Ini Tips Mengelola Keuangan Usaha Wirausaha Anda!

November 30, 2020 5:36 pm Published by Leave your thoughts
manajemen-keuangan-usaha-wirausaha

Mengelola keuangan usaha merupakan hal penting yang harus dikuasai oleh para wirausahawan. Tentunya hal ini tidaklah mudah untuk dilakukan. Untuk itu simak tips-tips berikut agar anda lebih ahli dalam mengelola keuangan usaha wirausaha mu.

Mengelola Keuangan Usaha: Pisahkan Uang Usaha dengan Uang Pribadi

Memisahkan uang usaha dengan uang pribadi merupakan hal yang penting dalam menjalankan usaha. Ini juga merupakan bagian penting dalam mengelola keuangan usaha anda. Tidak menggabungkan uang usaha dengan uang pribadi dapat membantu perkembangan usaha yang dijalankan. Hal ini berlaku baik untuk pemasukan maupun pengeluaran. Tidak memisahkan dua hal ini dapat menyebabkan adanya gangguan pada arus kas usaha.

Tentukan Target Keuangan

Dalam menjalankan usaha, tentunya anda memiliki target-target yang ingin dicapai. Anda juga dapat mulai membuat target keuangan yang ingin diraih. Buatlah target tersebut dalam bentuk skema atau data, dengan begitu anda akan bisa menganalisis strategi apa yang paling efektif untuk mencapai target tersebut.

Membuat Perencanaan Penggunaan Uang

mengatur-keuangan-wirausaha

Perencanaan penggunaan uang dilakukan agar sebuah usaha tidak akan kekurangan dana. Hal ini juga akan membuat anda pelaku usaha lebih berhati-hati dalam menggunakan uang yang ada. Anda harus bijak dalam menggunakan uang tersebut, apakah ada manfaatnya? Apakah penggunaan tersebut akan meningkatkan penjualan? 

Agar pengengunaan uang ini dapat dimaksimalkan buatlah perencanaan keuangan ini dalam periode tertentu.

Membuat Laporan Keuangan

perencanaan-keuangan-wirausaha

Melalui laporan keuangan anda dapat mengontrol pemasukan dan pengeluaran usaha anda. Laporan keuangan ini dimaksudkan agar pemilik usaha dapat secara mudah terpantau dan tercatat secara rinci dan rapih. Hal ini juga dapat menjadi bahan evaluasi perkembangan usaha anda secara berkala.

Mengelola Arus Kas

Pengelolaan arus kas sebuah usaha harus dilakukan secara berkala. Kapan waktu menerima uang, mengeluarkan uang dan kapan anda punya cash atau tidak. Jika arus kas lancar maka pemenuhan kewajiban akan lancar, selain itu hal ini juga dapat berpengaruh secara positif bagi perkembangan usaha anda. Lalu, anda juga bisa mengantisipasi terjadinya minus pada usaha yang dijalankan.

Miliki Dana Darurat

Karena masa depan tidak dapat diprediksi maka menyisihkan sebagian dana yang dimilik untuk dana darurat merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal ini dapat membantu mengurangi beban anda saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Nah, itu dia beberapa cara yang patut anda terapkan dalam mengelola keuangan usaha wirausaha anda. Jangan sampai ada yang terlewat ya!

Bagi Anda yang belum memiliki website toko online untuk berjualan, dapatkan GRATIS SELAMANYA sekarang juga.

Cukup 5 menit : 

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online Gratis”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Rekomendasi Artikel :

  1. 5 Cara Closing Penjualan Online Bikin Produk Langsung Ludes
  2. 5 Cara Jualan Di Instagram Agar Laris Di Tengah Kompetisi
  3. Manfaat Digitalisasi Bisnis Bagi Bisnis Anda

Jika Anda merasa artikel ini bermanfaat, bagikan kepada teman-teman Anda yang membutuhkan. Berbagi kebaikan, menambah berkah.

Categorised in:

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published.