Ini Perbedaan E-Commerce dan Social Commerce

July 27, 2021 3:01 pm Published by Leave your thoughts

Anda mungkin sudah sering mendengar istilah E-Commerce. Namun, pernahkah Anda mendengar istilah Social Commerce? Keduanya memang sama-sama merupakan platform untuk berjualan dan belanja online. Namun, terdapat perbedaan lho di antara keduanya. Seperti apa ya perbedaannya? Yuk, kita kupas tentang perbedaan E-Commerce dan Social Commerce dalam artikel kali ini!

Electronic commerce atau ecommerce merupakan segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui internet. Hal yang dijual yaitu bisa berupa barang maupun jasa. Namun, pembeli tidak dapat melihat secara langsung bentuk fisik barang yang ingin dijual karena semua transaksi dilakukan secara online. Barang yang dibeli, kemudian akan dikirim melalui ekspedisi. 

Baca juga: 4 Cara Jitu Untuk Promosi Bisnis Makanan Anda

ecommerce, social commerce

Perbedaannya, jika Anda menggunakan E-Commerce untuk berbelanja, Anda perlu mengunjungi website atau aplikasinya terlebih dahulu. Namun, dengan Social Commerce, Anda bisa melakukan aktivitas jual-beli secara langsung di platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter hingga Whatsapp. 

Pelanggan yang berminat untuk membeli tidak perlu lagi diarahkan pembelian ke website untuk membeli produk yang mereka inginkan. Mereka bisa langsung mencari produk dan juga membayarnya via media sosial yang mereka gunakan saat itu. Menarik banget kan?

ecommerce, social commerce

Kelebihan ini jadi memudahkan proses belanja para pelanggan tanpa harus keluar dari aplikasi media sosial yang sedang mereka gunakan. Hal ini tentunya mampu mengurangi kebingungan para calon pelanggan yang sudah serius ingin melakukan pembelian produk tersebut.

E Commerce juga terdapat beberapa jenis lho, dilansir dari laman The Balance Small Business, ada beberapa jenis e-commerce yang saat ini sudah berkembang, yaitu Business-to-Business (B2B), Business-to-Consumer (B2C), Consumer-to-Consumer (C2C), Consumer-to-Business (C2B), Business-to-Administration (B2A), Business-to-Employee(B2E) dan Consumer-to-Administration (C2A). 

Sedangkan Social Commerce, terdapat beberapa platform media sosial yang mampu menawarkan fitur social commerce yaitu Facebook, Instagram, WhatsApp dan Telegram. 

Nah, sampai sini sudah paham belum kawan AVANA? Jika sudah, tertarik nggak nih menggunakan platform Social Commerce untuk bisnismu? Jika iya, Anda bisa menggunakan Platform Social Commerce AVANA. 

Kenapa sih, harus pilih Social Commerce?

Begini, selain kelebihan yang sudah disebutkan di atas, media sosial memungkinkan adanya interaksi yang lebih personal antara penjual dan pelanggannya. 

Baca juga: Manfaat WhatsApp Commerce Sebagai Channel Penjualanmu

Dengan adanya interaksi secara langsung tersebut, maka setiap pemilik bisnis dapat meningkatkan kepercayaan konsumen, sehingga mereka akan semakin yakin untuk membeli produk yang dijual oleh pebisnis tersebut. Selain itu, media sosial juga bisa digunakan untuk meningkatkan brand awareness perusahaan dan juga menjangkau target pasar yang lebih luas lagi lho!

AVANA merupakan platform social commerce untuk mendukung para pelaku bisnis dengan mengoptimalkan penjualan melalui Website, Facebook, Instagram, dan WhatsApp, LINE, hingga Telegram. Dengan menggunakan inovasi teknologi terbaru dan sistem yang terintegrasi dengan media sosial, AVANA telah membantu lebih dari 100.000 pelaku usaha yang ingin mengoptimalkan brand dan mengotomatisasi kan kemampuan bisnis secara online. Puluhan fitur canggih siap membantu Anda jualan lebih mudah dan efektif!

ecommerce, social commerce

Daftarkan yuk, bisnis online Anda di AVANA dengan voucher toko online GRATIS berikut ini!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags:

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *