7 Ide Jualan yang Laris Setelah Lebaran 2021

April 19, 2021 11:59 am Published by Leave your thoughts
jualan yang laris setelah lebaran 2021

Bukan hanya masa Ramadhan dan puasa, lebaran juga bisa menjadi momen terbaik untuk mencari keuntungan dengan membuka usaha. Buat Anda yang sedang mencari inspirasi bisnis, simak ide jualan yang laris setelah lebaran berikut ini. Dengan menerapkan salah satu dari ide jualan setelah lebaran ini, dijamin Anda bisa memaksimalkan peluang usaha setelah lebaran dan memperoleh keuntungan melimpah dari bisnis setelah lebaran yang Anda buat.

Laundry

ide jualan setelah lebaran

Ketika masa libur lebaran, pastinya akan banyak cucian yang menumpuk karena asisten rumah tangga yang pulang kampung. Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk membuka bisnis setelah lebaran ini. Salah satu tips yang bisa coba Anda terapkan adalah dengan membuka jasa antar-jemput laundry mengingat banyaknya karyawan kantoran maupun anak kuliahan yang mungkin terburu-buru dan tidak bisa mengantarkan laundry-nya ke tempat cucian.

Langkah-Langkah Membuka Usaha Laundry

Untuk Anda yang ingin membuka usaha laundry, berikut beberapa hal yang perlu Anda persiapkan :

  • Cari tau berapa keuntungan usaha laundry dan modalnya

Sebelum membuka bisnis apapun, pastinya Anda harus mencari tau berapa keuntungan dari bisnis tersebut, apakah sepadan dengan modal yang Anda keluarkan? Untuk modal, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar 6 juta – 10 juta, tergantung jumlah mesin cuci dan biaya sewa tempat Anda.

Sementara apabila dihitung secara satuan, tiap sekilo cucian bisa dihargai sebesar Rp 6-10 ribu, dengan satu mesin cuci bisa menampung minimal 6 kg. Jika dihitung secara kasar, Anda bisa mendapatkan sebesar Rp 36 – 60 ribu untuk sekali cuci.

Jika per bulannya Anda bisa mendapatkan 100 pesanan, Anda sudah bisa mendapatkan keuntungan sebesar Rp 6.000.000, belum dipotong dengan biaya listrik, detergen, dan air.

  • Siapkan alat-alat yang dibutuhkan untuk usaha laundry

Untuk usaha laundry sendiri, Anda tidak perlu terlalu repot ketika menyiapkan alat. Pada umumnya, Anda hanya membutuhkan mesin cuci ( Rp 1 – 3 juta), alat setrika (Rp 100 – 200 ribu), timbangan pakaian, hanger, dan sewa tempat. ( Rp 1 juta -3 juta/bulan). Bagaimana, peluang usaha setelah lebaran yang cukup menarik, bukan?

Membuka Bengkel Motor dan Mobil

Usaha Bengkel motor dan mobil juga bisa jadi pilihan bisnis setelah lebaran yang cukup menggiurkan nih. Setelah liburan lama, pastinya banyak orang yang ingin memperbaiki mobil dan motor mereka untuk memastikan kendaraan dalam kondisi baik dan dapat digunakan untuk perjalanan sehari-hari.

Cara Membuka Bengkel Motor dengan Modal Kecil

Untuk Anda yang ingin membuka usaha bengkel motor maupun mobil, berikut beberapa langkah-langkahnya :

  • Menentukan Lokasi Bengkel : pilih lokasi yang strategis dan dicari banyak orang, baik itu di dekat perumahan, pusat perkotaan maupun di tengah jalur perjalanan panjang.
  • Menentukan Modal : tiap bengkel pastinya memerlukan modal yang berbeda-beda, tergantung pada biaya sewa tempat dan sparepart. Anda bisa menyesuaikannya dengan modal yang Anda miliki.
  • Menyiapkan peralatan dan sparepart : siapkan peralatan servis seperti obeng, tang, kompresor dan lainnya. Pastikan juga Anda telah menyiapkan modal untuk operasional selama 3 bulan kedepan.

Baca juga : Cara Membuat Diskon Yang Menarik Agar Penjualan Meningkat

Usaha Mainan Kreatif

peluang usaha setelah lebaran

Selain itu, ide jualan yang laris setelah lebaran lainnya yang bisa Anda coba adalah usaha mainan kreatif dengan target pembeli anak-anak.

Ketika libur lebaran, pastinya anak-anak akan mendapatkan banyak “uang jajan” dari orang tua maupun paman bibi. Momen ini bisa Anda manfaatkan untuk membuka usaha permainan anak terbaru seperti mobil-mobilan, boneka, miniatur hingga mainan edukatif yang menarik namun juga bermanfaat.

Bisnis Pelangsing dan Penurun Berat Badan

bisnis setelah lebaran 2021

Di bulan puasa dan Ramadhan, tidak perlu diragukan lagi berat badan akan meningkat drastis karena orang-orang makan dalam jumlah banyak sekaligus dan relatif malas bergerak ketika jam puasa. Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk menerapkan ide jualan setelah lebaran yang satu ini, nih. Namun, pastikan bahwa siplemen yang Anda jual telah memenuhi sertifikasi halal dan BPOM ya.

Bisnis Suplemen Kesehatan

ide jualan untuk lebaran

Selain bisnis pelangsing, ide jualan untuk lebaran berikutnya adalah suplemen kesehatan. Mengingat banyaknya orang yang mudik ketika masa lebaran ditambah situasi pandemi pastinya akan banyak yang mencari suplemen kesehatan untuk meningkatkan daya tahan tubuh seperti imboost, vitamin C, multivitamin hingga jamu.

Bisnis Catering Makan Siang

Ide bisnis lebaran tanpa modal

1-3 minggu setelah lebaran, kebanyakan penjual makanan masih pulang kampung dan tidak bisa berjualan. Padahal, karyawan biasanya membeli makan di siang hari karena tidak semuanya sempat memasak atau membawa bekal. Nah, Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk membuka peluang usaha setelah lebaran yang satu ini, nih.

Anda bisa coba merancang menu empat sehat lima sempurna, lengkap dengan makanan penutup dan buah untuk menarik minat karyawan.

Bisnis Usaha Hewan Kurban

Ide bisnis lebaran tanpa modal

Ide jualan untuk lebaran lainnya yang bisa Anda coba adalah bisnis usaha hewan kurban. Setelah lebaran Idul Fitri, waktunya untuk merayakan Idul Adha yang identik dengan hewan kurban.

Baca juga : Doa Agar Dagangan Laris Dan Berkah [Updated]

Peluang Usaha Ternak Hewan Kurban

Idul Adha sendiri akan jatuh setiap tanggal 10 Dzulhijjah. Untuk Idul Adha tahun 2021 sendiri akan jatuh pada tanggal 20 Juli 2021 yang mana hanya berkisar 3 bulan setelah Lebaran.

Itu dia beberapa ide jualan yang laris setelah lebaran yang bisa Anda coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan maupun menjadikannya sebagai usaha tetap Anda.

Mengambil kisah dari salah satu penjual hewan kurban, Anda mungkin harus mengeluarkan uang sebesar Rp 1 miliar sebagai modal dengan jumlah sapi sebanyak 90 ekor. Dengan harga sapi berkisar antara Rp 17,5 -35 juta, bisa dimbil keuntungan hingga 10%.

Untuk keuntungan usaha ternak hewan kurban, Anda bisa memperoleh keuntungan hingga Rp 200 – 300 juta yang mana sangat sepadan dengan modal yang dikeluarkan.

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiliki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Dengan toko online, bisnis Anda akan terlihat lebih profesional dan omzet Anda juga bisa meningkat hingga berkali-kali lipat. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ada pertanyaan lebih lanjut mengenai AVANA, fitur-fiturnya dan promo terbaru?

Tags: , , , , ,

Categorised in:

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *