Kiat Sukses Jadi Entrepreneur Anti “Halu”

September 27, 2019 4:23 pm Published by 2 Comments
kiat sukses jadi entrepreneur

Menjadi seorang entrepreneur atau pengusaha tidak hanya membutuhkan modal bahkan strategi yang sangat matang agar bisa mencapai target yang ingin dicapai namun tahukan dengan berbagai latar pendidikan yang dimiliki, banyak orang yang berkeinginan untuk menjadi entrepreneur sukses. Ada yang tujuannya agar memiliki penghasilan lebih besar, ingin membuka lowongan pekerjaan, ingin lebih dekat dengan keluarga dan ada yang bosan menjadi karyawan. Ketika memutuskan untuk menjadi entrepreneur, Anda harus mempersiapkan segalanya. Bukan hanya modal, tetapi Anda juga harus memiliki mental dan karakter entrepreneur yang kuat. Berikut kiat sukses jadi entrepreneur:

Cerdas Secara Emosional

Menjadi seorang entrepreneur tidak hanya cerdas secara pemikiran atau logika teteapi harus bisa cerdas secara emosional, cerdas secara emosional akan membuat seorang entrepreneur menjadi pribadi yang lebih baik, namun kecerdasan emosional atau lebih dikenal dengan EQ. Kecerdasan emosional  adalah kemampuan seseorang untuk menerima, menilai, mengelola, serta mengontrol emosi dirinya dan orang lain di sekitarnya.

Dalam hal ini, emosi mengacu pada perasaan terhadap informasi akan suatu hubungan. Sedangkan kecerdasan (intelijen) mengacu pada kapasitas untuk memberikan alasan yang valid akan suatu hubungan. Kecerdasan emosional (EQ) belakangan ini dinilai tidak kalah penting dengan kecerdasan intelektual (IQ). Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kecerdasan emosional dua kali lebih penting daripada kecerdasan intelektual dalam memberikan kontribusi terhadap kesuksesan seseorang.

Mental Kuat dan Optimis

Untuk menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur haruslah memiliki mental yang kuat dan optimis, karena jalan untuk menjadi seorang pengusaha tidak akan selalu mulus, pasti akan mengalami kendala serta hambatan. Sikap optimis dan mental yang kuat saat mengalami masalah adalah sikap yang harus di tanamkan dalam hati setiap pengusaha.

Disiplin Tinggi

Selain memiliki mental yang kuat dan selalu optimis. Menjadi seorang pengusaha juga harus memiliki disiplin yang tinggi, tepat waktu dan memiliki manajemen yang baik. Karena disiplin tinggi merupakan cerminan dari dedikasi dari seorang pengusaha yang selalu menghargai setiap waktu, tidak menyia-nyiakan waktu untuk hal yang tidak berguna.

Multitasking

Seorang pengusaha tentu saja tidak hanya bisa menguasai satu bidang saja. Namun harus selalu berkembang dan bisa menghandle di saat-saat yang tidak terduga. Sikap multitasking yang bisa di lakukan oleh seorang pengusaha tentu saja menjadi point penting dan nilai lebih di mata audience maupun pesaing Anda.

Self Confident Entrepreneur

Self confident atau pecaya diri sangat penting bagi seorang entrepreneur dan pengusaha. Self confident artinya pecaya diri dan percaya pada kemampuan diri sendiri karena seorang entrepreneur nantinya tidak akan bekerja sendiri melainkan akan memiliki circle dan bekerja dalam team. Tanpa adanya rasa percaya diri tentu saja akan menghambat seorang enteroeneur dalam mengembangkan dirinya dan juga orang-orang di sekitarnya.

Berani Mengambil Resiko

Tentu saja dalam dunia bisnis dan usaha apapun keputusan yang kita pilih akan memiliki resiko. resiko apapun tentu saja harus di tempuh seorang entrepreneur agar bisa mencapai target yang diinginkan. Tidak berani mengambil resiko dan tetap stay di zona nyaman bukanlah hal yang tepat. Namun tentu saja dengan pemikiran dan pertimbangan yang matang akan meminimalisir resiko. Apapun keputusan yang diambil oleh seroang pengusaha nantinya tentu akan berdampak juga pada bisnisnya.

Memotivasi Anggota Team

Menjadi seroang entrepreneur atau pengusaha tidak hanya dapat mengontrol dan memotivasi diri sendiri, namun harus bisa memberikan effort serta motivasi bagi anggota team. Sikap yang individualis, bossy dan otoriter tidak akan menjadikan usaha anda dapat berkembang. Memberikan atmosfer nyaman dalam usaha anda akan menjadi semangat bagi anggota team anda. Seorang entrepreneur harus bisa menjadi pelopor dan seorang leader yang baik.

Ikhlas dan Bersyukur

Tidaklah mudah menerima kegagalan atau mungkin keputusan yang anda ambil itu salah. Belajar dari pengalaman merupakan kunci sukses seorang entrepreneur.

Ikhlas dan bersyukur dengan apa yang telah dimiliki akan membuat seorang entrepreneur memiliki sifat yang rendah hati dan tidak cepat puas dengan apa yang telah dicapai. Justru hal itu akan membuat seorang entrepreneur atau pengusaha akan tetap berlajar dari pengalaman dan dapat mengevaluasi diri.

Selain membantu anda menjual produk dengan mudah di media sosial. AVANA juga turut andil dalam memberikan pelatihan digital marketing, tidak hanya strategi dalam berbisnis dan memanfaatkan berbagai peluang dalam bisnis. AVANA juga memberikan edukasi dan menjadikan anda seorang entrepreneur namun lebih dari sekedar entrepreneur

Tags: , , , , , , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.