Ingin Usaha? Ini Jenis Jenis Bisnis Online Yang Dapat Anda Mulai

January 18, 2021 3:13 pm Published by Leave your thoughts
jenis jenis bisnis online

Keadaan yang sedang tak menentu di seluruh dunia ini membuat banyak orang ingin memulai bisnis. Perkembangan teknologi juga menjadikan bermunculannya bisnis online saat ini. Sebelumnya AVANA akan sebutkan dan jelaskan jenis-jenis bisnis online terlebih dahulu.


Berikut adalah pengertian dan jenis jenis bisnis online.

Pengertian Bisnis Online

jenis jenis usaha online

Bisnis online adalah aktivitas bisnis baik yang menawarkan produk atau jasa yang dilakukan melalui internet, mulai dari proses penawaran hingga transaksi selesai. Bisnis online ini menawarkan banyak keuntungan bagi pelakunya.

Keuntungan Bisnis Online

pengertian dan jenis jenis bisnis online

Sebelum membahas Jenis jenis usaha online ada baiknya Anda mengetahui keuntungan yang dapat anda peroleh dari menjalankan bisnis online ini, agar Anda semakin yakin untuk memulainya, apakah Anda sudah yakin? Begini mindset pebisnis sukses yang dapat Anda tanamkan dalam diri Anda.

  • Tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan tidak membutuhkan modal sama sekali. Ada banyak jenis jenis bisnis online yang dapat Anda jalankan, tidak mempunyai modal tidak akan menjadi halangan bagi Anda untuk memulai bisnis online. 
  • Menjalankan bisnis online sangat mudah, karena dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja baik dari sisi pelaku maupun pelanggan, berbeda dengan bisnis offline. 
  • Anda bebas menawarkan produk atau jasa apapun yang legal. 
  • Jangkauan pasar lebih luas. Berbisnis secara online membuat pemasaran dilakukan secara online juga, oleh karena itu jangkauan yang dicapai lebih luas dibanding offline.

Jenis Jenis Bisnis Online Beserta Produknya

jenis jenis bisnis online
  1. Dropshipping: Hanya berbekal smartphone atau laptop dan koneksi internet Anda sudah dapat memulai perjalanan Anda sebagai Dropshipper. Anda hanya tinggal mencari produsen yang ingin Anda jual produknya. Anda juga tidak perlu membeli barang produsen terlebih dahulu, cukup memasarkan dan meneruskan informasi pembeli kepada produsen, tugas Anda sebagai dropshipper sudah selesai. 
  2. Affiliate Marketing/Reseller: Hampir sama dengan sistem Dropshipper, namun perbedaan terletak pada jumlah komisi yang akan Anda terima, setiap pelanggan yang membeli produk dari program yang Anda dapatkan dari produsen. 
  3. PPC (Pay Per Click): Program ini memberikan bayaran untuk setiap klik untuk iklan yang ada di blog atau website Anda.
  4. PTR (Paid To Review)/PPP (Pay Per Post): adalah bisnis online di mana Anda dibayar untuk menulis review sebuah produk dari pemasang iklan, atau Anda dibayar sebagai content writer dan akan dibayar per-post atau per-tulisan. 
  5. Membuat Produk Sendiri/Menawarkan Jasa: Jika Anda memiliki keahlian tertentu, Anda juga dapat memasarkannya, misal membuat video, design, software, mengadakan kursus online, dll. Selain itu Anda dapat memproduksi produk sendiri, yang nantinya dapat Anda pasarkan di media sosial maupun marketplace.

Itulah jenis jenis bisnis online yang dapat Anda coba jalankan. Nah setelah membaca jenis jenis bisnis online tidak ada salahnya juga Anda mempelajari istilah-istilah yang digunakan dalam bisnis online pada artikel berikut ini.

Bagi Anda yang akan memulai bisnis online namun belum memiliki website toko online untuk berjualan, Anda bisa mendapatkannya secara mudah di AVANA, lho.

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

AVANA sudah tersedia di aplikasi Android dan iOS, bagi Anda yang tertarik menjadi Dropshipper atau Reseller pakai aplikasi AVANA akan lebih mudah!

Download sekarang!

Categorised in: ,

This post was written by adminuser

Leave a Reply

Your email address will not be published.