Jualan Frozen Food? Ini Tips Packing Aman, Mudah dan Praktis!

December 23, 2021 1:44 pm Published by Leave your thoughts

Jualan Frozen Food? Ini Tips Packing Aman, Mudah dan Praktis!

Hi Teman AVANA! Tau dong ya, kalau makanan beku merupakan makanan yang mudah, murah dan banyak dicari orang? Terutama di masa pandemi ini. Banyak orang yang menghindari pergi keluar rumah dan berujung menyetok banyak frozen food agar makan jadi lebih praktis. Nah, hal ini juga pastinya membuat banyak orang mulai berjualan frozen food karena jadi ladang cuan yang menjanjikan. 

Namun, jika Anda tertarik menjalankan bisnis frozen food, ada hal-hal yang perlu Anda perhatikan. Salah satunya adalah cara packaging yang tepat, terutama ketika ada pesanan yang jaraknya cukup jauh dari lokasi Anda atau bahkan pesanan dari luar kota.  Agar pesanan frozen food pelanggan sampai ke tangan mereka dalam keadaan tidak basi, Anda harus memperhatikan beberapa. Gimana ya cara packaging frozen food yang aman, mudah dan praktis? Simak tipsnya sama-sama yuk!

Kemasan Wajib Tertutup Rapat!

Tips pertama packing frozen food adalah Anda harus memastikan bahwa packaging yang Anda gunakan tertutup dengan rapat untuk menghindari masuknya partikel-partikel yang bisa membuat makanan menjadi rusak atau basi. Untuk ini, Anda bisa menggunakan plastik dan mem-vacuumnya. Frozen food yang dipacking dengan vacuum bisa tahan lebih lama dalam perjalanan menuju rumah pelanggan.

Gunakan Bubble Wrap dan Alumunium Foil

Langkah berikutnya untuk mempacking frozen food yang ingin dikirim menggunakan bubble wrap dan juga ice gelnya pada kedua sisi atas dan bawah makanan Anda. Agar lebih maksimal, Anda bisa memasukkan frozen food ke dalam alumunium foil agar suhunya tetap terjaga. Oh iya, pastikan Anda merekatkannya dengan baik agar packaging tidak akan terbuka saat pengiriman. 

Wadah Styrofoam atau Kotak Es

Ingin packing lebih maksimal? Anda bisa menggunakan styrofoam atau kotak es. Keduanya memiliki kemampuan menjaga suhu yang baik, sehingga makanan beku yang kamu kirim tidak mudah meleleh ketika pengiriman. Gunakan wadah styrofoam atau kotak es yang memiliki ukuran yang besar agar Anda bisa memasukkan es di dalamnya, supaya suhu di dalamnya semakin terjaga dengan baik.

Masukkan ke Dalam Box Dus yang Kuat

Selesai dibungkus dengan rapih dan aman, masukkan Frozen Food Anda ke dalam box kardus tanpa meninggalkan ruang hampa atau kosong. Jika terdapat ruang kosong pada box kardus, Anda dapat menggunakan potongan kardus atau potongan kertas untuk mengisi ruang kosong pada paket. Setelah itu, pastikan paket Anda dilakban dengan kuat ya.

Jadi, itu dia beberapa langkah untuk packing bisnis frozen food Anda untuk pengiriman jarak jauh. Oh iya, frozen food juga tidak bisa berlama-lama di luar freezer/ruangan ya. Jadi pastikan Anda tidak mengirim frozen food terlalu jauh yang memakan waktu pengiriman berhari-hari.

Selamat mencoba dan semangat berjualan ya!

Tags: , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published.