Jadilah Pengusaha Anti Gaptek Dengan Social Media Marketing

September 18, 2019 3:55 pm Published by 3 Comments

Hello Teman AVANA, kemaren kan kita sudah membahas tentang apa itu content marketing dan email marketing, sekarang kita bahas social media marketing.

Apa Itu Social Media Marketing ?

Social media marketing merupakan suatu bentuk promosi melalui media digital. Social media digunakan untuk membangun keterikatan dengan konsumen (engagement). Social media memiliki fitur-fitur unik yang memungkinkan terjadinya percakapan untuk membentuk word of mouth (dari mulut ke mulut) dengan mengklik tombol share, like dan re-tweet (contohnya seperti yang terdapat pada Facebook dan Twitter).

Social media marketing saat ini sangat berkembang pesat karena audience lebih menyukai proses transaksi belanja atau menggunakan jasa dengan cara yang lebih praktis dan anti ribet!. Para pengusahapun akhirnya memutar stir, beralih ke social media untuk memasarkan produknya. Semakin banyak area social media marketing yang dibangun, maka akan semakin besar pula dampak yang dihasilkan bagi website bisnis online anda.

Ada beberapa social media yang populer dikalangan masyarakat, seperti facebook, twitter, youtube, linkedin, instagram dan masih banyak lainnya.  Di setiap social media yang digunakan memiliki tata cara pemakaian yang berbeda-beda. Seperti instagram misalnya yang hanya dapat membagikan foto dan video yang dapat di isi dengan link, keterangan, tag dan hastag. Lain halnya dengan facebook yang memiliki beragam fitur yang dapat kita manfaatkan, seperti pembuatan fanpage, group, status Video, status link, status foto dan lainnya.

Apakah Dalam Berbisnis Membutuhkan Social Media Marketing?

Jawabannya tentu adalah YA!

Karena revolusi industri 4.0 tentu saja social media memiliki pengaruh yang sangat besar untuk kemajuan bisnis anda saat ini. Dilansir dari berbagai sumber dilihat dari target audience.

Hootsuite Social

Social media lebih banyak digunakan oleh rentang usia 25-34.  Hal ini dikarenakan pengguna social media tidak hanya dipenuhi oleh kaum millennials dan Gen-Z saja namun juga generasi di atasnya yang juga banyak memiliki usaha sendiri. Mengintegrasikan Social Media Marketing ke dalam komponen/funnel marketing Anda menjadi hal yang wajib melihat banyaknya pengguna Social Media saat ini.

Manfaat Social Media Marketing Untuk Bisnis Anda

Tentu saja social media marketing memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda. Sosial media marketing dapat meningkatkan brand awareness kepada masyarakat. Meningkatkan brand awareness cukup menjadi sebuah tantangan bagi anda para pengusaha yang akan merilis usahanya.

Menggunakan social media sebagai platform untuk meningkatkan brand awareness (terutama di Indonesia) menjadi salah satu pilihan terbaik saat ini. Mengingat jumlah pengguna Social Media di Indonesia pada tahun 2019 mencapai 150 juta orang. Jika customer Anda merupakan pengguna Social Media, melakukan pemasaran melalui platform ini sudah menjadi hal yang wajib.

Social media marketing juga dapat meningkatkan hubungan Anda dengan Audience, dengan terikat dengan sosial media Audience akan selau memantau store Anda di media sosial, mereka akan membeli produk anda atau akan meng-keep produk anda untuk dibeli di lain waktu.

Belajar dari kompetitor merupakan salah satu manfaat dari social media marketing, Anda dapat melihat bagaimana strategi kompetitor bisnis Anda hanya dari media social mereka. Anda dengan akan sangat mudah menggembangkan bisnis yang akan Anda jalankan dengan bercermin dari kompetitor sehingga Anda akan menciptakan inovasi-inovasi baru.

Tips Memilih Platform Yang Tepat

Untuk berbisnis tentu saja Anda memerlukan “wadah” yang tepat untuk memasarkan produk Anda, memilih platform media sosial merupakan kunci penting untuk menarik audience. Bagi brand besar mungkin memilih platform bukanlah hal yang sulit karena memiliki tenaga dan budget yang mendukung, namun bagis pengusaha pemula harus lebih di cermati. Dilansir dari beberapa sumber.

Hootsuite Social

Untuk berbisnis, facebook memiliki urutan pertama dengan jumlah pengguna yang fantastis, platform besutan Mark Zuckerberg ini tentu saja akan menunjang penjualan produk Anda. Namun data ini bukanlah patokan yang mutlak untuk Anda, tetap lakukan riset sesuai dengan mangsa pasar yang Anda rancang.

Social Media Metrics (Parameter)

Social Media Metrics adalah data dan tolak ukur yang digunakan ketika mengukur kesuksesan post atau konten Anda di Social media. Parameter ini akan mengukur bagaimana posting anda untuk menggapai audience. Diantaranya impression, reach, video view dan enggangement.

Seberapa Sering Posting di Social Media?

Frekuensi Anda dalam memposting konten atau produk Anda sebetulnya tidak dapat di pastikan secara mutlak, namun terlalu sering posting akan membuat followers merasa terganggu. Hal ini bisa berdampak buruk, terlebih lagi jika konten Anda dinilai tidak menarik oleh followers.

Selain itu, jam posting juga harus disesuaikan dengan jam aktif followers agar konten Anda muncul ketika followers Anda online. Tidak hanya share produk Anda, Anda harus membagikan konten yang menarik.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

3 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *