Jualan di WhatsApp? Ini Cara Buat Akun WhatsApp Bisnis

September 9, 2021 2:03 pm Published by Leave your thoughts

Apakah saat ini Anda masih menggunakan WhatsApp biasa untuk berjualan? Sudah kenalan belum, dengan WhatsApp bisnis? WhatsApp Bisnis muncul pada permulaan tahun 2018 sebagai aplikasi yang didedikasikan untuk pemilik usaha kecil dan menengah. WhatsApp Bisnis diharapkan dapat mempermudah pemilik bisnis untuk terhubung dengan pelanggan mereka dan membangun loyalitas, sesuatu yang demikian itu penting akhir-akhir ini. 

Baca juga: Manfaat WhatsApp Commerce Sebagai Channel Penjualanmu

Sebenarnya, WhatsApp bisnis cukup mirip dengan aplikasi WhatsApp biasanya. Namun ada beberapa fitur tambahan yang memang dibuat untuk para pemilik bisnis. Nah, tertarik untuk membuat akun WhatsApp bisnis? Yuk, simak cara membuatnya!

Cara Membuat Akun WhatsApp Bisnis

1. Download Aplikasi WhatsApp Bisnis

Cara buat akun WhatsApp bisnis pertama yang harus Anda lakukan adalah download WA Bisnis di Google Play Store untuk Android atau App Store untuk iOS terlebih dahulu. Setelah terinstall, buka aplikasi WhatsApp Bisnis lalu tap Agree and Continue lalu ikuti arahan untuk melanjutkan step berikutnya. 

2. Daftarkan Nomor Ponsel

Setelah itu, daftarkan nomor ponsel Anda. Sama dengan akun WhatsApp personal, ketika ingin membuat WhatsApp bisnis, Anda juga membutuhkan nomor telepon aktif. Pastikan juga nomor tersebut tidak terdaftar di akun WhatsApp personal Anda/akun WA bisnis lain.

Biasanya, sistem akan secara otomatis mengirim kode verifikasi melalui SMS. 

3. Melengkapi Profil Bisnis

Selanjutnya, Anda bisa melengkapi profil bisnis Anda seperti nama bisnis, domisili, email, detail kontak, dan sebagainya. Caranya adalah dengan klik menu Settings > Business Settings > Profile lalu klik save di kanan atas. 

Nah, akun WhatsApp bisnis Anda sudah terdaftar! Setelah ini, Anda bisa mulai mempromosikan bisnis Anda melalui WA Bisnis dan bisa memanfaatkan fitur-fitur yang ada di WhatsApp bisnis. 

whatsapp bisnis, cara buat whatsapp bisnis, fitur whatsapp bisnis, whatsapp business

Berikut beberapa fitur WhatsApp Bisnis yang bisa Anda gunakan:

Fitur Auto Greeting

Fitur ini bisa Anda gunakan saat pelanggan pertama kali menghubungi WhatsApp bisnis toko Anda. Anda dapat membuat pesan seperti berupa salam, FAQ, atau tata cara pemesanan. Dengan fitur ini, Anda bisa menghemat waktu untuk membalas chat pelanggan. 

whatsapp bisnis, cara buat whatsapp bisnis, fitur whatsapp bisnis, whatsapp business

Auto Reply Scheduler

Seperti halnya fitur auto greeting, fitur auto reply ini juga akan menghemat waktu Anda membalas pesan pelanggan. Fitur ini dapat Anda manfaatkan saat calon pelanggan menghubungi Anda di luar jam kerja. Mereka akan tetap menerima balasan pesan yang isinya bisa Anda atur sesuka hati Anda. 

Broadcast Message

Ingin pelanggan Anda menerima pesan yang sama sekaligus? Misalnya, pesan berisi promosi diskon atau produk baru? Manfaatkan fitur broadcast message ini ya. Anda bisa langsung mengirimkan pesan ke seluruh customer sekaligus.customer sekaligus.

whatsapp bisnis, cara buat whatsapp bisnis, fitur whatsapp bisnis, whatsapp business

 Fitur Quick Replies

Pasti ada beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh calon pelanggan Anda. Misalnya, “Produk dikirim darimana?” “Apakah produk bisa dikirim hari ini?” Pertanyaan-pertanyaan tersebut bisa Anda jawab dengan fitur quick replies. Caranya, buat beberapa pesan singkat yang berisi jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan. Jika ada chat yang masuk, ketik simbol garis miring “/” pada keyboard, maka akan muncul quick replies yang sudah dibuat sebelumnya.

Baca juga: Tips Agar Jualan Laris Lewat WhatsApp!

Label pesan

Anda bisa menggunakan fitur label pesan untuk mengelompokkan para pelanggan sesuai isi chat-nya. Misalnya, label untuk pelanggan yang sudah bayar, label untuk pelanggan yang barangnya sedang diproses, atau label untuk pelanggan yang barangnya sudah dikirimkan. 

Statistik pesan

Terakhir adalah fitur statistik. Anda bisa mengetahui jumlah pesan yang terkirim, pesan yang tersampaikan, sampai pesan yang sudah dibalas atau hanya dibaca saja oleh pelanggan. Melalui fitur ini, kita dapat menilai seberapa besar pengaruh interaksi terhadap customer.

Baca juga: Ide Konten WhatsApp Story Untuk Bisnis

WhatsApp Commerce

Itu dia cara buat akun WA bisnis dan beberapa fitur di dalamnya. Untuk memaksimalkan penjualan via WhatsApp, Anda pun bisa lho memanfaatkan fitur WhatsApp Commerce. 

Di WhatsApp Commerce ini, calon pelanggan bisa lebih mudah saat ingin melakukan orderan. Calon pelanggan bisa langsung memilih produk melakukan order, dan transaksi tanpa perlu keluar dari aplikasi AVANA. Menarik banget kan?

Sebagai penjual, Anda bisa dengan mudah membagikan link di berbagai platform media sosial agar lebih banyak orang yang membeli produk Anda, meningkatkan penjualan, serta Anda bisa melayani pelanggan dengan lebih efisien. Ohiya, terdapat beragam keuntungan lain juga lho yang terdapat di WhatsApp Commerce seperti:

whatsapp bisnis, cara buat whatsapp bisnis, fitur whatsapp bisnis, whatsapp business
  • Flow checkout yang simpel tanpa harus keluar aplikasi
  • Terdapat fitur WhatsApp Rotator yang bisa membagi rata chat Whatsapp ke admin
  • Terintegrasi dengan sistem pembayaran dan pengiriman
  • Lihat katalog tanpa tanya admin

Gimana? Menarik banget ya WhatsApp Commerce ini? Mau nggak, ubah pengguna WhatsApp menjadi pelanggan toko Anda? AVANA bisa bantu Anda lho! Tertarik? Klik link berikut ya

Tags: , , , ,

Categorised in: , ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *