Jenis-Jenis SEO On-Page & Off-Page : Pengertian, Tujuan, dan Keuntungan

April 20, 2021 12:26 pm Published by Leave your thoughts
jenis-jenis seo

Buat Anda yang memiliki website toko online maupun website pribadi, SEO masih menjadi salah satu hal terpenting yang menentukan apakah website Anda bisa ditemukan oleh pengguna internet atau tidak. Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan menerapkan SEO dalam bisnis online. Untuk bisa memanfaatkan SEO secara maksimal, simak apa saja jenis-jenis SEO, pengertian SEO on-page, manfaat SEO on-page, contoh SEO on-page, pengertian SEO off-page, tujuan SEO off-page hingga keuntungan SEO off-page.

Jenis-Jenis SEO

Secara umum, Search Engine Optimization (SEO) dibagi menjadi 2 yaitu SEO on-page dan SEO off-page. Sederhananya, SEO on-page berfokus pada mengoptimasi faktor-faktor yang ada di dalam website Anda dan berada dalam kontrol Anda, sementara SEO off-page berfokus pada peningkatan otoritas domain Anda yang biasanya sangat bergantung pada backlink.

Berikut merupakan pengertia SEO on-page dan SEO off-page

SEO on-page

apa itu Search Engine Optimization

Pengertian SEO on-page

Meskipun sulit dijelaskan secara harafiah, pada dasarnya pengertian SEO on-page adalah berbagai langkah dan proses yang Anda lakukan untuk mengoptimalkan SEO di bagian dalam atau internal website Anda, tanpa melibatkan pihak-pihak lain.

Manfaat SEO on-page

Baik SEO on-page maupun SEO off-page sebenarnya memiliki tujuan yang sama, hanya metodenya saja yang berbeda. Manfaat SEO on-page adalah untuk membantu website Anda agar bisa mencapai posisi yang lebih tinggi di mesin pencari.

Secara tidak langsung, SEO on-page ini seharusnya akan mempermudah pembaca, menciptakan struktur konten yang mudah diakses, dibaca, dan dipahami oleh pembaca, serta sesuai dengan tujuan awal mereka ketika mencari informasi melalui mesin pencari seperti Google.

Contoh SEO on-page

Contoh SEO on-page sebenarnya ada bermacam-macam. Untuk Anda yang ingin menulis konten yang sesuai kaidah SEO on-page, pastikan menyiapkan checklist berikut ini.

Kualitas Konten

Contoh SEO on-page yang paling utama adalah kualitas konten. Seperti yang banyak orang, “Konten adalah Raja”. Apabila konten Anda bagus dan bermutu, maka pengunjung akan menghabiskan banyak waktu di website Anda atau bahkan merekomendasikan konten Anda kepada orang-orang lain yang pastinya akan berdampak positif pada SEO on-page website Anda.

Kata Kunci

Meskipun kata kunci dianggap tidak lagi sepenting dulu, faktanya kata kunci ini masih berpengaruh besar pada SEO konten Anda.

Namun tren sekarang dikabarkan telah bergesar ke long-tail keyword (kata kunci panjang) untuk menarget pengguna internet secara spesifik agar mereka bisa memperoleh informasi yang benar-benar mereka butuhkan.

Meta Deskripsi

Jika Anda tidak mengenal istilah ini, Anda pasti tetap faimilar dengan kolom yang satu ini, bukan?

pengertian seo on page dan seo off page

Yap itulah yang disebut dengan meta deskripsi. Ketika pengguna internet mencari informasi melalui Google, maka itulah informasi pertama yang bisa mereka temukan mengenai konten yang ada di website Anda.

Meta deskripsi termasuk salah satu jenis-jenis SEO yang sangat penting karena bisa menentukan apakah seseorang akan mengklik dan masuk ke website Anda atau tidak.

Struktur Konten

Contoh SEO on-page lain yang tidak kalah pentingnya adalah struktur konten. Ketika menggunakan microsoft word untuk membuat artikel, Anda pasti familar dengan istilah H1 (Heading), H2 (sub-heading), H3, dan seterusnya.

Heading tersebut akan sangat penting ketika Anda menulis konten di website. Manfaat SEO on-page yang satu ini adalah untuk membuat struktur artikel yang mudah dibaca dan dipahami.

pengertian seo on page

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan plugin Daftar Isi (contoh : Easy Table of Contents) yang akan secara otomatis membuatkan daftar isi untuk setiap artikel Anda.

Dengan menggunakan plugin tersebut diharapkan toko online Anda bisa muncul di halaman snippet Google seperti salah satu konten dari AVANA berikut ini.

manfaat seo on page
Manfaat SEO on-page : Website Anda bisa muncul di snippet Google
contoh seo on page
Salah satu contoh SEO on-page : penggunaan plugin Daftar Isi dan Tag

Pada daftar isi tersebut, Anda bisa dengan jelas melihat konten terdiri dari struktur yang teratur berupa H1 dan H2 untuk memudahkan pembaca.

Title Tag

Selain struktur konten, Title Tag juga menjadi salah satu jenis-jenis SEO dan contoh SEO on-page yang tidak kalah pentingnya. Sederhananya, title tag adalah judul dari artikel Anda.

Misalnya pada contoh di bawah ini, Title Tag-nya adalah “Mengejutkan, Ini Manfaat SEO Dalam Bisnis Online.”

Title Tag pada SEO on-page

Ketika menulis judul, usahakan agar judul tidak melebihi 65 karakter dan mengandung kata-kata yang bisa menarik perhatian pembaca untuk membaca artikel Anda hingga akhir.

Alt Text

Untuk Anda yang belum familiar dengan SEO mungkin tidak terlalu mengenal istilah ini. Pada dasrnya, alt text adalah kata-kata tertentu yang bisa mendeskripsikan gambar yang Anda masukan di artikel. Mesin pencari Google tidak memiliki kemampuan untuk “membaca” gambar. Oleh karenanya ia membutuhkan alt-text untuk bisa mendeteksi gambar apa yang Anda masukan di artikel.

Dengan memasukan Alt-Text yang tepat, artikel Anda bisa muncul di pencarian gambar di Google, contohnya seperti salah satu artikel dari AVANA berikut ini.

Pentingnya Alt-Text untuk SEO on-page

SSL

Contoh SEO on-page yang satu ini mungkin sedikit rumit dan lebih mudah dipahami oleh programmer atau mereka yang terbiasa bekerja dengan HTML. SSL adalah Secure Socket Layer atau sederhananya, sistem keamanan tertentu yang bisa dipasang di website Anda.

SSL bisa melindungi data pengunjung di website Anda dari pihak ketiga yang tidak diinginkan. Manfaat SEO on-page yang satu ini adalah bisa membuat halaman website Anda “lebih disukai” oleh Google dan tentunya akan berpengaruh pada ranking website Anda di Google.

Internal Linking

Jenis-jenis SEO on-page lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah internal linking. Kalau Anda tidak pernah mendengar istilah ini, kurang lebih begini penjelasannya.

cara membuat internal linking

Ini adalah salah satu konten website AVANA. Jika Anda mengklik tulisan biru, “SEO vs SEM, Manakah yang Lebih Baik untuk Bisnis Anda?” Anda akan diarahkan ke halaman lain dari website AVANA, yaitu : https://blog.avana.id/seo-vs-sem-manakah-yang-lebih-baik-untuk-bisnis-anda/

Manfaat SEO on-page ini ada dua, yaitu untuk menyajikan informasi yang lebih lengkap kepada audiens Anda sekaligus meningkatkan jumlah tayangan halaman oleh pengguna.

Performa Halaman Web

meningkatkan performa halaman web

Faktor SEO on-page lain yang tidak kalah pentingnya adalah performa halaman web. Berdasarkan data dari websitesetup.org, rata-rata waktu loading halaman web versi desktip adalah 10,3 detik. Sementara pada versi movile adalah 22 detik.

Namun faktanya, 53% pengguna internet yang menggunakan versi mobile akan meninggalkan website jika waktu loading lebih dari 3 detik. Oleh karenanya, hubungi tim developer Anda untuk memastikan website Anda membutuhkan waktu loading yang cepat.

SEO off-page

Pengertian SEO off-page

Pengertian SEO off-page adalah langkah atau proses yang Anda lakukan untuk meningkatkan otoritas website Anda di mesin pencari.

Apa itu otoritas website. Sederhanyanya, DA (Domain Authority) adalah sebuah nilai yang diberikan kepada website Anda mengenai seberapa terpercayanya website Anda dibandingkan website-website lainnya.

Tujuan SEO off-page

Ketika berbicara tentang SEO off-page, faktor yang paling menjadi penentu adalah DA dan backlink. Backlink sendiri adalah link yang diberikan website dari domain lain kepada domain Anda. Sebagai contohnya berikut ini.

pengertian seo off page

Ini adalah website centrausaha.com. Jika Anda mengklik tulisan biru “website toko online gratis AVANA”, Anda akan dihubungkan ke salah satu halaman website AVANA. Dalam kasus ini, centrausaha memberikan backlink ke AVANA karena kontennya yang dianggap terpercaya.

Ketika hal ini terjadi, maka otomatis nilai DA AVANA akan meningkat.

Beberapa pakar SEO bahkan mengunkapkan bahwa jika “Konten adalah Raja”, maka “Backlink adalah Ratunya.” Untuk mendapatkan backlink, cara yang paling mudah adalah dengan membuat konten yang berkualitas. Akan lebih baik lagi jika konten Anda mengandung grafik, statistik, atau data.

Keuntungan SEO off-page

keuntungan seo off-page

Keuntungan SEO off-page yang paling utama adalah untuk meningkatkan DA, yang selanjutnya akan berdampak pada peningkatan ranking website Anda di mesin pencari dan akan berpengaruh kepada bertambahnya jumlah trafik atau pengunjung website Anda.

Dibandingkan SEO on-page, keuntungan SEO off-page adalah meningkatnya kemungkinan konten-konten artikel Anda berikutnya untuk berada di posisi teratas bahkan jika konten tidaklah terlalu lengkap atau seberkualitas konten website lain.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Dengan toko online, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan omzet Anda juga bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *