Ini Lho, 5 Tips Ampuh Pertahankan Pelanggan!

August 27, 2021 10:44 am Published by Leave your thoughts

Hai teman AVANA!

Saat ini, nggak bisa dipungkiri lagi kalau persaingan bisnis terasa begitu ketat. Oleh karena itu, agar bisnis dapat tetap bertahan, produk yang berkualitas dan marketing yang oke saja nggak cukup lho. Sebagai pemilik bisnis, Anda juga harus memperhatikan pelayanan yang baik. Dengan pelayanan prima, pelanggan akan setia dengan toko Anda. Nggak mau dong, pelanggan cuma sekali beli, terus kabur ke toko lain karena Anda nggak tahu cara mempertahan pelanggan?

tips bisnis, tips pertahankan pelanggan, tips agar pelanggan setia, tips bisnis sukses

Simak yuk, tips ampuh pertahankan pelanggan berikut ini!

Jaga Kualitas Produk

Tips pertahankan pelanggan yang pertama merupakan poin terpenting yang harus selalu Anda lakukan. Jika produk Anda bagus dan kualitasnya selalu terjaga, tentu pelanggan tidak akan repot-repot mencari toko lain. Pastikan Anda melakukan quality control setiap sebelum produk Anda dikirimkan ke para pelanggan ya. 

Setelah kualitas produk sudah dipastikan baik dan layak, barulah Anda melakukan langkah-langkah lain untuk meningkatkan kepuasan pelanggan Anda. 

Baca lagi: Berikut 5 Jenis Promosi Online Favorit Calon Pembeli!

Berikan Perhatian Lebih

Tips pertahankan pelanggan pertama yang bisa Anda lakukan adalah memberi perhatian lebih. Perlakukan pelanggan seperti seorang kerabat dekat, teman baik, atau seseorang yang Anda pedulikan! Salah satu caranya adalah dengan mengingat hari-hari spesial pelanggan. Anda pasti pernah dong, menerima email ucapan ulangtahun dari suatu brand? Cara tersebut bisa Anda lakukan sebagai bentuk perhatian lebih ke pelanggan agar mereka merasa spesial. Anda juga bisa memberikan potongan diskon untuk mereka di hari itu. 

tips bisnis, tips pertahankan pelanggan, tips agar pelanggan setia, tips bisnis sukses

Jaga Komunikasi yang Baik

Komunikasi yang baik nggak cuma wajib Anda jaga dengan kerabat terdekat saja. Sebagai pemilik bisnis, komunikasi yang baik dengan pelanggan merupakan kunci penting dalam mempertahankan pelanggan agar tetap setia. Bisnis Anda harus mudah dihubungi oleh pelanggan ya! Perluas jangkauan bisnis Anda dengan media sosial, nomor telepon aktif, chat WhatsApp dan sebagainya. 

Oh iya, jangan hanya mudah dihubungi saja ya. Usahakan juga untuk selalu fast response saat dihubungi oleh pelanggan. 

Hadiah  Spesial untuk Pelanggan Setia

Wah.. Siapa sih yang nggak suka dikasih hadiah secara cuma-cuma? Dalam bentuk apapun itu, rasanya tiap orang pasti senang ya diberi “hadiah”. Anda bisa melakukan cara ini untuk mempertahankan pelanggan agar tetap setia dengan bisnis Anda. Contoh hadiah yang bisa Anda berikan ke pelanggan setia Anda:

-Diskon 20% untuk pembelian ke-5 

-Free sample product setiap beli 2pcs

-Bantu promosikan toko di Instagram, dapat FREE ONGKIR!

tips bisnis, tips pertahankan pelanggan, tips agar pelanggan setia, tips bisnis sukses

Terbuka untuk Setiap Masukan

Poin ini merupakan poin penting yang perlu Anda lakukan untuk mempertahankan pelanggan bisnis Anda, yaitu dengan meminta masukan atau feedback dari pelanggan Anda. Setiap ada pelanggan yang memberi produk Anda, usahakan untuk menghubungi mereka dan meminta masukan tentang produk Anda. Dengan begini, Anda bisa tahu kekurangan produk Anda dan apa saja yang harus diperbaiki agar bisnis Anda bisa terus jadi lebih baik lagi dari segi kualitas, marketing maupun layanan. 

Itu dia beberapa tips pertahankan pelanggan yang bisa teman AVANA lakukan. Selain beberapa tips di atas, pastikan juga teman AVANA memaksimalkan penjualan dengan website toko online ya!

Baca juga: Ini 5 Fungsi Website Untuk Bisnis Online Anda!

Selain beragam platform media sosial, website juga dianggap merupakan salah satu sarana media digital penting untuk mempromosikan sebuah brand. Dengan website toko online, bisnis Anda bisa jadi lebih dipercaya dan profesional, bisa jadi sarana informasi bagi pelanggan, serta tempat untuk membuat katalog produk yang tepat. Saat ini, mungkin masih banyak orang yang merasa kesulitan membuat website bisnis online karena terhalang biaya pembuatan yang cukup mahal, atau minimnya informasi tentang cara membuat website bisnis online. Disini, AVANA bisa membantu Anda membuat website bisnis online secara mudah dan pastinya gratis! Yuk, ikuti langkah berikut ini:

tips bisnis, tips pertahankan pelanggan, tips agar pelanggan setia, tips bisnis sukses
  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda
Tags: , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Indira

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *