun pada awalnya dimaksudkan untuk organisasi nirlaba.

Domain sendiri merupakan komponen dalam website yang memberikan kemudahan bagi audience untuk mengingat bisnis Anda. Maka dari itu  buatlah alamat website dengan nama yang unik dan merupakan identitas dari bisnis Anda.

Hosting

Web hosting adalah komponen dalam website layanan online yang memungkinkan Anda untuk mempublikasikan situs web atau aplikasi web Anda di internet. Ketika Anda mendaftar untuk layanan hosting, Anda pada dasarnya menyewa ruang di server tempat Anda dapat menyimpan semua file dan data yang diperlukan agar situs web Anda berfungsi dengan baik.

Dalam dunia digital, hosting sendiri merupakan tempat untuk menyimpan berbagai data yang berhubungan dengan website mulai dari konten, file, document, program, aplikasi dan masih banyak lagi lainnya. setiap penyedia hosting akan memberikan batasan kepada audiencenya untuk bisa menyimpan berbagai hal di dalam situs web. Jadi semakin besar kapasitas hosting, semakin banyak pula ruang penyimpanan di website.

Desain Website Responsif Dan Mobile Friendly

Desain website adalah sebuah bentuk grafis dalam membuat suatu halaman website. Banyak orang yang masih belum tahu menahu tentang pengertian web desain

Tidak hanya berperan sebagai identitas bisnis, desain website juga menentukan kenyamanan audience. Desain website harus dibuat responsif dan mobile friendly. Memiliki situs website mobile friendly adalah hal terpenting untuk bisnis. Jika lalu lintas situs web Anda didorong oleh pemasaran digital, kemungkinan sebagian besar pengunjung ada di perangkat seluler.

Komponen dalam website: Konten Unik

Kunci menuju situs web yang sukses adalah menyediakan Konten unik dan  relevan yang memberikan nilai bagi audience dan pembaca Anda. Mengapa konten memiliki kekuatan yang sangat besar?

Konten biasa digunakan untuk strategi pemasaran. artinya memasarkan suatu produk dengan menggunakan suatu cara yang menarik audience. Banyak perusahaan luar maupun dalam negeri memanfaatkan konten untuk menjual produknya karena memuat identitas dari informasi mengenai bisnis yang di jalankan.

Konten yang bagus dan relevan dapat menarik manarik audience. Hal ini tentu akan mempermudah dalam melakukan kegiatan promosi bisnis Anda. Audience akan sukarela turut serta dalam mengembangkan bisnis tersebut dengan cara membagikan Anda yang memang layak diketahui tentu saja akan menguntungkan bisnis Anda.

Komponen dalam website: SEO Friendly

Mengoptimalkan situs Anda sehingga muncul di search engine adalah suatu keharusan. Dengan jutaan situs di internet yang sekarang bersaing untuk mendapatkan tempat di halaman pertama hasil pencarian, Anda harus mengikuti beberapa praktik terbaik optimasi mesin pencari (SEO) untuk ditemukan.

Untuk membuat website yang SEO friendly Anda harus survey keyword yang digunakan pengunjung untuk menemukan situs Anda, semakin spesifik maka akan semakin baik.

Banyak hal yang harus di perhatikan untuk terjun ke dunia bisnis online. Saat ini berjualan dengan website adalah pilihan yang tepat, namun jika Anda memiliki kendala dalam berbisnis online, solusinya adalah AVANA. Dengan menggunakan AVANA, Anda akan mendapatkan free domain lengkap dengan website yang responsif. Bisnis Anda tergantung dari perjuangan Anda untuk memajukan bisnis tersebut, banyak cara untuk meraih kesuksesan salah satunya dengan memilih jasa yang tepat. Tunggu apalagi Onlinekan bisnis Anda sekarang.

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.