Kenal Lebih dalam Dengan Bisnis Jastip dan Cara Memulainya

October 22, 2021 4:46 pm Published by Leave your thoughts

Hi teman AVANA!

Pernah nggak sih, ingin membeli suatu produk tapi kesulitan untuk membelinya? Misalnya, karena lokasinya yang jauh dari rumah, atau bahkan produk yang Anda inginkan hanya ada di negara tertentu saja? Atau, produk yang Anda inginkan tidak melakukan penjualan secara online?

Hmm, kalau sudah begitu, bagaimana ya cara mudah untuk mendapatkan produk tersebut?!

Tentunya dengan Jastip!

Teman AVANA familiar nggak dengan bisnis yang satu ini? Sederhananya, bisnis jastip atau jasa titip merupakan suatu layanan jasa yang ditawarkan oleh seseorang pada mereka yang ingin membeli suatu produk namun tidak bisa pergi ketempat yang diinginkan karena berbagai alasan seperti yang dijelaskan tadi. Pelaku bisnis jastip biasanya mengambil untung kisaran 10-20% dari harga produk yang ditawarkan sebagai bentuk “fee” dari jastip ini. 

Anda nggak hanya bisa menggunakan jasa titip ini, namun Anda juga bisa lho memulai bisnis jastip ini! Bisnis jastip pada umumnya tidak memerlukan modal untuk stok barang, karena Anda akan membuat sistem Pre Order, dimana calon pelanggan akan membayar terlebih dahulu sebelum Anda membeli produknya. 

Kalau dulu, jastip sering kali identik dengan barang-barang dari luar kota atau luar negeri. Biasanya, mereka yang bepergian ke luar kota atau luar negeri, membuka jasa titip ini. Namun sekarang, jastip pun tidak hanya bisa dilakukan saat Anda pergi ke luar kota atau luar negeri saja, saat ini banyak sekali jastip dalam kota seperti jastip produk di mall, atau jastip produk kuliner yang sedang hype. Sehingga, Anda tetap bisa berbisnis jastip meskipun Anda tidak sedang bepergian ke luar kota maupun luar negeri!

Keuntungan yang di peroleh oleh pelaku bisnis biasanya 20% dari harga barang, wah sangat menguntungkan bukan? Untuk Anda yang memang penasaran dengan bisnis jastip, AVANA punya tips dan trik agar bisnis jastipmu bisa mendulang keuntungan berlimpah.

Nah, Anda ingin memulai bisnis jastip? Simak yuk, cara memulai bisnis jastip berikut ini!

Tentukan Produk & Lokasi Jastip

Pertama, Anda perlu menetukan produk apa saja yang ingin Anda tawarkan. Anda juga harus menyesuaikannya dengan lokasi Anda berbelanja barang titipan ini. Misalnya, Anda ingin berbelanja di sebuah mall, Anda bisa menawarkan beberapa produk dari brand ternama dalam mall tersebut. 

Lakukan Promosi Bisnis Jastip

Untuk mendapatkan pelanggan, Anda wajib melakukan pemasaran yang tepat. Di era serba digital ini, Anda bisa memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan bisnis jastip Anda. Buat akun media sosial khusus jastip ini, dan rajinlah membuat konten dan membagikan info yang up to date. Anda juga bisa memanfaatkan fitur-fitur media sosial seperti LIVE shopping di Instagram ataupun Facebook. 

Aturlah Jadwal untuk Berbelanja Jastip

Dalam membuka usaha jastip, Anda harus multitasking dan pandai mengatur waktu kapan harus berbelanja, mengemas produk dan mengirim produk. Jangan sampai pengemasan dan pengiriman produk terbengkalai atau Anda telat membelanjakan pesanan dari pembeli, karena hal tersebut mempengaruhi penilaian dan kepuasan mereka.

Ketahui Trik Packing Barang 

Jika Anda melakukan jastip di dalam negeri atau dalam kota Anda sendiri, packing barang mungkin tidak perlu dikhawatirkan. Namun, jika Anda melakukan jastip dari luar negeri, Anda harus mengetahui trik packing barang. 

Anda juga harus mengetahui aturan-aturan bea cukai agar barang Anda tidak disita. Trik packing barang bisa di lakukan dengan menghemat space koper, serta cara melipat atau memanage barang agar lebih efektif. 

Rutin Belanja dan Selalu Update Tentang Bisnis Jastip

Dalam berbisnis jastip, jika Anda ingin mendapatkan keuntungan tentu saja haus di lakukan secara rutin, agar costumer semakin menaruh kepercayaan pada bisnismu.

Selain itu teruslah update, dengan mempelajari produk dan promosi yang sedang berlangsung akan sangat menguntungkan bisnismu seiring dengan perkembangan zaman. 

Berikan Pelayanan yang Baik.

Pelayanan yang Baik adalah kunci kesuksesan tiap bisnis, termasuk bisnis jastip ini. Untuk mempertahankan pelanggan, Anda bisa terus memberikan pelayanan yang baik dan maksimal, misalnya nggak ada salahnya Anda melayani permintaan pembelanjaan produk dari pembeli di luar jenis produk atau merek yang Anda unggah di media sosial.

Dengan itu, pelanggan akan lebih percaya dan merasa bisnis Anda bisa diandalkan. 

Gimana? Tertarik untuk memulai bisnis jastip?

Selamat mencoba ya!

Tags: , , , ,

Categorised in:

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *