Dijamin Laris, 17+ Ide Jualan Makanan Bulan Puasa 2021

March 24, 2021 11:57 am Published by Leave your thoughts
ide jualan makanan buka puasa

Kalo bicara tentang Ramadhan, pastinya identik dengan menu makanan berbuka, kan? Untuk Anda yang ingin mencari penghasilan tambahan tapi tidak tau harus memulai darimana, simak beberapa ide jualan makanan bulan puasa ini! Dirangkum dari berbagai sumber, pilih salah satu ide jualan makanan buka puasa dan dapatkan penghasilan tambahan ketika bulan Ramadhan.

Martabak

ide jualan makanan bulan puasa

Ide jualan makanan di bulan puasa yang pertama adalah favorit dari semua orang, terutama anak muda yaitu Martabak. Dulu, martabak yang terkenal memang hanyalah martabak telor dan manis. Namun seiring perjalanan waktu, variasinya semakin bertambah menyesuaikan dengan selera anak muda. Anda bisa coba membuat inovasi topping kekinian seperti Kit Kat Greentea, Cream Cheese, Marshmallow, Durian, dan lainnya tergantung dari bahan yang Anda miliki. Namun, pastikan juga topping tersebut memang sesuai dengan rasa martabak ya sob!

Untuk bahan-bahan martabak sendiri tidak terlalu susah. Anda hanya perlu menyiapkan tepung terigu, tepung kanji, telur, gula pasir, margarin, dan topping.

Gorengan

ide jualan makanan di bulan puasa

Untuk ide jualan makanan saat bulan puasa berikutnya ada gorengan. Menu makanan yang satu ini memang sudah menjadi favorit banyak orang, namun peminatnya semakin meningkat ketika bulan Ramadhan tiba. Beberapa contoh gorengan yang bisa Anda coba jual adalah tahu isi, tempe goreng, bakwan sayur, pisang goreng, singkong goreng, molen, cireng, combro, misro, dan masih banyak lagi.

Mie

ide jualan makanan saat bulan puasa

Siapa yang tidak suka mie? Terlebih di Indonesia, ada banyak jenis mie yang bisa Anda coba jual sehingga persaingan pun tidak terlalu ketat. Mulai dari Mie Celor khas Palembang, Mie Aceh, Soto Mie, Mie Kocok Asal Bandung, dan masih banyak lagi. Jualah mie yang memang Anda sudah familier dengan resepnya dan teruji pula rasanya.

Bubur Ayam

ide jualan makanan di bulan ramadhan

Untuk ide jualan makanan bulan puasa berikutnya, Anda juga bisa coba menjual Bubur Ayam yang mudah dibuat oleh siapa saja. Salah satu tips membuat bubur ayam yang enak adalah dengan menggunakan beras pulen. Selain itu, Anda juga bisa coba membuat bubur ayam kuning yang jadi favorit anak muda, lho. Untuk kuah kuningnya, Anda cukup menggunakan bawang putih & merah, ketumbar, kemiri, kunyit, merica, daun jeruk, sereh, dan air kaldu.

Salad Buah

ide jualan makanan buka puasa

Bukan hanya makanan berat, salad buah juga bisa jadi ide jualan makanan buka puasa yang disukai orang-orang. Bukan hanya enak, salad buah ini juga sehat, membuat kenyang, dengan kadar kalori yang tidak terlalu tinggi sehingga jadi favorit banyak anak muda. Resep salad buah pun sebenarnya adalah bermacam-macam. Untuk sausnya, Anda bisa coba mencampur yoghurt, mayonnaise dan perasan jeruk nipis/lemon.

Salad Sayur

Nggak kalah dengan salad buah, salad sayur juga jadi favorit banyak orang, lho. Anda bisa membuat yang paling sederhana dengan hanya menggunakan bahan wortel dan kubis seperti ala2 Hokben atau yang lebih lengkap dengan menggunakan campuran telur rebus, selada, daging sapi, dan roti tawar.

Baca juga : Tema Ramadhan Yang Menarik 2021

Cilok

Nah, ini dia nih yang jadi ide jualan makanan di bulan puasa kesenangan anak-anak kecil. Cilok sendiri adalah makanan khas Jawa Barat yang terbuat dari tepung tapioka kenyal dan ditambahi bumbu pelengkap seperti saos kacang dan kecap. Untuk menambah cita rasa, Anda juga bisa menambahkan telur atau daging cincang di dalam cilok.

Dimsum

ide jualan makanan bulan puasa

Selain cilok, dimsum juga jadi salah satu cemilan yang bisa Anda jual di Bulan Ramadhan. Kelebihannya, dimsum itu ada macam-macam, lho! Mulai dari Hakau, Siew Mai, Pangsit Udang Jamur, Lumpia Goreng, dan lainnya. Dengan tekstur yang lembut dan isiannya yang lezat, dimsum bisa jadi menu makanan berbuka puasa yang menggugah selera dan cocok menjadi ide jualan makanan di bulan puasa. Pastikan Anda memasang tanda “Halal” ketika menjual dimsum untuk meyakinkan masyarakat Indonesia yang kebanyakan penduduknya adalah umat Islam.

Baca juga : Tips Bisnis Di Bulan Puasa 2021

Lemang Tapai

Makanan khas Indonesia yang satu ini mungkin jarang terdengar padahal rasanya sangat luar biasa enak. Lemang Tapai sendiri bisa dibuat dengan memasukan beras ketan dan santan ke bambu muda lalu dimasak. Beberapa bahan pelengkap lain adalah daun pandan, dan garam. Bagi orang Minang, cemilan ini wajib ada di menu makanan berbuka. Namun bukan berarti menu ini tidak populer di luar Minang. Justru dengan menjual makanan yang unik dan jarang terdengar, Anda bisa mengalahkan kompetitor-kompetitor lainnya, lho!

Jajanan Kue Pasar/Kue Basah

jajanan pasar untuk ide bisnis ramadhan

Kue pasar atau kue basah memang tak lekang oleh waktu. Malahan, variannya semakin bertambah banyak dan dijual di berbagai tempat, meskipun bukan di pasar. Beberapa varian kue pasar yang bisa Anda coba jualn ketika Ramadhan adalah kue pukis, bolu pisang, dadar gulung, onde-onde, kue lumpur, pudding cake cendol, dan masih banyak lagi.

Bahan-bahan untuk membuat kue-kue tersebut pun tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Yang paling umum adalah telur, gula pasir tepung terigu, dan santan.

Nugget Pisang

Ini dia salah satu makanan yang sedang viral di pasaran. Cara membuatnya pun cukup mudah, Anda hanya membutuhkan bahan pisang, membalurnya dengan telur, tepung terigu dan tepung panir lalu menggorengnya. Salah satu yang masih terus dikembangkan jelas ada topping atau varian rasanya. Awalnya hanya ditambahkan cokelat atau keju, kemudian selai nutela hingga pisang nugge blackforest. Untuk menarik perhatian pelanggan, Anda bisa terus berinovasi untuk varian nugget pisang Anda.

Roti Panggang & Kukus

roti kuro favorit anak muda

Kalau Anda sering main ke Bandung, ada satu roti panggang yang sering dibeli oleh anak-anak kuliah Bandung, namanya kuro-kuro. Cara buatnya mudah, namun varian rasanya beragam dan harganya juga aman di kantorng, sehingga menjadi favorit dari anak-anak muda. Untuk rasanya pun sebenarnya tidak berbeda jauh dari martabak, yang mana ada yang menggunakan telur, cokelat, keju hingga nutella. Karena belum banyak dikenal orang, ide jualan makanan bulan puasa yang satu ini dijamin bisa beri keuntungan melimpah.

Nasi Box

nasi box untuk ide bisnis buka puasa

Selain yang ringan-ringan, Anda juga bisa coba membuat menu makanan empat sehat lima sempurna dalam bentuk nasi box. Isinya bisa bermacam-macam, tergantung dari keahlian Anda membuat makanan. Namun, pastikan Anda menyertakan nasi, lauk pauk, sayur, dan buah.

Baca juga : Tips Jalankan Kampanye “Terapik” Di Ramadhan 2021

Seblak

ide seblak untuk jualan Ramadhan

Selain Cilok, seblak juga bisa menjadi ide jualan makanan saat bulan puasa yang nggak kalah larisnya, nih. Seblak sendiri adalah makanan khas Indonesia yang berasal dari Bandung dan memiliki cita rasa khas yang gurih dan pedas. Untuk bahannya sendiri biasanya adalah kerupuk basah, sayuran, telur, ayam, olahan daging sapi, dan lainnya yang dimasak dengan kencur.

Kolak

Udah sehat, rasanya juga enak dan segar. Kolak bisa jadi ide jualan makanan di bulan Ramadhan yang disukai banyak orang. Kolak juga ada banyak macamnya mulai dari kolak pisang, kolak singkong, kolak biji salak, kolak labu, kolak durian, dan masih banyak lagi. Selain bahan utama, kunci utama dari kolak adalah kuahnya, Tiap orang memiliki resepnya masing-masing, namun yang paling umum digunakan adalah gula merah, daun pandan, santan, gula pasir, dan sedikit garam.

Kue Bingka

ide cemilan buka puasa

Pernah dengar ide jualan makanan di bulan Ramadhan yang satu ini? Namanya Kue Bingka, makanan tradisional Indonesia yang berasal dari Banjar, Kalimantan Selatan. Cita raaasa yang paling khas adalah manis dan lembut. Untuh bahan-bahannya sendiri terdiri dari tepung terigu, telur, gula, santan, dan garam. Supaya terlihat lebih menarik, kue bingka biasanya dibuat dengan menggunakan cetakan berabagai motif.

Kurma

kurma untuk buka puasa

Ide jualan makanan saat bulan puasa yang terakhir adalah Kurma. Seperti yang kita tahu, memakan kurma sendiri merupakan salah satu sunnah Nabi Rasullullah SAW dan bahkan dikatakan bahwa memakan kurma saja sebenarnya cukup untuk berbuka puasa karena mengenyangkan dan bergizi tinggi. Jika Anda ingin menggunakan kurma sebagai ide jualan makanan di bulan Ramadhan, Anda bisa menjualnya dalam bentuk buahnya saja maupun mengolahnya terlebih dahulu menjadi bolu, brownies, dan banyak lagi.

Itu dia beberapa ide jualan makanan buka puasa yang bisa Anda coba di bulan Ramadhan ini. Bagaimana, sudah siap dapatkan omzet melimpah dari ide jualan makanan bulan puasa Anda?

Buat Anda yang ingin memulai bisnis namun belum memiiki toko online sendiri, Anda bisa mendapatkannya secara gratis di AVANA. Cuma butuh 5 menit saja lho!

  1. Klik tombol “Dapatkan Toko Online”
  2. Sign-in dengan akun Google atau Facebook Anda. 
  3. Klik “Create Shop”
  4. Lengkapi informasi dari empat bagian form. 
  5. Selamat! Anda sudah bisa menggunakan toko online Anda

Ingin tanya lebih lanjut?

Tags: , , , ,

Categorised in: ,

This post was written by Cornelia Lyman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *